iklan

Cara Merawat Pohon Sengon Umur 1 Tahun Supaya Subur

Pohon sengon merupakan pohon penghasil kayu di negara-negara Asia, termasuk juga di Indonesia. Pohon sengon termasuk ke dalam suku Fabaceae. Pohon sengon banyak dibudidayakan di Indonesia sebagai tumbuhan penghasil kayu.


Tak heran sebab kayu yang berasal dari tumbuhan berjulukan ilmiah Albizia Chinensis ini mempunyai kualitas yang bagus. Pohon ini juga sanggup tumbuh dengan cepat sehingga sanggup cepat memperlihatkan keuntungan. Simak juga cara stek daun bunga gloxinia.


Kayu pohon sengon memang mempunyai kualitas yang baik. Kayunya padat, mempunyai serat yang lurus, dan tidak gampang diserang rayap. Pohon sengon sendiri sanggup tumbuh di aneka macam kondisi tanah, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Cara merawat pohon sengon umur 1 tahun semoga cepat besar cukup mudah.


Menanam pohon sengon sanggup Anda lakukan dengan mudah. Namun, semoga pohon sengon sanggup tumbuh dengan baik dan sehat, maka Anda harus melaksanakan perawatan dengan baik dan benar. Ikuti tips menjadi petani sukses yang luar biasa di Indonesia.


Berikut yaitu klarifikasi lebih lengkap mengenai cara merawat pohon sengon umur 1 tahun.



  • Jarak tanam antar pohon yang cukup


Saat membudidayakan beberapa pohon sengon dalam satu lahan, jarak tanam antar pohon harus diperhatikan. Hal ini penting semoga semua tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik dan sehat tanpa harus mengganggu pertumbuhan dan pemenuhan nutrisi tumbuhan lainnya. Jarak tanam ini juga sanggup diubahsuaikan dengan jenis pohon sengon yang dibudidayakan.



  • Penyulaman atau penggantian bibit sengon


Penyulaman merupakan penggantian bibit sengon yang tidak sehat atau rusak dengan bibit gres yang sehat. Hal ini diharapkan sebab bibit yang anggun akan menghasilkan tumbuhan yang anggun juga. Kegiatan ini bahkan sanggup dilakukan sesudah bibit tumbuhan ditanam selama satu tahun.



  • Penyiangan tumbuhan pengganggu atau gulma


Tanaman pengganggu menyerupai rumput atau gulma lainnya sanggup mengganggu pertumbuhan pohon sengon sebab sanggup merebut nutrisi yang diharapkan tanaman. Untuk itu, Anda harus rutin membersihkan media tanam di sekitar pohon sengon dari aneka macam jenis tumbuhan pengganggu.



  • Pemupukan yang cukup


Pemupukan merupakan faktor yang penting untuk pemenuhan nutrisi aneka macam jenis pohon, termasuk juga untuk pohon sengon. Pupuk mengandung aneka macam nutrisi yang diharapkan oleh tanaman. Jika umur pohon sengon 1 tahun, Anda sanggup melaksanakan pemupukan sebanyak dua bulan sekali memakai pupuk NPK.

Dosis yang dipakai yaitu sekitar 30 gram per tanamannya. Pemupukan ini dilakukan dengan cara menimbun pupuk pada lubang tanah secara melingkar di sekitar batang tumbuhan. Cara menciptakan pupuk kompos dari sampah rumah tangga dan bagaimana cara menciptakan pupuk kompos dari sampah organik sanggup diikuti.








  • Pemangkasan pohon sengon


Pemangkasan pohon sengon diharapkan apabila ada cabang atau dahan yang dianggap mengganggu. Hal ini juga akan memudahkan untuk panen nantinya. Agar kayu sengon tidak cacat, pastikan gunakan gergaji yang tajam ketika melaksanakan pemangkasan pohon sengon.



  • Mengendalikan hama


Pohon sengon juga merupakan tumbuhan yang sanggup rentan terhadap serangan hama. Adanya hama sanggup merugikan bagi pertumbuhan tanaman. Hama yang sering menyerang sengon yaitu hama boktor yang dijumpai di batang tanaman.



  • Mencegah dan mengendalikan penyakit tanaman


Agar pohon sengon sanggup bebas dari penyakit, perawatan yang sempurna harus dilakukan. Penyakit akar puru dan penyakit jamur merah merupakan penyakit yang sering menyerang pohon sengon.


Demikian klarifikasi mengenai cara merawat pohon sengon umur 1 tahun. Semoga bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merawat Pohon Sengon Umur 1 Tahun Supaya Subur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel