iklan

Cara Kondusif Membersihkan Keyboard Komputer Dan Laptop

Cara Aman Membersihkan Keyboard Komputer dan Laptop - Menjaga kebersihan komputer atau laptop merupakan hal yang penting dan mungkin menjadi salah satu aktivitas rutin yang harus dilakukan setiap bulan. 

Tak hanya layar yang harus dibersihkan, kebersihan perangkat keras komputer lainnya menyerupai mouse dan keyboard juga harus diperhatikan. Apalagi kedua perangkat keras ini ialah perangkat yang tak pernah lepas kendali ketika Anda memakai komputer atau laptop.

Jika berbicara wacana membersihkan mouse, lebih mudah. Alasannya alasannya ialah Anda hanya menyeka permukaan dan mengeluarkan kotoran di belahan bawah mouse, begitu juga belahan dalam mouse jikalau Anda masih memakai mouse konvensional dengan bola (trackball). Lalu, bagaimana dengan keyboard yang mempunyai celah lebih dari pada mouse?

Bagi sebagian orang, mungkin kebersihan keyboard ini terlihat sepele. Mereka berpikir, hanya dengan menyeka permukaan, keyboard dapat pribadi bersih. Bahkan, mereka sudah mengabaikan kotoran yang melekat di celah-celah keyboard yang tidak terjangkau. Agar keyboard komputer atau laptop bersih, Anda perlu membersihkan keyboard. 


Cara ini merupakan salah satu cara untuk menjaga supaya keyboard tidak rusak dengan cepat. Pada artikel ini, kami akan memperlihatkan isu wacana cara membersihkan keyboard dan laptop komputer yang dapat Anda praktikkan sendiri di rumah Anda. Pertama-tama, kita akan membahas dari keyboard komputer terlebih dahulu. Begini caranya:

1. Siapkan Peralatan
Peralatan yang diperlukan untuk membersihkan keyboard hanyalah sikat kecil, lap, dan cairan pembersih (jika ada).

2. Periksa Pembersihan Keyboard
Jika Anda belum tahu seberapa kotor keyboard komputer Anda, coba lepaskan perangkat dari komputer Anda, balikkan, kemudian tekan belahan sisinya dengan ringan. Dengan begitu, Anda dapat melihat kotoran keluar dari belahan dalam keyboard. Jika kotorannya keluar cukup banyak, saatnya membersihkan keyboard ke dalam.

3. Lepaskan Tombol Keyboard
Cara Aman Membersihkan Keyboard Komputer dan Laptop Cara Aman Membersihkan Keyboard Komputer dan Laptop
Cara Aman Membersihkan Keyboard Komputer dan Laptop

Lepaskan semua tombol pada keyboard. Langkah ini tidak sesulit atau bernafsu menyerupai yang dipikirkan, alasannya ialah untuk melepaskan tombol pada keyboard sangat mudah, asalkan Anda sudah tahu caranya. 

Pada beberapa tipe keyboard, Anda cukup memegang belahan bawah tombol dengan ibu jari dan tarik belahan atas dengan jari telunjuk Anda, menyerupai yang ditunjukkan gambar di bawah ini. Setiap jenis keyboard komputer mempunyai tombol yang berbeda, namun intinya, Anda hanya perlu menarik kuncinya.

Anda tidak perlu khawatir tombolnya akan pecah ketika dilepas, alasannya ialah tombol pada keyboard didesain untuk dilepas. Jika ketika ditarik keras, berarti keyboard Anda masih "perawan" atau belum dibuka sekalipun. Anda tidak perlu ragu untuk menghapusnya sekeras itu (hanya saja jangan memakai palu palu aja sihh hehehe). 

Khusus untuk tombol "+" dan Enter pada tombol angka, Anda harus melepaskannya dengan menarik sisi kanan alasannya ialah posisi kunci kait kedua tombol berbeda dari tombol keyboard kecil.

Spasi agak sulit dilepas dan juga dipasang. Kaprikornus lebih baik kau tinggalkan tombol itu tetap. Semua belahan keyboard sudah terbuka dan dibersihkan, meski spacebar tidak dilepas.

4. Bersihkan Keyboard
Bersihkan papan keyboard dengan sikat. Lebih baik jikalau Anda memegang dan menyikat papan dalam kondisi terbalik sehingga kotoran tidak masuk kembali melalui lubang kunci. Jangan lupa bersihkan belahan belakang dan kabelnya.

5. Bersihkan Tombol Keyboard
Setelah selesai dengan board, kini bersihkan tombol keyboard dengan lap dan cairan pembersih. Bersihinnya satu persatu yahh. Perhatikan sisi tombolnya, alasannya ialah belahan ini ialah belahan yang paling tidak terkena, tapi debu yang melekat dapat sangat tebal lohhh.

6. Pasang kembali Tombol Keyboard
Setelah semua tombol keyboard dibersihkan, pasang kembali papan keyboard sesuai dengan lokasinya. (Ingat, jangan menggerakkan posisi keyboard keypad hehehe yahh). Proses instalasi ini tidak memerlukan cara khusus. Anda cukup menekan tombol ke posisi semula hingga terkunci kembali. Keyboard Anda kembali higienis menyerupai yang gres dibeli.

Nah, cara membersihkan keyboard laptop sedikit berbeda dengan keyboard komputer. Alasannya, alasannya ialah keyboard laptop ada di motherboard komputer. Jika debu pada keyboard laptop dibiarkan, dapat ditumpuk, dan bukan hal yang mustahil dapat menjadi penyebab laptop cepat panas, hang, atau konslet.

Selain itu, debu dan kotoran yang terakumulasi pada keyboard laptop dapat menjadi penyebab beberapa jenis kerusakan keyboard laptop yang sering terjadi, menyerupai keyboard menekan dirinya sendiri, tidak bekerja, dan lain-lain.

Jadi, mari kita mulai membersihkan keyboard laptop. Caranya sebagai berikut:

1. Matikan Laptop
Sebelum Anda mulai membersihkan keyboard laptop, Anda harus benar-benar mematikan laptop terlebih dahulu. Tujuannya supaya tidak terjadi konslet pada laptop ketika Anda membersihkan keyboard.

2. Posisikan Laptop di Posisi Terbalik
Sisi samping keyboard laptop ini agak sulit dibersihkan dari kotoran yang tersembunyi. Karena itu, untuk memudahkan Anda dalam mengeluarkan kotoran, posisikan laptop Anda dalam posisi terbalik. Dengan cara ini tujuannya sama dengan point 2 pada cara membersihkan keyboard komputer. Dengan melaksanakan ini, debu dan kotoran dari keyboard laptop Anda akan gampang jatuh.

3.  Tekan Keyboard Laptop Seperti Sedang Mengetik
Laptop masih dalam posisi terbalik, tapi kini Anda tekan-tekan keyboard di laptop seolah sedang diketik. Cara ini bertujuan memudahkan kotoran pada keyboard supaya lebih gampang keluar.

4. Gunakan Brush Make Up
Untuk membersihkan keyboard di laptop, Anda juga dapat mencoba membersihkan sisa-sisa debu di celah-celah keyboard laptop dengan memakai sikat lembut. Salah satu sikat yang disarankan ialah make up sikat. Gunakan make up kuas yang tidak digunakan, jangan pinjam make up kuas punya pacar, alasannya ialah doi dapat merajuk hehehe. Fungsi sikatnya ialah menyeka debu yang tergelincir di antara keyboard laptop Anda.

5. Sedot dengan Vacuum Cleaner
Penyedot debu? Ga salah? Tentu saja, bukan penyedot debu biasa yang biasa menyedot debu di lantai. Coba cari penyedot debu ukuran kecil yang dapat mencapai celah kecil di keyboard laptop Anda. Usahakan juga gunakan vacuum cleaner bertekanan rendah supaya tidak mengganggu fungsi keyboard laptop Anda ketika vacuum cleaner digunakan.

6. Gunakan pengering rambut
Sebelum membersihkan keyboard laptop dengan hair dryer, pastikan bahwa Anda sudah membersihkan keyboard laptop yang cukup higienis untuk mendorong angin dari pengering rambut tidak menciptakan kotoran malah masuk lebih dalam. Jadi, gunakan hair dryer sebagai langkah terakhir.

7. Cabut Keyboard Laptop
Cara terakhir ini seharusnya tidak dilakukan jikalau Anda tidak berpengalaman. Cara ini paling ampuh, tapi juga berisiko tinggi. Sedikit pun, dapat menciptakan keyboard laptop Anda tidak bekerja atau malah bermasalah. Jadi, sebelum Anda mencabut keyboard laptop Anda sendiri, pastikan Anda sudah tahu dulu caranya. 

Anda dapat mencari video tutorial di YouTube, membaca artikel kami di situs ini seputar cara membuka keyboard laptop, atau jikalau masih ragu, Anda dapat meminta dukungan seorang teman hebat komputer. Jika sudah mengerti, maka Anda dapat mempraktikkannya sendiri. Oh iya, sehabis dilepas dan dibersihkan, jangan lupa install ulang yahh. Bingung? Anda dapat melihat artikel cara memasang keyboard laptop di situs kami.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Kondusif Membersihkan Keyboard Komputer Dan Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel