iklan

12 Ciri-Ciri Hamil Muda Usia 1 Ahad Hingga 3 Minggu

CIRI-CIRI HAMIL MUDA – Memiliki buah hati yaitu cita-cita setiap pasangan. Untuk bisa menimang buah hati, tentunya harus melalui proses kehamilan.


Agar janin tumbuh sehat, sebaiknya Anda sudah mengetahui dan memahami ciri-ciri hamil semenjak awal. Dengan demikian, Anda sanggup menjaga kesehatan, mengatur contoh makan dan istirahat, serta memenuhi nutrisi untuk janin semenjak awal kehamilan.


Mengetahui ciri-ciri hamil muda ternyata sangat bermanfaat, ya? Kesehatan calon buah hati yaitu yang terpenting. Untuk itu, ibu juga harus menjaga kesehatan supaya kandungan tetap sehat dan kuat.


Mengetahui ciri-ciri awal kehamilan sangat mendukung kesehatan kandungan, sehingga tumbuh kembang janin berjalan optimal. Ciri-ciri tersebut sanggup diketahui semenjak usia kehamilan 1 ahad dan semakin terasa sehabis menginjak 3 minggu.




12 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Wajib Dipahami Ibu Hamil


Lalu, apa sajakah karakteristik hamil muda? Berikut ini penjelasannya.




  1. Suhu Tubuh Meningkat




 Memiliki buah hati yaitu cita-cita setiap pasangan 12 Ciri-Ciri Hamil Muda Usia 1 Minggu Sampai 3 Minggu
http://4.bp.blogspot.com


Setelah proses ovulasi, suhu tubuh perempuan akan mengalami peningkatan. Hal ini terjadi lantaran pelepasan hormon progesteron. Sementara itu, suhu tersebut terus meningkat bila terjadi pembuahan.


Itulah alasan mengapa di awal kehamilannya, suhu tubuh perempuan mengalami peningkatan. Ciri-ciri ini dialami ketika hamil usia 1 minggu. Alangkah baiknya, segeralah periksa ke dokter ketika Anda mengalaminya.




  1. Rasa Letih dan Kantuk yang Tidak Biasa




Entah mengapa, tubuh terasa lebih letih daripada biasanya. Rasa letih ini merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda. Perubahan hormon yaitu faktor yang menimbulkan timbulnya rasa letih yang berlebihan.


Untuk itu, sebaiknya Anda perlu mengatur contoh istirahat dan jangan beraktivitas secara berlebihan supaya tidak kelelahan. Jika kondisi tubuh prima, maka kesehatan janin akan terjaga.


Saat awal kehamilan, Anda juga bisa mencicipi rasa kantuk yang lebih sering dari biasanya. Hal ini juga terjadi akhir perubahan hormonal. Apabila mengalami rasa kantuk, maka gunakan untuk tidur.


Tidur merupakan istirahat yang efektif, sehingga bisa mengistirahatkan tubuh secara total. Nantinya, tubuh menjadi rileks dan kondisi kesehatan akan meningkat. Aktivitas sanggup kembali berjalan lancar.




  1. Bercak Darah




Setelah usia kehamilan menginjak 1 minggu, maka akan muncul flek atau bercak darah. Bercak tersebut merupakan bercak implantasi akhir adanya zigot yang melekat di dinding rahim.


Warna bercak tersebut berbeda dengan darah haid, sehingga sanggup dibedakan dan menjadi tanda awal kehamilan. Meskipun demikian, tidak semua perempuan mengalaminya.




  1. Mual atau Muntah




Ciri-ciri hamil muda yang paling sering dialami yaitu mual atau muntah. Faktor penyebabnya yaitu perubahan hormonal pada masa kehamilan.


Kadar hormon yang berubah ketika hamil mengakibatkan rasa pedih pada pecahan perut, sehingga menimbulkan rasa mual, bahkan hingga muntah. Rasa mual dan muntah ini muncul ketika kandungan berusia 1 minggu, bahkan ada yang hingga 3 minggu.




  1. Pusing




Pusing yaitu ciri awal kehamilan ketika usianya 1 ahad atau hingga 3 minggu, tergantung kondisi tubuh ibu. Faktor penyebab pastinya yaitu terjadinya peningkatan hormon ketika hamil.


Sistem imun tubuh juga harus menyesuaikan dengan perubahan hormonal tersebut, sehingga mengeluarkan energi lebih. Apabila Anda mengalami anemia atau hipotensi, maka akan menimbulkan sakit kepala.


Untuk meringankan sakit kepala ketika awal kehamilan, baiknya Anda mengonsumsi minuman hangat ketika pagi dan malam hari. Selain itu, gunakan minyak oles pada kening apabila mulai terasa pusing.


Cara tersebut akan menghangatkan tubuh dan membantu menyembuhkan pusing. Kurangi juga acara harian yang tergolong berat supaya tidak kehilangan cairan tubuh ataupun anemia, sehingga tidak memicu pusing.




  1. Terlambat Datang Bulan




Terlambat tiba bulan merupakan ciri-ciri hamil muda yang menonjol untuk menandai terjadinya kehamilan. Siklus bulanan yang tidak tiba lagi ini disebabkan sel telur yang dibuahi, sehingga tidak luruh menjadi darah haid.


Meskipun tidak haid, muncul bercak yang diakibatkan implantasi zigot pada rahim. Karena pendarahan ini sangat sedikit, maka tidak selalu muncul di setiap perkara kehamilan.




  1. Perubahan Pada Payudara




Perubahan secara fisik niscaya terjadi pada masa kehamilan. Adanya perubahan pada payudara sanggup diketahui semenjak kehamilan sudah menginjak usia 1 ahad dan 3 minggu. Pada masa awal kehamilan, umumnya payudara menjadi lebih kencang dan padat. Terjadi perubahan hormon yang juga mengakibatkan membesarnya ukuran payudara sebagai persiapan menyusui.




  1. Kram Perut Bagian Bawah




Kram perut? Saat perempuan hamil muda, terdapat perubahan fisik yang sudah niscaya dialami. Salah satunya yaitu kram perut pecahan bawah yang diakibatkan oleh perubahan hormon dan terjadinya implantasi pada dinding rahim.


Tanda ini muncul ketika usia kehamilan menginjak 1 minggu, bahkan ada yang hingga 3 minggu. Apabila hal ini terjadi, maka segera periksakan ke dokter supaya menerima penanganan.




  1. Nyeri Pinggul




 Memiliki buah hati yaitu cita-cita setiap pasangan 12 Ciri-Ciri Hamil Muda Usia 1 Minggu Sampai 3 Minggu
poriborton.com


Nyeri pinggul yaitu ciri-ciri hamil muda yang umumnya dialami. Rasa nyeri tersebut lebih terasa ketika dipakai untuk bergerak, terlebih untuk beraktivitas skala berat.


Akibatnya, ruang gerak lebih terbatas. Mau tidak mau, Anda harus mengatur acara supaya kesehatan lebih stabil. Atur contoh istirahat yang memadai untuk menghindari kelelahan.




  1. Sering Buang Air Kecil




Ciri awal kehamilan selanjutnya yaitu sering buang air kecil. Setelah fertilisasi dan terjadi proses implantasi, rahim akan berkembang untuk menampung janin yang semakin usang juga semakin besar.


Perkembangan rahim tersebut mengakibatkan kandung kemih mengalami tekanan. Akibatnya, perempuan hamil akan lebih sering buang air kecil.




  1. Indera Penciuman Lebih Sensitif




Tingkat sensitivitas pada perempuan hamil semakin tinggi, terlebih pada masa awal kehamilan, yaitu 1 ahad hingga 3 minggu.


Indera penciuman juga lebih sensitif, menyerupai kedaluwarsa harum dari bunga dan buah ataupun aroma bumbu dapur yang sangat sedap. Jika Anda lebih suka mencium kedaluwarsa yang menyengat, maka bisa jadi Anda sedang mengandung buah cinta.




  1. Perubahan Mood




Perubahan mood secara tiba-tiba dan tak menentu merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda yang dipicu oleh perubahan hormonal.


Umumnya, tanda ini terjadi pada kehamilan usia 1 ahad hingga 3 minggu, tergantung pada individu masing-masing. Mengapa demikian? Perubahan hormon setiap individu berbeda, sehingga perubahan mood juga tak akan sama.




Demikianlah ciri-ciri kehamilan pada usia 1 ahad dan 3 ahad yang sanggup Anda pahami supaya sanggup membentuk janin yang sehat semenjak awal.


Menyadari kehamilan semenjak awal merupakan langkah yang sangat bermanfaat. Anda sanggup memperhatikan kesehatan diri dan si calon buah hati semenjak awal. Jika proses awal sudah diperhatikan, maka selanjutnya semakin baik. Tumbuh kembang janin menjadi lebih optimal.


Meskipun tidak setiap ciri-ciri hamil muda tersebut dialami, namun setidaknya Anda sudah mengetahuinya, baik secara fisik, maupun psikis. Apabila Anda mengalaminya, maka sudah bisa menyadari kehamilan lebih awal.


Persiapan kehamilan juga lebih optimal dengan memperhatikan ciri-ciri awalnya. Setelah menyadari ciri-ciri tersebut, segeralah untuk periksa ke dokter untuk memperoleh kepastian. Oke, moms?



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Ciri-Ciri Hamil Muda Usia 1 Ahad Hingga 3 Minggu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel