iklan

Apa Itu Software Atau Perangkat Lunak Komputer Dan Jenisnya

Apa itu software? Elemen dari sistem komputer terdiri dari hardware (perangkat keras), brainware (pengguna), dan software (perangkat lunak) untuk melaksanakan input, proses, dan output. Dari ketiga elemen tersebut, software merupakan komponen yang tidak sanggup dilihat secara fisik.

A. Apa itu Software?

Pengertian software ialah istilah umum untuk banyak sekali kegiatan yang berisi instruksi-instruksi terkait mengoperasikan komputer atau perangkat keras terkait. Software dalam bahasa Indonesia disebut juga perangkat lunak, alasannya software secara fisik tidak sanggup dilihat namun sanggup dioperasikan.

Software sanggup disimpan di banyak sekali komponen perangkat keras (hardware). Software sanggup disimpan dan dioperasikan secara manual oleh pengguna pada media penyimpanan menyerupai hardisk, ssd, dan dvd. Beberapa software disimpan di dalam hardware secara permanen yang disebut firmware. Firmware merupakan kegiatan kecil dengan arahan dasar dari sebuah hardware yang biasanya dibentuk dengan bahasa pemrograman mesin.

Artikel terkait: Pengertian Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Fungsinya

B. Jenis Software menurut Fungsinya

Di dunia digital banyak terdapat jenis-jenis software yang dikembangkan untuk melaksanakan tujuan tertentu. Secara fundamental, software dibagi menurut fungsinya yaitu system software, application software dan malicious software.

  1. System Software

     Elemen dari sistem komputer terdiri dari hardware  Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer dan Jenisnya
    Foto: Microsoft

    System software ialah software yang dibentuk untuk melaksanakan instruksi-instruksi terkait administrasi sistem komputer. Contoh system software ialah Sistem Operasi (Windows, MacOS, dll) dan Disk Operating System (DOS).

    • Sistem Operasi

      Sistem operasi ialah software yang melaksanakan instruksi-instruksi dasar terkait administrasi software lainnya dan administrasi perangkat keras. Contoh: Windows, MacOS, dan Linux.

    • Driver

      Driver ialah software yang berfungsi sebagai perangkat komunikasi antara Sistem Operasi dan Hardware.

      Artikel terkait: Apa itu Driver?

    • Utilities

      Utilities ialah software yang berfungsi untuk melaksanakan instruksi-instruksi terkait pemeliharaan dan perbaikan suatu hardware dan software lainnya. Misalnya: Low Level Format dan Anti-Virus.

  2. Application Software

     Elemen dari sistem komputer terdiri dari hardware  Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer dan Jenisnya
    Foto: Microsoft

    Application software ialah software yang dibentuk untuk melaksanakan instruksi-instruksi terkait pemenuhan kebutuhan pengguna (brainware). Misalnya pemenuhan kebutuhan untuk memutar media (Windows Media Player), menciptakan dokumen (Microsoft Office), dan edit foto (Adobe Photoshop).

  3. Malicious Software

    Malicious software ialah software yang dibentuk untuk melaksanakan instruksi-instruksi terkait merusak sistem komputer atau penyadapan warta pengguna, contohnya akun langsung dan rekening bank. Beberapa referensi malware ialah virus komputer dan kegiatan phising (penipuan).

C. Jenis Software menurut Distribusinya

Software atau perangkat lunak biasanya dibentuk oleh suatu perusahaan tertentu untuk memperlihatkan suatu pelayanan terkait pemenuhan kebutuhan pengguna. Berikut jenis software yang dibedakan menurut cara mendistribusikannya,

  1. Shareware atau Trialware

    Shareware ialah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembangan untuk tujuan tertentu terkait pemasaran suatu software. Shareware biasanya memiliki fitur yang terbatas dari versi lain yang diproduksi oleh pengembang. Dalam kasus ini shareware kebanyakan berada dalam versi uji coba (trial) dan lite. Dalam versi trial, pengguna diberikan batasan waktu untuk memakai shareware.

    Contohnya: Internet Download Manager.

  2. Commercial Software

    Commercial software ialah jenis software yang didistribusikan secara berbayar untuk mendapat paket instalasi dan memakai lisensi spesifik terhadap masing-masing komputer atau akun pengguna. Commercial software memiliki pertolongan forum aturan terkait kebijakan distribusi software secara ilegal oleh pengguna.

    Contohnya: Microsoft Office, Corel Draw, dan MATLAB.

  3. Freeware atau Free Software

    Freeware ialah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Freeware menyediakan versi penuh kepada pengguna. Freeware tidak memerlukan lisensi khusus untuk digunakan.

    Contohnya: Google Chrome dan Mozilla Firefox

  4. Firmware

    Firmware ialah software yang mengarah pada sebuah kegiatan yang menyediakan instruksi-instruksi dasar yang sanggup dilakukan oleh suatu perangkat keras (hardware). Firmware didistribusikan secara gratis dan dilakukan pembaharuan secara bersiklus ketika terjadi bug. Firmware yang tersimpan pada ROM tidak sanggup dilakukan pembaharuan sedangkan firmware yang tersimpan pada EPROM sanggup dilakukan pembaharuan.

    Contoh: Firmware Arduino.

  5. Open Source Software

    Open source software atau perangkat lunak kode terbuka ialah jenis software yang kode sumbernya (source code) didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Berbeda dengan freeware yang didapatkan secara gratis namun tetap memiliki ikatan aturan untuk tidak mendistribusikan ulang atau plagiat. Open source software sanggup didistribusikan ulang dan modifikasi secara bebas oleh pengguna secara gratis maupun komersial tanpa lisensi khusus. Open source software biasanya dikembangkan oleh suatu perusahaan dengan pertolongan donasi oleh komunitas atau organisasi tertentu.

    Contoh: WordPress dan Linux.


Sekian artikel Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Software Atau Perangkat Lunak Komputer Dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel