iklan

9 Langkah Mempercepat Kinerja Komputer 10X Lebih Cepat !

 orang dituntut mengerjakan banyak hal dalam satu waktu 9 Langkah Mempercepat Kinerja Komputer 10X Lebih Cepat !
9 Langkah Mempercepat Kinerja Komputer 10X Lebih Cepat !


            Zaman semakin modern, orang dituntut mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Penggunaan komputer menyerupai menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Bagaimana tidak? Tugas kantor, kiprah sekolah bahkan hobi dikerjakan memakai komputer. Namun apa yang terjadi dikala alat yang menentukan performa kita malah lemot? Tentu menjadi hal yang paling menyebalkan bukan? Maka cara paling mudahnya yaitu pergi ke warnet untuk menuntaskan kiprah yang menumpuk.
Bagaimana sanggup komputer warnet yang digunakan banyak sekali macam orang bahkan hampir selalu digunakan tidak mengalami kerusakan dan malah kinerjanya lebih baik dibanding komputer atau laptop kita? Yup! Jawabannya lantaran mereka tahu perihal bagaimana cara merawat komputer mereka. Bagaimanapun bekerja atau mengerjakan kiprah di warnet akan menambah pengeluaran kita. Apalagi bila kita sudah mempunyai laptop lemot dan kita tidak memperbaikinya. Tentu sayang sekali bukan? Oleh lantaran itu kali ini akan ada ulasan buat kau yang menginginkan kinerja komputermu lebih cepat. Disimak yaa...

1.    Hapus file sementara

File sementara/ temporary file/ file sampah akan menciptakan kinerja komputer kau menjadi terganggu sampai menjadi lebih lemot. Karena itu kau harus menghapus file sampah tersebut, baik di recycle bin maupun di sistem.
a.    Menghapus file di recycle bin, dilakukan dengan cara klik kanan ikon Recycle Bin > empty Recycle Bin


b.    Menghapus file temporary
File temporary merupakan file sementara untuk mempercepat aplikasi yang sedang atau telah kau gunakan sebelumnya. Cara menghapus file temporary dengan membuka desktop pada komputer kamu atau sanggup juga kau gunakan tombol windows+E. Kemudian klik kanan drive C dan pilih properties, kemudian klik disk Clean Up untuk memulai proses kalkulasinya.


Kemudian akan muncul jendela hasil dari kalkulasi hard disk kamu, disitu akan tertera file mana saja yang sanggup kau hapus dan berapa total drive C yang didapatkan sesudah kau melaksanakan peniadaan file-file sampah tersebut. Beri centang file yang kau pilih, kemudian klik delete. Setelah peniadaan selesai, maka jendela  akan menutup dengan sendirinya

2.             Minimalkan aktivitas yang berjalan di Start up

Program yang berjalan di Start Up akan menciptakan kinerja komputer kau menjadi lebih lambat. Maka akan lebih baik untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak terlalu penting dan tidak perlu berjalan di Start Up. Caranya praktis saja, kau hanya perlu mengklik tombol windows+R kemudian ketik msconfig. Selanjutnya pilih fitur Start Up pada jendela yang muncul. Dan yang terakhir uncheck aktivitas yang kau pilih untuk dinonaktifkan di Start Up.

Aplikasi Ccleaner juga sanggup kau gunakan untuk meng uncheck program yang tidak ingin kau jalankan di Start Up.

3.             Meminimalisir penggunaan pengaruh visual

Penggunaan pengaruh visual, memang akan menciptakan tampilan komputermu menjadi lebih kece badai. Namun bila tidak dibarengi dengan spesifikasi yang memadai, maka alih-alih komputer kau menjadi lebih lezat digunakan malah semakin lambat. Untuk itu bila komputermu sudah mengatakan gejala melambat dan kau memakai pengaruh visual pada komputer kamu. Maka lebih baik untuk meminimalisirnya. Kamu sanggup melakukannya dengan cara masuk ke Control Panel > System and Security > System, kemudian pilih Advanced system settings

Kemudian pada tab Advance, klik Setting pada potongan Performance.


Kemudian pada tab Visual Effect pilih Custom dan uncheck visual effect yang tidak kau inginkan ada pada komputer kamu.


Pada potongan Visual Effect tersebut ada pilihan Let Windows choose what’s best for my computer yang menciptakan Windows memilihkan untuk anda Visual Effect apa yang baik dan sesuai untuk komputer kamu.  Adjust for best appearance untuk mendapat visual effect yang paling baik, namun dampak buruknya komputer kau akan semakin lambat saja. pada pilihan ini, maka semua pilihan visual effect akan digunakan seluruhnya (dicentang semua). Kemudian ada Adjust for best performance yang akan menciptakan komputer kau dalam performa yang paling baik. Namun akan menciptakan tampilan desktop kau menjadi buruk sekali. Namun lantaran visual effect hanya tampilan luar, maka tampaknya tidak mengapa. hehehe

4.             Meminimalisir penggunaan gadget

Komputer yang lambat juga sanggup disebabkan lantaran penggunaan gadget yang berlebihan. Jika dirasa tidak penting dan hanya digunakan untuk memperindah tampilan saja, lebih baik dihapus saja.


5.             Instal perangkat lunak yang lebih ringan dan efisien

Penggunaan perangkat lunak seringkali menyebabkan komputer kau menjadi lambat. Apalagi dengan semakin banyaknya bentuk file, menciptakan user dituntut untuk mempunyai banyak sekali macam aplikasi untuk membuka file yang diinginkan. Karena itu diharapkan aplikasi yang lebih ringan dengan fungsi yang sama. Agar komputer kau menjadi lebih cepat.
Beberapa aplikasi menyerupai Adobe Acrobat Reader yang digunakan sebagai PDF reader sanggup diganti dengan Foxit Reader. Aplikasi Photoshop CS5 ke atas sebagai pengolah grafis bitmap sanggup diganti dengan yang lebih rendah yaitu Photoshop CS3. Aplikasi pengolah grafis vektor CorelDRAW X5 ke atas sanggup diganti dengan CorelDRAW X3 atau sanggup juga dengan Ink Scape, dan masih banyak aplikasi lain yang sanggup digunakan untuk mengganti aplikasi yang kau perlukan.

6.             Instal driver terbaru

Penggunaan Driver menentukan kinerja komputer/ laptop kamu. Driver ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras dan sistem oprasi. Oleh lantaran itu pnggunaan Driver terbaru akan mengoptimalkan kinerja perangkat keras, sehingga komputer kau juga meningkat kinerjanya.
Pada Windows 10, sistem ukuran installer sistem operasi mempunyai kapasitas yang besar, yaitu 4,5 gb sedangkan yang pada generasi awal windows hanya sekitar 600 mb. Ukuran yang besar ini dikarenakan adanya driver (built- in- driver) di dalamnya. Hal ini memungkinkan kau untuk menghubungkan perangkat keras tambahan, menyerupai scanner, printer, dan lainnya tanpa perlu menginstalnya pada driver terpisah.
Oleh lantaran itu lebih baik kau update windows kau sehingga kinerja komputer kau menjadi lebih baik. Kamu sanggup juga memakai perangkat lunak DriverPack Solution yang berisi kumpulan driver yang secara otomatis mendeteksi perangkat keras komputer kau dan mengatakan untuk menginstal driver yang paling sesuai dengan komputer milik kamu.

7.             Instal perangkat lunak utility

Perangkat lunak utility merupakan perangkat lunak yang akan memonitor kondisi  perangkat keras, perangkat lunak maupun sistem operasi pada komputer kamu. Jika terdapat masalah, maka perangkat ini akan mengatakan peringatan dan saran yang harus dilakukan. Salah satu perangkat lunak utility yang sanggup kau pakai yaitu Ccleaner. Perangkat ini gratis dan sanggup kau d0wnl0ad sendiri. Selain sanggup mendeteksi permasalahan pada komputer kamu, Ccleaner juga sanggup membantu kau untuk menghapus file temporary tanpa harus mengklik ini itu. Cukup satu aplikasi untuk sanggup meningkatkan kinerja komputer kamu.

8.             Gunakan memory Cleaner batch file

Memory Cleaner Batch File yaitu sebuah perangkat lunak yang sanggup kau buat sendiri untuk mengatasi laptop kau yang lambat.program ini akan membersihkan memory komputer kau kapan pun kau mau. Caranya gampang, kau hanya perlu membuka aplikasi Notepad, kemudian isikan isyarat ini %windir%system32rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks di notepad.

Kemudian simpan notepad dengan nama cleaner.bat dan simpan di potongan desktop

Dannn taraaa... kau sanggup menciptakan aplikasi cleaner sendiri. Aplikasi ini sanggup kau gunakan sewaktu- waktu dikala komputer kau lemot loh..

9.             Gunakan flash disk untuk menambah RAM

Penggunaan flash disk untuk menambah RAM merupakan cara terakhir pada ulasan ini. Karena flash disk yang telah digunakan untuk memoryboost tidak sanggup digunakan untuk penyimpanan lagi. Kaprikornus usahakan kau mempunyai flash disk lebih untuk digunakan sebagai RAM ya...
Caranya sih mudah, ikuti ya.. tancapkan flash disk ke lapto kamu, kemudian masuklah  My Computer dan klik kanan pada flash disk tadi. Kemudian pilih properties, pada tab Ready Boost, pilih Use This Device. Selanjutnya atur berapa memory yang akan kau alokasikan. Dan klik OK. Selamat, kinerja komputer kau akan meningkat. Flash disk yang sudah terhubung akan menjadi RAM embel-embel untuk laptop kamu. Selamat mencoba ya, jangan lupa untuk memakai flash disk yang sudah tidak terpakai lagi.

Semoga ulasan cara meningkatkan kinerja komputer di atas membantu kau untuk mengatasi kelemotan laptop kau ya. Semoga berhasil, awali dengan doa akhiri dengan syukur.  

Sumber http://komputer67.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Langkah Mempercepat Kinerja Komputer 10X Lebih Cepat !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel