iklan

7 Langkah Cara Menanam Cabai Hidroponik Baca Di Sini

Cara menanam cabai hidroponik- Anda tentu sudah tahu perihal tanaman cabe. Tanaman satu ini memang sudah dikenal di seluruh penjuru dunia khususnya di Indonesia, alasannya pada umumnya tanaman cabai hampir setiap hari Anda kelola untuk dikonsumsi. Tanaman hasil pertanian yang satu ini sering mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi pada isu terkini – isu terkini tertentu.


Sudah banyak petani yang membudidayakan cabai untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya dan sisannya dijual untuk menambah pendapatan keluarga. Cara tanam tanaman cabai yang dipakai biasaya masih memakai cara konvensional. Bagaimana jikalau Anda menanam cabai dengan cara hidroponik?. Cara menanam cabai hidroponik merupakan salah satu terobosan terbaru yang ketika ini banyak digemari oleh masyarakat.


artikel hidroponik lainnya: Menanam Dengan Cara Hidroponik Yang Menguntungkan


Cara menanam cabai hidroponik biasanya dilakukan oleh masyarakat yang berada di kota-kota besar dimana masyarakat perkotaan mempunyai kesibukan serta tidak mempunyai lahan yang cukup untuk bercocok tanam. Menanam hidroponik cabai ini sangat cocok bagi Anda yang hobi bercocok tanam tapi tidak mempunyai waktu yang luang serta lahan yang Anda miliki sangat terbatas.


Perlu Anda ketahui, bahwa cara menanam cabai hidroponik tidak memanfaatkan atau memakai tanah. Anda juga tidak perlu menyirami tanaman setiap harinya. Bagaimana berdasarkan Anda perihal cara menanam cabai hidroponik? Apakah Anda tertarik menciptakan hidroponik cabai sederhana? Berikut ialah tahapan cara menanam cabai hidroponik yang sanggup Anda praktekkan di rumah.


Cara Menanam Cabe Hidroponik Sebagai Berikut :


Menyiapkan bibit cabe


Pada prinsipnya, untuk memulai menanam cabai hidroponik Anda harus menyiapkan bibit tanaman cabe. Anda sanggup menentukan bibit cabai yang berkualitas dengan cara melaksanakan perendaman memakai air hangat. Bibit cabai yang karam ialah merupakan bibit cabai yang berkualitas baik dan layak untuk dibudidayakan, sedangkan bibit cabai yang mengapung ataupun mengambang berarti itu ialah bibit cabai yang tidak berkualitas dan sanggup Anda buang alasannya tidak layak untuk ditanam.


 Anda tentu sudah tahu perihal tanaman cabai 7 Langkah Cara Menanam Cabe Hidroponik Baca Di Sini
Cara menanam cabai hidroponik pembibitan

Menyiapkan wadah pot/ember


Untuk langkah selanjutnya cara menanam cabai hidroponik, Anda sanggup memakai sistem sumbu. Dimana Anda harus menyiapkan wadah berupa 2 buah bejana atau pot. Untuk pot pertama akan Anda gunakan sebagai wadah larutan nutrisi sedangkan wadah yang kedua sanggup Anda gunakan sebagai tanaman cabenya.


Menyiapkan media tanam


Selanjutnya dalam cara menanam cabai hidroponik, Anda harus memakai media tanaman berupa cocopeat serta arang sekam dengan memakai skala perbandingan 1:1. Setelah itu Anda sanggup mengaduknya secara merata. Kemudian media tanam yang sudah Anda campur dengan merata di masukkan kedalam wadah atau pot yang sudah Anda siapkan. Langkah selanjutnya dalam hidroponik cabai sederhana ialah bibit yang sudah Anda semai pindahkan kedalam pot.


Menyiapkan larutan nutrisi hidroponik


Setiap tanaman tentunya membutuhkan pupuk yang akan menjadi sumber nutrisinya. Dalam cara menanam cabai hidroponik Anda sanggup memakai nutrisi yang disebut AB mix. Dimana formula A dan formula B di campurkan ke dalam air lalu diaduk hingga merata. Setiap nutrisi AB mix yang dijual di pasar mempunyai spesifikasi yang berbeda – beda. Sehingga Anda harus memperhatikan jenis nutrisi yang akan Anda gunakan untuk tanaman hidroponik Anda. Nutrisi AB mix yang cocok untuk Anda gunakan pada cabai hidroponik ialah nutrisi AB mix jenis sayuran buah.


Memberikan nutrisi tanaman cabai hidroponik


Pada awal pindah tanam nutrisi A dan B Anda campurkan pada 1 liter air hingga mencapai 600-700 ppm. Campurkan secara merata. Setelah itu, larutan nutrisi Anda masukkan ke dalam wadah yang telah disediakan. Langkah selanjutnya, pot yang berisi tanaman ditumpuk di atas bejana yang berisi nutrisi AB mix. Anda harus memastikan bahwa akar tanaman cabai menyentuh bab permukaan air. Setelah 10 hari pindah tanam pada tanaman cabai hidroponik, Anda harus menaikkan tingkat kadar nutrisi hingga mencapai 1260-1540 ppm.


Pengendalian hama


Serangan hama yang biasanya terjadi pada tanaman cabai hidroponik diantaranya ialah bacin buah, ulat, kutu, serta bercak. Anda tidak perlu khawatir dan risau dengan serangan hama tersebut. Anda sanggup menawarkan pestisida pada cabai hidroponik Anda. Jika tanaman cabai Anda sudah mencapai fase generatif, Anda sanggup menyemprotnya memakai pupuk buah. Banyak jenis pupuk buah yang sanggup Anda dapatkan di toko pertanian, menyerupai POC Nasa, gandasil A/B, bayfolan, growmore, serta supergrow.


Panen cabai hidroponik


Panen sanggup Anda lakukan sehabis umur cabai hidroponik Anda sudah mencapai umur 80-90 HST (hari sehabis tanam). Jika Anda melihat secara fisik, buah cabai yang sudah berwarna merah menunjukan siap untuk Anda panen.


 Anda tentu sudah tahu perihal tanaman cabai 7 Langkah Cara Menanam Cabe Hidroponik Baca Di Sini
Sistem sumbu cara menanam cabai hidroponik

Jika Anda membandingkan sistem budidaya cabai secara konvensional tentu cara konvensional tergolong lebih sulit, cara menanam cabai hidroponik akan membantu Anda dari segi perawatan yang sangat gampang hingga kualitas cabai hidroponik yang akan Anda dapatkan akan sangat berkualitas. Jika Anda tertarik untuk skala bisnis untuk cabai hidroponik, maka lebih baik Anda memahami terlebih dahulu prinsip-prinsip dasar perihal cara menanam cabai hidroponik yang baik dan benar. Selamat mencoba cara hidroponik cabai ini.


artikel hidroponik: Membuat Media Tanam Hidroponik Untuk Tanaman Semangka


sumber gambar: cocoktanamyuk, aku, greenwordkita




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Langkah Cara Menanam Cabai Hidroponik Baca Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel