iklan

5 Hal Penting Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menjadi Solopreneur

Solopreneur merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut pebisnis yang merintis usahanya sendirian. Kini, semakin banyak orang yang menentukan menjadi solopreneur dengan alasan keterbatasan modal atau fleksibilitas pengelolaan bisnis. Anda juga bisa menjadi solopreneur jika sudah menemukan bidang bisnis yang potensial untuk dijalankan.


Namun, banyak hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan menjadi solopreneur. Sebab bidang bisnis memang terbilang penuh tantangan kalau dijalankan seorang diri. Setidaknya Anda harus memahami lima hal penting ini untuk memantapkan langkah sebagai solopreneur:


Mahir Melakukan Manajemen Waktu


Banyak solopreneur yang gagal merintis bisnis secara berdikari sebab kurang mahir melaksanakan administrasi waktu. Jika sudah memutuskan ingin menjadi solopreneur, pastikan bahwa Anda sudah mempunyai kemampuan administrasi waktu yang baik. Menjadi pebisnis memang menciptakan penggunaan waktu Anda menjadi lebih fleksibel. Namun, bukan berarti Anda boleh bersantai terlalu lama. Justru banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan secara bersamaan semoga proses bisnis berlangsung lancar.


Memiliki Tabungan yang Jumlahnya Memadai


Seorang solopreneur bukan hanya wajib menyiapkan modal untuk merintis bisnisnya. Lebih dari itu, persiapan tabungan pribadi juga tak kalah penting. Karena penghasilan sebagai seorang solopreneur pasti tidak menentu di awal bisnis. Tabungan pribadi akan membantu memenuhi banyak sekali kebutuhan Anda dikala gres mulai berbisnis. Sehingga laba yang diperoleh dari bisnis bisa dipakai untuk perputaran modal yang lebih besar lagi. Jangan hingga Anda menggunakan tabungan pribadi secara berlebihan untuk perputaran modal  yang Break Even Point-nya (BEP) relatif lama.


Memanfaatkan Teknologi secara Maksimal


Pemanfaatan teknologi sangat penting kalau Anda ingin merintis bisnis sebagai solopreneur. Karena kecanggihan teknologi akan menciptakan penyelesaian banyak sekali pekerjaan jadi lebih efisien dan efektif. Pada umumnya, orang akan memanfaatkan gadget untuk mempermudah bisnis. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan pinjaman teknologi lainnya. Misalnya, menggunakan software laporan keuangan yang canggih, sistematis, dan akurat. Sekarang, Anda sanggup memanfaatkan Accurate Online untuk meringankan pengelolaan keuangan bisnis Anda.


merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut pebisnis yang merintis usahanya sendirian 5 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menjadi Solopreneur


Accurate Online yaitu software laporan keuangan berbasis cloud yang user friendly meskipun Anda tidak mengerti sama sekali . Anda juga leluasa mengaktifkan banyak sekali fiturnya sesuai kebutuhan. Berbagai fitur penting akuntansi isu utang, piutang, aset, persediaan barang, dan hal-hal lainnya bisa di dokumentasikan pada Accurate Online. Tentunya ini akan sangat membantu Anda mempersingkat waktu untuk menciptakan laporan keuangan bila Anda mengandalkan Accurate Online sebagai solusi pembukuan bisnis Anda.


Menguasai Teknik Pemasaran


Apa pun jenis bisnisnya, Anda harus bisa menguasai teknik pemasaran. Agar sasaran omset yang Anda rencanakan bisa terlaksana dengan baik. Pemasaran melalui media umum tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Sebab Anda hanya perlu menggunakan gadget untuk melakukannya.


Selain pemasaran melalui media sosial, Anda juga wajib menguasai teknik pemasaran secara konvensional. Karena kepuasan pelanggan bisa menjadi salah satu cara promosi yang tak pernah Anda duga sebelumnya. Pelanggan yang merasa puas niscaya tak ragu mereferensikan bisnis Anda kepada orang-orang terdekatnya.


Meluangkan Waktu untuk Bergabung dalam Komunitas


Untuk memperkaya pengetahuan perihal bisnis, Anda patut bergabung dengan komunitas bisnis tertentu. Sehingga Anda bisa mengembangkan ilmu dan pengalaman melalui wadah yang tepat. Lebih dari itu, aktif dalam komunitas bisnis juga sanggup menciptakan peluang bisnis semakin terbuka lebar. Karena Anda bisa memperoleh banyak sekali isu bisnis secara gampang melalui komunitas tersebut.


Setelah mengetahui lima hal tersebut, masihkah Anda bertekad menjadi solopreneur?


Sudah banyak orang yang meraih sukses melalui profesi solopreneur. Mungkin Anda yaitu orang berikutnya.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Hal Penting Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menjadi Solopreneur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel