iklan

Tips Membuka Perjuangan Laundry Dan Analisa Usahanya

Walaupun kini perjuangan laundry begitu menjamur Tips Membuka Usaha Laundry dan Analisa Usahanya

Walaupun kini perjuangan laundry begitu menjamur, tetapi Anda tetap bisa menganggap hal ini sebagai peluang untuk mendapat uang. Bisnis laundry termasuk murah, bisnis ini termasuk jenis bisnis modal 5 juta yang sangat menguntungkan.

Sayang sekali kalau peluang ini diabaikan begitu saja sementara di luar sana ada banyak sekali orang yang sibuk sampai-sampai tidak sempat mencuci bajunya sendiri ataupun baju keluarga. Nah, kalau Anda memang berniat untuk menjalankannya, bisnis ini cocok sebagai bisnis sampingan di rumah anda.

Jika Anda merasa belum bisa menjalankan perjuangan ini, sebaiknya simak tips memulai perjuangan laundry berikut ini, supaya anda semakin mantap menjalani perjuangan laundry.

Berikut Tips Membuka Usaha Laundry dan Analisa Usahanya

Tips Memulai Usaha Laundry

Tidak banyak tips membuka perjuangan laundry, hanya saja Anda perlu mencari lokasi yang anggun dan menyiapkan modal yang cukup. Untuk selanjutnya, supaya perjuangan laundry ini bisa terus bertahan dan semakin maju, maka Anda perlu memastikan diri bahwa Anda memang bisa mencuci baju dengan baik dan benar-benar bersih.

Kaitannya dengan hal tersebut, maka Anda perlu mengetahui jenis baju, jenis kain dan karakteristik dari jenis-jenis kain tersebut. Selain itu, coba Anda cek dulu noda yang terdapat pada baju kemudian identifikasi apakah noda tersebut termasuk noda yang susah dihilangkan atau tidak. Dengan begini, Anda juga bisa tahu bagaimana cara terbaik untuk membersihkannya.

Selanjutnya, sebagai langkah awal sebaiknya Anda gunakan peralatan seadanya terlebih dahulu. Kalau nanti ternyata perjuangan laundry ini sudah berkembang, maka Anda bisa menambah peralatan yang kapasitasnya lebih besar. Jangan lupa, lakukan administrasi keuangan dengan baik ya, alasannya yakni sedikit banyak ini juga menentukan keberlangsungan usaha.

Tak kalah penting, pastikan Anda menawarkan pelayanan yang baik pada orang yang laundry di tempat Anda, supaya mereka tidak kapok mencuci di perjuangan yang gres didirikan ini. Kemudian, pastikan Anda menuntaskan pekerjaan dari pelanggan sesuai dengan waktu yang telah disepakati ya.

Contoh Analisa Usaha Laundry

Walaupun kini perjuangan laundry begitu menjamur Tips Membuka Usaha Laundry dan Analisa Usahanya

Modal Awal

  • Ruang yang cukup untuk menjalankan usaha
  • Mesin basuh 1 unit = Rp 3.700.000

Total modal awal = Rp 3.700.000

Perlengkapan yang diperlukan

Ember besar sebanyak 3 buah Rp 100.000
Timbangan 15 kg Rp 100.000
Rak besi Rp 300.000
Selang, sprayer, gilesan dan sikat baju Rp 100.000
Rak untuk menyimpan baju Rp 500.000
Keranjang baju sebanyak 2 buah Rp 100.000
Hanger dan jepitan Rp 10.000
Setrika Rp 80.000

Biaya untuk promosi

  • Spanduk dan brosur = Rp 400.000

Biaya operasional per bulan


Deterjen dan pewangi
Rp 100.000
Biaya air Rp 200.000
Biaya listrik Rp 200.000

Total biaya yang harus dikeluarkan= Rp 5.890.000

Dengan biaya tersebut, kini mari asumsikan laba yang akan Anda peroleh, menyerupai berikut:

  • Hari efektif kerja dalam 1 ahad = 6 hari. Maka dalam 1 bulan berarti hari efektif sebanyak 24 hari. Rata-rata yang laundry sebanyak 30 orang dalam sehari dan masing-masing orang tersebut laundry sebanyak 2 kg. Sementara harga laundry per kilonya sebesar Rp 6.000
  • Berdasarkan perkiraan menyerupai itu, maka pemasukan yang bisa diperoleh setiap bulannya yakni 24 hari x 30 orang x 2 kg x Rp 6.000 = Rp 8.640.000
  • Apabila laba tersebut masih dikurangi pengeluaran bulanan yang biasanya terdiri atas air, listrik, plastik, deterjen dan pewangi, dan jumlahnya sekitar Rp 800.000, maka laba bersihnya yakni sebagai berikut.

Rp 8.640.000 – Rp 800.000 – Rp 5.890.000 (modal usaha) = Rp 1.950.000

Jadi, dengan menurut pada perkiraan di atas, pendapatan higienis yang bisa Anda sanggup dari perjuangan laundry ini di bulan pertama yakni Rp 1.950.000.

Bulan bulan berikutnya, pengeluaran anda hanya sebatas biaya operasional sebesar Rp. 800.000.

Tentu saja harga di atas mungkin akan berbeda dengan yang berlaku di daerah Anda. Ini hanyalah perkiraan untuk menciptakan Anda lebih gampang memahami tips membuka perjuangan laundry dan analisa usahanya.

Apabila Anda berencana untuk merekrut pegawai, tentu pengeluaran bulanan Anda akan lebih besar. Untuk tempat perjuangan juga demikian, kalau Anda memanfaatkan ruang yang ada di rumah, maka ini tidak akan menambah pengeluaran Anda. Tetapi kalau Anda masih menyewa, tentunya Anda harus memasukkan biaya sewa dalam analisa perjuangan di atas.

Konsumen dan Lokasi Usaha Laundry

Diantara pihak-pihak yang memerlukan jasa laundry, tiga diantaranya ialah

  • wanita karir yang sibuk dengan pekerjaannya,
  • mahasiswa atau mahasiswi yang kesehariannya selalu disibukkan dengan banyak sekali acara kampus, dan
  • orang yang malas mencuci pakaian sendiri .

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka lokasi-lokasi yang bisa dikatakan cocok untuk dijadikan objek pendirian perjuangan laundry ialah lokasi yang ramai.

Adapun lokasi yang ramai itu sendiri biasanya mencakup

  • kawasan kampus,
  • area perkantoran,
  • area erat penginapan dan perumahan.

Anda bisa menentukan salah satu dari lokasi-lokasi tersebut untuk mendirikan perjuangan laundry.

Meskipun Anda diperbolehkan untuk mendirikan perjuangan di tempat-tempat sepi, tetapi sebaiknya Anda hindari tempat yang demikian ini alasannya yakni daerah tersebut kurang bisa mendatangkan laba secara maksimal.

Walaupun perjuangan laundry bisa mendatangkan banyak keuntungan, tetapi pesaingnya cukup banyak. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ada seabrek pengusaha laundry yang menawarkan penawaran terbaik dan sepertinya begitu susah untuk dikalahkan. Para pesaing yang menyerupai ini seolah tidak menawarkan peluang kepada pendatang gres untuk mendapat pelanggan.

Tapi, yakin saja, kalau Anda juga menawarkan pelayanan terbaik kepada orang yang mempercayakan cucian bajunya kepada Anda, maka perjuangan laundry Anda juga bisa bertahan, tidak kalah dari para pesaing.  Jangan lupa, setting pikiran Anda biar selalu optimis bahwa perjuangan Anda ini memang akan bertahan.


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Membuka Perjuangan Laundry Dan Analisa Usahanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel