iklan

Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memulai Bisnis Ternak Sapi

Peternakan sapi bukanlah suatu jenis perjuangan ternak yang gres di dunia agribisnis. Namun peluang perjuangan bisnis ternak sapi ialah bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan bisnis ternak sapi bisa mendatangkan laba yang besar dan tidak pernah sepi akan permintaan. Permintaan akan daging sapi di Indonesia belum bisa dipenuhi oleh pemerintah maupun para peternak sapi. Apalagi jikalau mendekati hari raya maka ajakan daging sapi akan meningkat 2x lebih banyak dari hari biasanya. Oleh lantaran itu, Anda yang ingin memulai terjun ke dalam bisnis ternak sapi ini sangatlah tepat.


Untuk memulai bisnis ternak sapi sangatlah gampang dilakukan, bahkan Anda sanggup memulainya dengan skala bisnis rumahan. Akan tetapi bisnis ternak sapi ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran semoga Anda bisa memperoleh hasil yang maksimal.


Untuk memulai bisnis ternak sapi sendiri sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal. Antara lain sebagai berikut:


Melakukan Analisis Pasar Daging Sapi

Langkah pertama yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis ternak sapi ialah Anda harus bisa menganalisa pasar daging sapi. Analisa awal yang sanggup Anda lakukan ialah menganalisa apakah harga daging sapi ketika ini cenderung stabil atau tidak, Anda juga juga sanggup menganalisa persaingan antar usaha. Dengan melaksanakan analisa pasar secara benar maka sanggup membantu Anda dalam menyusun taktik pemasaran ke depannya.


Tentukan Lokasi Peternakan


Salah satu hambatan untuk memulai bisnis ternak sapi ialah polusi atau amis yang dihasilkan oleh kotoran sapi. Oleh alasannya ialah itu Anda harus menentukan lokasi yang jauh dari pemukiman warga semoga nantinya warga tidak akan komplain kepada Anda. Adapun syarat lokasi yang ideal untuk melaksanakan beternak sapi adalah:



  • Lokasi sangkar sapi haruslah berukuran luas dan bebas dari segala macam penyakit.

  • Dapat terjangkau oleh paparan sinar matahari yang cukup.

  • Sumber pakan harus erat dengan lokasi ternak sapi.

  • Banyak pohon rindang, sehingga lokasi sangkar menjadi sejuk.


Peternakan sapi bukanlah suatu jenis perjuangan ternak yang gres di dunia agribisnis Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memulai Bisnis Ternak Sapi
Pembuatan sangkar sapi jauh dari pemukiman

Usahakan lokasi bisnis ternak sapi Anda bisa dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.


Memilih Jenis Sapi Yang Tepat


Anda harus memastikan bahwa sapi yang Anda pelihara merupakan sapi yang sehat. Pemilihan jenis sapi ialah salah satu kunci sukses Anda dalam melaksanakan bisnis ternak sapi. Di Indonesia banyak terdapat beberapa jenis sapi, baik itu sapi potong maupun sapi perah. Jika Anda ingin melaksanakan ternak sapi perah, maka artikel kami berikut ini bisa membantu Anda menunjukkan panduan ternak sapi perah. Klik di sini. Berikut beberapa jenis sapi unggulan yang ada di Indonesia:



  • Sapi Limosin

  • Sapi Brahma

  • Sapi Madura

  • Sapi Ongole

  • Sapi Peranakan Ongole


Pemberian Pakan Yang Tepat


Faktor yang tak kalah penting dalam bisnis sapi ialah proteksi pakan yang tepat. Jika bisnis ternak sapi yang Anda sasaran ialah penggemukan sapi maka pakan yang diberikan tidak hanya rumput saja. Karena jikalau Anda hanya menunjukkan pakan rumput saja maka hasil yang diperoleh tidak akan maksimal dan membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa menambahkan pakan konsentrat untuk memacu pertumbuhan sapi menjadi maksimal. Agar sukses dalam bisnis penggemukan sapi, Anda bisa baca 4 tips dari kami berikut ini, klik di sini


Kesimpulan Bisnis Ternak Sapi


Daging sapi merupakan sumber protein hewani yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain daging ayam dan daging ikan. Bahkan ajakan daging sapi di Indonesia terbilang tinggi akan tetapi untuk memenuhi ajakan tersebut terkadang masihlah kurang. Apalagi jikalau sudah menjelang har – hari besar tertentu menyerupai hari raya Idul Adha dan Idul Fitri.


Tentunya peluang beternak sapi ini masih terbuka lebar untuk Anda coba masuki dan sanggup Anda jadikan sebagai bisnis untuk menambah pundi – pundi rupiah. Kendala yang sering terjadi ialah para peternak sapi yang terjun ke dalam bisnis ini masih belum serius untuk menekuninya. Masih banyak yang menyebabkan ternak sapi sebagai perjuangan sampingan saja. Tentunya jikalau menyerupai itu maka hasil yang akan diperoleh tidak akan maksimal dan masih jauh dari cita-cita yang diinginkan.


Untuk itu adapun beberapa poin yang harus Anda perhatikan untuk masuk ke dalam bisnis ternak sapi ialah sebagai berikut:



  • Gunakanlah bibit sapi unggulan untuk mendapat hasil panen yang maksimal.

  • Perhatikan desain sangkar yang Anda buat. Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Perhatikan pula kebersihan sangkar untuk menhindari binatang ternak sapi Anda terjangkit banyak sekali macam penyakit.

  • Rajin- rajinlah mengecek kondisi ternak sapi Anda. Jika ada sapi yang terkena penyakit segera pisahkan dari kawanan sapi lainnya dan segeralah melaksanakan pemeriksaan. Jagalah kesehatan sapi Anda dengan menunjukkan vaksinasi secara teratur.

  • Berikan pakan selain pakan rumput. Hal ini semoga bobot sapi Anda sanggup berkembang secara cepat dan maksimal.


Peternakan sapi bukanlah suatu jenis perjuangan ternak yang gres di dunia agribisnis Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memulai Bisnis Ternak Sapi
Bisnis ternak sapi potong

Dengan mempelajari poin – poin tersebut maka Anda akan gampang dalam menjalani perjuangan beternak sapi. Demikian pembahasan ihwal peluang bisnis ternak sapi yang menguntungkan untuk Anda yang pemula.


sumber gambar: stockist, berkahjaya, myternak





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memulai Bisnis Ternak Sapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel