iklan

Manfaat Buah Pisang Menurut Jenisnya

Buah pisang tergolong buah yang banyak ditanam di Indonesia dan tergolong buah yang murah. Manfaat buah pisang sudah dikenal banyak kalangan. Selain itu juga disukai oleh aneka macam umur, mulai dari belum dewasa hingga cukup umur lantaran teksturnya yang empuk dan rasanya manis kalau sudah matang. Buah pisang juga sanggup diolah dengan aneka macam macam cara, ada yang eksklusif dimakan, direbus, digoreng, dibentuk selai pisang, diolah menjadi kripik ataupun dibentuk yoghurt pisang.


Manfaat buah pisang tidak hanya pada buahnya saja. Buah pisang juga mempunyai bagian-bagian yang banyak manfaatnya. Daunnya sanggup dimanfaatkan untuk bungkus makanan, pohonnya sanggup dimanfaatkan sebagai pupuk, keperluan irigasi, dan budaya. Jantung pisang sering dimasak untuk sayuran dan dendeng. Bagian buahnya sanggup dimakan sebagai buah atau dijus, sangat bagus untuk pencernaan.


Jenis-jenis pisang & manfaatnya


Tumbuhan pisang banyak jenisnya. Di antaranya ada pisang kepok, pisang tanduk, pisang mas, pisang ambon, pisang susu, pisang nangka, pisang raja, dan pisang barangan. Berikut ini deskripsi beberapa jenis buah pisang.



  1. Pisang raja

    Jenis pisang raja ialah yang paling banyak ditanam di tempat Jawa. Ciri-cirinya, buah melengkung, kulitnya tebal agak kasar, warnanya kuning orange ketika sudah matang. Daging buahnya berwarna kuning kemerahan, tanpa biji. Rasa buahnya manis dan legit, serta aromanya harum.

  2. Pisang ambon

    Uniknya pisang ini tetap berwarna hijau atau hijau lumut ketika sudah matang, kalau sudah kelewat matang maka warnanya kekuning-kuningan bercampur bercak coklat. Bentuk buahnya lurus dengan panjang 15-17 cm, berdiameter 42 mm. Kulit buah agak tebal. Warna daging buah kuning agak putih. Aromanya berpengaruh dan tidak berbiji.

  3. Pisang barangan

    Ciri-cirinya bentuk buah lurus, pangkalnya bundar dengan panjang rata-rata 11 cm, diameter 30 mm. Daging buahnya berwarna kuning agak putih, kering, manis, dan tidak berbiji.


Kandungan gizi buah pisang


Manfaat buah pisang untuk kesehatan sanggup ditinjau dari kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.



  1. Bagus untuk pencernaan

    Buah pisang merupakan buah yang gampang dicerna, kandungan gula yang terdapat di dalamnya diubah menjadi sumber energi yang bagus dengan proses yang cepat.

  2. Mengobati anemia

    Untuk Anda penderita anemia, makanlah 2 buah pisang dalam sehari. Kandungan zat besi (Fe) di dalamnya cukup tinggi.

  3. Baik untuk lambung dan mencegah kanker usus

    Kandungan gula yang terdapat di dalam buah pisang sanggup digunakan sebagai sumber energi yang sanggup bertahan lama, kesudahannya bagus untuk lambung dan sanggup mencegah penyakit kanker usus.

  4. Mencegah asma

    Mengonsumsi satu buah pisang setiap harinya sanggup menurunkan tanda-tanda asma sebesar 34%, disebabkan lantaran kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat di dalam buah pisang.

  5. Diet alami

    Bagi Anda yang ingin menurunkan berat tubuh atau diet alami, sanggup mengonsumsi buah pisang. Orang sanggup kehilangan berat tubuh dengan berdiet 4 buah pisang dan 4 gelas susu non-folat, minimal 3 hari dalam seminggu. Diet tersebut juga menciptakan kulit wajah tidak berminyak dan bersih.

  6. Menyegarkan wajah

    Bubur pisang ditambah sedikit susu dan madu, kemudian dioleskan ke wajah setiap hari secara teratur selama 30 – 40 menit, kemudian dibasuh dengan air hangat, terakhir dibasuh dengan air dingin, akan menciptakan wajah Anda segar dan lebih bersih. Penggunaan resep ini diulang selama 15 hari.

  7. Bagus untuk perempuan hamil

    Bagi perempuan hamil, sangat disarankan mengonsumsi buah pisang. Kandungan asam folatnya gampang diserap melalui rahim. Namun juga dihentikan terlalu berlebihan, lantaran 1 buah pisang mengandung 85 – 100 kalori.


Buah pisang yang populer di Indonesia memang cukup membawa manfaat. Manfaat buah pisang ternyata tidak hanya lezat dimakan, tetapi juga mengobati penyakit, dan bagus untuk kecantikan.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Buah Pisang Menurut Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel