iklan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup

Penyebab komputer tidak mau hidup atau nyala Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup

Personal Computer atau sering disingkat dengan PC ialah komputer yang biasa anda temui di rumah-rumah dan perkantoran. Fungsi umum dari PC ialah mengelola data-data menjadi sebuah isu yang dibutuhkan. Pada dasarnya fungsi dan kegunaan sebuah PC Desktop sama saja dengan perangkat Laptop, hanya saja Laptop mempunyai ukuran yang lebih kecil serta sanggup dibawa kemana-mana.

Dalam memakai PC Desktop atau komputer untuk membantu pekerjaan sehari-hari, sering kali ditemukan permasalahan. Salah satu duduk kasus yang sering menimpa PC Desktop ialah kondisi dimana komputer tidak mau hidup. Tentu saja hal ini menciptakan jengkel penggunanya, rasa ingin cepat menuntaskan sebuah pekerjaan justru harus menunggu ketidakpastian. Ada beberapa faktor yang menjadikan hal ini terjadi, biasanya alasannya faktor PC yang mengalami kelebihan panas (overheat).

Komputer yang tidak mau hidup atau nyala belum tentu menunjukan bahwa komputer atau PC Desktop tersebut sudah rusak. Sebenarnya cara paling gampang untuk mengetahui masalahnya ialah dengan membawanya ke daerah perbaikan komputer. Namun, anda jangan terburu-buru melaksanakan langkah tersebut. Ada beberapa derma pertama (first aid) atau investigasi awal yang sanggup anda lakukan untuk mengatasi duduk kasus ini, sebelum membawanya ke daerah servis komputer.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup

Ada beberapa kemungkinan atau kondisi yang menjadi penyebab komputer di rumah anda tidak mau hidup atau tidak mau menyala. Maka, yang perlu anda lakukan ialah menyidik setiap penyebab, kemudian selanjutnya gres anda sanggup mengatasi duduk kasus tersebut.

  1. Penyebab pertama yang harus anda periksa jikalau komputer di rumah tidak mau hidup ialah terkait dengan ajaran listrik. Pastikan anda sudah menghubungkan kabel power komputer dengan sumber listrik di daerah anda. Karena jikalau kabel power belum ditancapkan ke terminal listrik, berapa kalipun anda mencoba menyalakannya tentu komputer atau PC Desktop tersebut tidak akan mau menyala. Jadi, pastikan terlebih dahulu kabel power sudah anda hubungkan ke terminal listrik dengan baik.
  2. Penyebab kedua yang dihentikan anda lewatkan ialah bahwa listrik yang anda gunakan dalam kondisi hidup atau tidak padam. Hal yang penting tapi seringkali diabaikan selain poin yang pertama diatas ialah memastikan bahwa tidak sedang terjadi listrik padam. Meskipun pada poin pertama dan kedua terlihat sepele tapi seringkali dihiraukan dan tidak disadari, sehingga terburu-buru membawa komputer yang tidak mau hidup tersebut ke daerah servis. Padahal masalahnya hanya pada kabel power atau sedang terjadi pemadaman listrik.
  3. Jika komputer atau PC Desktop yang anda gunakan tiba-tiba mati sendiri, maka kemungkinan besar duduk kasus terdapat pada prosesor. Kondisi komputer yang tiba-tiba mati sendiri sanggup diakibatkan alasannya suhu prosesor yang terlalu panas. Selain itu, komputer tersebut tidak akan sanggup dinyalakan sampai suhu prosesor menjadi cuek kembali. Masalah ini akan terjadi pada semua jenis prosesor yang beredar dipasaran, hal ini dilakukan semoga prosesor tidak mengalami kerusakan jawaban suhu yang terlalu ekstrim. Sebagai langkah penanganan semoga tidak terjadi lagi, maka anda sanggup membersihkan dan menghilangkan bubuk motherboard, terutama pada penggalan sekitar prosesor, termasuk kipas prosesor. Selain itu, anda juga disarankan mengganti pasta prosesor semoga suhunya sanggup tetap normal dikala digunakan.
  4. Pastikan anda sudah menancapkan kabel daya dari power supply ke dalam slot daya di motherboard (lokasinya di sekitar prosesor). Jika anda lupa melaksanakan hal ini, atau terjadi duduk kasus pada sambungan daya tersebut, maka seluruh komponen komputer tidak akan menerima asupan listrik.
  5. Penyebab lain yang harus anda periksa ialah terkait kondisi power supply yang dipakai dalam kondisi baik. Kondisi power supply yang sedang rusak tentu saja tidak akan sanggup mengalirkan listrik dari luar ke dalam komputer. Cara paling mudahnya ialah dengan menyidik kipas power supply tersebut, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.
    Penyebab komputer tidak mau hidup atau nyala Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup
  6. Jika komputer berhasil menyala, monitor menyala tapi gagal booting dan hanya terdengar suara “beep” berulang-ulang, maka hal ini mengambarkan bahwa ada komponen-komponen yang salah pemasangannya. Kemungkinan terbesar ialah VGA Card yang salah dipasang. Selain itu, anda juga sebaiknya menyidik kabel sambungan ke hardisk semoga terpasang dengan baik.Penyebab komputer tidak mau hidup atau nyala Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup
  7. Jika komputer menyala tetapi tidak muncul gambar di monitor, maka ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab duduk kasus tersebut. Kemungkinan pertama ialah kondisi monitor yang memang sudah rusak sehingga tidak akan sanggup menampilkan gambar. Sementara itu, jikalau ternyata monitor masih dalam kondisi baik, maka besar kemungkinan masalahnya ada pada pemasangan RAM di Motherboard. Jika RAM komputer atau laptop anda tidak terpasang dengan baik, maka yang tampil di layar hanyalah tampilan blank hitam. Oleh alasannya itu, pastikan anda memasang RAM dengan posisi yang baik dan tepat memasang penjepit kanan dan penjepit kiri dari memory card hinga berbunyi “klik”. Selain itu, kadang juga cara pemasangan sudah benar namun pada slot RAM terdapat banyak debu, sehingga anda harus membersihkannya terlebih dahulu.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi jikalau komputer atau PC Desktop yang anda gunakan tidak mau atau tidak sanggup hidup. Jika anda mengalami duduk kasus ini, maka anda sanggup melaksanakan beberapa investigasi awal sebelum membawanya ke daerah perbaikan komputer. Namun, jikalau semua poin diatas sudah diperiksa dan tidak ada masalah, maka ada kemungkinan komputer anda mengalami kerusakan serius. Jika sudah demikian, disarankan untuk membawanya ke orang yang lebih berpengalaman, yaitu di daerah perbaikan komputer.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel