iklan

Cara Menciptakan Curriculum Vitae (Cv)

Membuat curriculum vitae (CV) yakni proses awal sebelum Anda melamar kerja, selain menulis surat lamaran. CV yang memikat dan surat lamaran yang baik dan benar adalah modal yang harus Anda miliki untuk mendapat pekerjaan idaman.
Jika Anda masih galau bagaimana cara menciptakan CV yang menggoda HRD di perusahaan yang Anda lamar, Anda tidak perlu khawatir. Berikut tahap demi tahap yang perlu Anda lakukan.

Langkah 1: Lakukan Job Research
Melakukan Job Research bertujuan untuk mengetahui secara detail gosip perihal perusahaan dan pekerjaan yang Anda lamar. Langkah awal ini sangat penting sebelum Anda mulai menciptakan CV. Terdiri dari:

1.1 Cari Informasi perihal syarat melamar kerja
Baca kembali lowongan kerja di sebuah perusahaan yang akan Anda lamar, baik secara online maupun offline. Catat informasi-informasi penting terkait persyaratan pelamar dan hal-hal lain berafiliasi dengan posisi yang ditawarkan ibarat keterampilan yang harus dimiliki oleh pelamar, usia dan pengalaman kerja yang harus Anda penuhi.

1.2. Gali gosip perihal perusahaan
Membaca persyaratan lowongan kerja mungkin sudah cukup bagi Anda. Tapi, akan lebih baik jikalau Anda mengetahui lebih lanjut perihal perusahaan yang Anda lamar.
Dalam profil perusahaan, biasanya terdapat visi, misi, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi perusahaan serta etos kerja karyawan di perusahaan tersebut. Dari gosip tersebut, Anda sanggup menentukan hal-hal yang perlu dicantumkan di CV.

Langkah 2: Cari Informasi Tentang CV
Setelah Anda mengetahui gosip secara detail dan lengkap perihal pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar, sekarang saatnya Anda menggali gosip perihal CV.
Walaupun Anda telah tahu bahwa CV, yang dalam Bahasa Indonesia disebut Daftar Riwayat Hidup, Anda tetap harus meng-update informasi perihal CV. Oleh alasannya yakni itu, lakukan langkah-langkah berikut:
2.1 Ketahui Isi CV pada umumnya
Bagi Anda yang notabene fresh graduate, mengetahui isi CV pada umumnya yakni langkah yang akan membantu Anda dalam proses pembuatannya. Apabila Anda telah berpengalaman menciptakan CV, gosip ini sanggup menjadi pengingat apabila ada bab yang terlupakan.
Pada umumnya, hal-hal yang terdapat dalam CV yakni sebagai berikut
Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email
Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan, dan IPK
Personality – huruf diri Anda
Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki
Proyek& Pengalaman Kerja – hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya
Training/Pelatihan Terbaru – training yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir
Informasi Lain perihal Diri Anda – hobi, rujukan atau hal lain perihal diri Anda yang berafiliasi dengan pekerjaan yang Anda lamar

2.2 Pilih desain CV yang menarik
Awalnya CV atau Daftar Riwayat Hidup, mempunyai desain klasik ibarat piagam penghargaan dan dijual bebas di toko buku atau warung penjual ATK. Kini, desain CV telah mengalami perkembangan.
Jika Anda melaksanakan pencarian dengan kata kunci “CV Design”, ada banyak contoh desain atau format CV yang sanggup Anda pilih sesuai keinginan.
Misi Anda ketika ini yakni menentukan desain yang memikat. Dari sekian banyak desain CV yang Anda temukan di internet, pilihlah desain yang mempunyai tampilan sederhana, mempunyai kombinasi warna yang sesuai, dan memakai simbol-simbol yang gampang dipahami.
Pastikan desain yang Anda pilih sanggup menciptakan pembaca memahami dengan baik gosip yang Anda tulis. Berilah batasan-batasan yang terang untuk setiap bab CV dan pilih warna yang sesuai sebagai background tulisan supaya gampang dibaca.

Langkah 3: Mulai menciptakan CV
Setelah Anda memperoleh gosip perihal CV dan menentukan desain yang cocok untuk Anda, sekarang saatnya mulai menciptakan CV. Apabila Anda melaksanakan langkah pertama dan kedua dengan baik, Anda akan menjalani proses pembuatan CV dengan mudah.
Untuk itu, lakukan hal-hal berikut:

3.1 Cantumkan identitas diri di bab atas
Bagian pertama yang Anda tulis pada bab atas CV yakni nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email. Jangan lupa sertakan foto terbaru Anda. Agar tampak profesional, tampilkan foto dengan pakaian formal namun dengan gaya yang tidak kaku.

3.2 Tulis jenang pendidikan dengan singkat dan jelas
CV mencantumkan jenjang pendidikan dari Taman Kanak-kanak atau SD kemudian SMP, SMA/SMK, hingga sekolah tinggi tinggi. Namun, untuk CV ketika ini hanya dicantumkan jenjang pendidikan terakhir atau jenjang pendidikan yang berafiliasi dengan pekerjaan yang dilamar.
Jika Anda rasa penting untuk mencantumkan jenjang pendidikan dari yang terkecil hingga tertinggi, Anda sanggup menuliskannya dengan singkat dan jelas. Jangan hingga pendidikan memenuhi setengah lebih dari kertas CV Anda.

3.3 Deskripsikan keterampilan dan pencapaian Anda
Keterampilan dan pencapaian Anda perlu dideskripsikan dengan cara yang lebih menarik, tidak hanya dengan paragraf atau menggunakan bullets and numbering. Anda sanggup menciptakan diagram, grafik atau rating untuk menjabarkan keterampilan dan pencapaian Anda. Cara ini lebih efektif dan efisien, juga menciptakan CV Anda terlihat lebih menarik perhatian pembaca.

3.4 Sebutkan secara spesifik pengalaman kerja dan pelatihan
Tulis pengalaman kerja (work experiences) Anda dengan bahasa yang menarik dan tidak membosankan. Kaitkan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar sehingga tampak relevan dan memperlihatkan bahwa Anda yakni kandidat yang potensial.
Untuk lebih profesional, cantumkan pelatihan-pelatihan yang berafiliasi dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jangan mencantumkan training yang sudah diikuti belasan atau puluhan tahun yang lalu, kecuali jikalau itu sanggup menambah poin Anda alasannya yakni alasan tertentu, contohnya training tingkat internasional.

3.5 Pilih gosip lain yang relevan
Selain bagian-bagian di atas, Anda sanggup mencantumkan gosip lain perihal diri Anda contohnya hobi yang berafiliasi dengan pekerjaan dan rujukan dari beberapa orang penting di perusahaan sebelumnya atau perusahaan lain.

Langkah 4: Baca Kembali CV Anda
Jangan dulu bernapas lega sesudah Anda selesai menciptakan CV. Langkah selanjutnya  yang harus Anda lakukan untuk memperoleh CV yang memikat yakni membaca kembali CV Anda. Bagian ini sangat penting di mana Anda akan melakukan proofreading yang akan meningkatkan kualitas CV Anda.

4.1 Perbaiki tata bahasa dan ejaan
Saat membaca kembali CV Anda, perhatikan tata bahasa (grammar) dan ejaan (spelling) dari setiap kata yang telah Anda tulis. Hindari penggunaan bahasa gaul (slang language). Gunakanlah tata bahasa yang baik dan benar serta bahasa yang baku; bila Anda ragu terhadap suatu kata, cek kata baku di Kamus Besar Bahasa Indonesia online.

4.2 Buat kalimat menjadi lebih singkat dan efektif
Dalam sebuah CV, Anda bercerita perihal diri Anda dengan frasa atau kalimat yang singkat dan efektif, bukan dalam bentuk paragraf yang panjang dan bertele-tele. Biasanya, paragraf dipakai untuk mendeskripsikan pengalaman kerja atau personality. Namun, Anda sanggup menjabarkannya dalam bentuk gambar atau poin-poin singkat dan gampang dipahami.

Langkah 5: Analisis CV Anda
Setelah Anda membaca dan memperbaiki tata bahasa dan ejaan serta hal-hal lainnya terkait teknik penulisan, Anda sebaiknya melaksanakan langkah-langkah untuk menganalisis CV Anda.

5.1 Baca CV seolah Anda yakni seorang HRD
Saatnya Anda bermain tugas menjadi seorang HRD. Ambil CV Anda dan bacalah seolah Anda yakni orang yang akan melaksanakan rekruitmen terhadap pelamar. Jika Anda sanggup mengesampingkan diri Anda dan benar-benar berperan menjadi seorang HRD, Anda akan sanggup menilai CV dengan obyektif.
Pada langkah pertama Anda telah melakukan Job Research dan menggali gosip perihal perusaahaan kemana CV Anda akan berlabuh. Langkah tersebut memudahkan Anda untuk berperan sebagai HRD dari perusahaan tersebut. Lakukan evaluasi terhadap CV Anda dan catat hal-hal yang perlu diperbaiki.

5. 2 Minta orang lain untuk membaca CV Anda
Jika Anda masih belum puas dengan evaluasi yang Anda lakukan, datangi seseorang yang telah berpengalaman melaksanakan rekruitmen. Perlihatkan CV Anda dan mintalah orang itu untuk memperlihatkan evaluasi terhadap CV Anda.
Langkah ini akan memperlihatkan pandangan yang sanggup Anda bandingkan dengan evaluasi Anda sebelumnya. Setelah mendapat evaluasi dari diri sendiri dan orang lain, Anda sanggup tetapkan hal apa yang perlu diperbaiki dan apa yang tidak perlu diubah. Segera lakukan perbaikan sehingga CV Anda semakin memikat.
Dalam menciptakan CV yang memikat, diharapkan adanya perjuangan dalam menjalankan langkah-langkah yang tepat. Saat Anda menciptakan CV, tetaplah ingat bahwa segala sesuatunya haruslah berafiliasi dengan pekerjaan dan nilai-nilai perusahaan idaman Anda sehingga Anda sanggup menentukan mana yang peru dicantumkan dan mana yang perlu dieliminasi.
Sumber http://ayu-belajar-komputer.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Curriculum Vitae (Cv)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel