iklan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali jenis materi herbal yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan. Salah satunya ialah bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu masak yang sangat umum dipakai alasannya ialah aroma serta rasanya yang khas.


Bawang putih mempunyai nama latin Allium sativum. Bawang putih biasanya ditanam di kawasan dataran tinggi atau pegunungan yang mendapat sinar matahari cukup. Berbeda dengan tumbuhan bawang merah yang lebih cocok di dataran rendah.


Ternyata, selain sanggup dipakai sebagai bumbu masak, bawang putih juga mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.


Kandungan nutrisi


Bawang putih juga kaya akan nutrisi. Kandungan nutrisi yang terdapat pada bawang putih cukup bervariasi. Salah satunya ialah kalsium. Kalsium ialah mineral yang mempunyai sifat menenangkan sehingga sangat cocok kalau dipakai sebagai pencegah hipertensi.


Selain kalsium, kandungan senyawa lain yang terdapat pada bawang putih ialah saltivine, senyawa yang sanggup membantu mempercepat pertumbuhan sel serta jaringan pada tubuh. Senyawa ini juga berfungsi merangsang kinerja sel saraf.


Bawang putih juga mengandung senyawa diallysulfide serta alilpropil-disulfida yang berfungsi sebagai zat anti cacing. Kedua senyawa ini akan menekan pertumbuhan cacing pada susukan pencernaan sehingga sistem pencernaan sanggup bekerja secara lebih optimal. Selain itu, bawang putih juga mempunyai kandungan berupa sulfur atau sulfur, protein, lemak, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, serta vitamin C.


Selain kandungan nutrisi di atas, bawang putih juga diketahui mengandung minyak atsiri esensial. Kandungan minyak atsirinya berguna sebagai antiseptik dan anti bakteri. Selain minyak atsiri, kandungan unik lain yang terdapat pada bawang putih ialah senyawa aliin dan allicin.


Kedua senyawa ini akrab kaitannya dengan fungsi anti kolesterol. Selain berfungsi sebagai senyawa anti kolesterol, aliin dan allicin juga mempunyai fungsi mencegah tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit jantung koroner.


Manfaat bawang putih


Bawang putih tidak hanya sanggup dipakai sebagai bumbu masak saja namun juga sanggup dipakai sebagai materi pengobatan herbal. Hal ini dikarenakan kandungan bawang putih yang sanggup memperlihatkan manfaat bagi kesehatan tubuh.


Salah satu manfaat bawang putih ialah sebagai obat herbal untuk mengatasi flu dan batuk. Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang putih menciptakan bawang putih mempunyai rasa serta aroma yang khas yang sanggup membantu mempercepat kerja membran mucous yang terdapat pada susukan pernapasan.


Kandungan sulfur pada bawang putih juga sanggup membantu melegakan susukan pernapasan serta membantu mengeluarkan lendir. Bawang putih juga mengandung senyawa phytochemical yang sanggup membantu membunuh virus serta basil penyebab penyakit.


Selain meredakan tanda-tanda flu dan batuk, bawang putih juga sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan senyawa yang terdapat pada bawang putih juga sanggup membantu menurunkan tekanan darah serta menurunkan resiko penyakit jantung koroner.


Manfaat lain yang sanggup Anda dapatkan dari bawang putih ialah bawang putih mengandung senyawa yang sanggup menghambat pembentukan sel-sel kanker, terutama kanker usus besar serta kanker perut. Bawang putih mengandung senyawa organosulfides yang sanggup membantu hati menguraikan senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia penyebab kanker.


Mengkonsumsi bawang putih pada masa kehamilan juga sanggup membantu menurunkan risiko komplikasi pre-eclampsia serta membantu mengontrol pertumbuhan bayi dalam janin. Bawang putih juga sanggup dipakai sebagai obat herbal untuk menyembuhkan wasir.


Selain itu, bawang putih juga sanggup membantu meningkatkan stamina serta mencegah kelelahan. Menambahkan bawang putih pada hidangan makan juga sanggup membantu mengontrol kadar gula darah serta menurunkan risiko tanda-tanda diabetes.


Untuk mendapat hasil yang optimal, disarankan untuk tidak mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah. Bawang putih sanggup diolah dengan cara direbus atau digoreng sebelum dikonsumsi.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel