iklan

Makalah Kewirausahaan, Kiprah Makalah Perihal Kewirausahaan

Kumpulan Makalah Terbaru dan Terbaik, Makalah Tentang Kewirausahaan.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tahun demi tahun lulusan dari sarjana S1 dan  tingkat pengangguran pun juga semakin meningkat. Dan ini yaitu salah  satu  masalah pemerintah, pribadi, dan sekaligus persoalan bagi perguruan tinggi yang sudah menawarkan kelulusan dan gelar. Karena pada hakikatnya, para sarjana diharapkan untuk  bisa terjun ke dalam  masyarakat, mendapat pekerjaan yang layak, dan bisa hidup mandiri.

Ilmu yang telah didapatkan selama menuntut ilmu di perguruan tinggi diharapkan bisa dipakai ketika terjun ke masyarakat dan mendapat penghasilan dari ilmu yang telah didapat tersebut. Misalnya saja, FKIP Majalengka melahirkan calon-calon guru. Dan bagaimana bila beberapa Mahasiswa justru merasa kesulitan mendapat pekerjaan di bidang yang selama ini ia pelajari di perkuliahan? Misalnya mahasiswa bahasa Inggris yang tidak menjadi guru Bahasa Inggris dan tidak sanggup menemukan pekerjaan sebagai guru Bahasa Inggris.

Di kurun kini ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk cakap dalam bicara saja tapi juga bisa menjadi sosok yang multitalenta, yakni yang tidak hanya terfokus atau terkungkung dalam bidang yang dipelajari saja di perkuliahan. Seorang mahasiswa harus menjadi eksklusif yang berpikir aktif dan kreatif, apalagi kini ini persaingan ekonomi dan bisnis semakin meningkat. Dan untuk itulah dibutuhkan solusi dan persiapan mental serta praktek kasatmata mahasiswa biar nanti pada ketika benar-benar terjun ke dunia kerja mahasiswa tidak lagi kebingungan, kesulitan dalam mendapat pekerjaan, dan kalah dalam persaingan untuk mendapat pekerjaan.

Karena persaingan untuk mendapat pekerjaan semakin ketat, maka mahasiswa diharapkan  tidak hanya bisa mencari pekerjaan. Tapi juga bisa membuat lapangan pekerjaan dan bisa menjadi bos untuk pekerjaannya sendiri, bukan menjadi ‘pegawai’ ibarat kebanyakan. Dan untuk itulah dibutuhkan mata kuliah kewirausahaan untuk membangun minat perjuangan mahasiswa. Agar mahasiswa bisa menjalankan perjuangan semenjak masih menjadi mahasiswa hingga lulus dan mendapat gelar sarjana nanti.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian kewirausahaan dari banyak sekali sudut pandang?
  2. Apa solusi untuk menuntaskan permasalahan pengangguran mahasiswa yang ada di Indonesia?
  3. Apa tujuan dan manfaat membuatkan kewirausahaan mahasiswa?
  4. Persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun suatu usaha?
  5. Usaha apa saja yang cocok bagi mahasiswa dan bonafit sehingga bertahan lama?

C. Tujuan

  1. Menjelaskan pengertian kewirausahaan dari banyak sekali sudut pandang para ahli.
  2. Menjelaskan fungsi mata kuliah kewirausahaan bagi mahasiswa.
  3. Memecahkan persoalan dan menawarkan solusi bagi pengangguran mahasiswa.
  4. Menjelaskan tahapan yang harus dilakukan sebelum memulai perjuangan dan mempersiapkan mental pebisnis.
  5. Menjelaskan beberapa alternatif perjuangan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa

BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Kewirausahaan
Kata kewirausahaan dalam Bahasa Indonesia disusun dari dua kata yaitu Wira dan usaha. Kata Wira berasal dari bahasa sangsakerta yang artinya gagah berani. Sedangkan kata Usaha mempunyai pengertian upaya-upaya bisnis. Sehingga kewirausahaan bisa diartikan sebagai orang yang berani melaksanakan perjuangan atau bisnis.

Dan berikut beberapa pengertian kewirausahaan :

  1. Kata wirausaha dalam Bahasa Inggris berarti enterpreuner.
  2. Menurut Achmad Sanusi kewirausahaan yaitu nilai yang diwujudkan dalam sikap yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat kita, proses dan hasil bisnis.
  3. Menurut Drucker kewirausahaan yaitu kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres dan berbeda.
  4. Kewirausahaan yaitu suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai suatu perjuangan  (start-up fase) dan perkembangan perjuangan (Soeharto Prawiro, 1997)
  5. Kewirausahaan yaitu semangat, sikap, sikap dan kemampuan seseorang dalam menangani perjuangan atau acara yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk gres dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka menawarkan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh laba yang lebih besar. (keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan  Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995)

Jadi pada kesimpulannya bahwa kewirausahaan yaitu suatu perjuangan yang dilakukan seseorang untuk melaksanakan acara bisnis dengan menentukan cara, strategi, dan segala persiapan untuk mewujudkan perjuangan  atau bisnis tersebut.

B. Tujuan dan Fungsi Kewirausahaan
Perkembangan ekonomi rakyat dan kemajuan ekonomi dan bisnis belum bisa dirasakan secara merata oleh seluruh rakyat. Tingkat kemiskinan di Indonesia masih cukup tinggi. Sehingga penting dari sekarang, para kaum muda khususnya para mahasiswa untuk bisa terbebas dari belenggu kemiskinan dan mengubah taraf kehidupan. Sehingga bisa menawarkan sumbangsih lapangan pekerjaan bagi yang lain.

Bagi seorang sarjana, menjadi pegawai saja tidak cukup. Harus ada  pekerjaan sampingan yang menawarkan jaminan laba seumur hidup dan bisa dilakoni seumur hidup tanpa harus takut di PHK dan pensiun. Sehingga dari sinilah tugas serta universitas dibutuhkan untuk memacu adanya harapan dan persiapan mental maupun taktik untuk mahasiswa biar berani berwirausaha.

Dan fungsi dari kewirausahaan yang diajarkan di universitas yaitu sebagai berikut :

  1. Membuat keputusan-keputusan penting untuk mengambil resiko mengenai tujuan dan sasaran bisnis.
  2. Menetapkan bidang perjuangan yang akan dilakoni
  3. Menghitung skala perjuangan yang diinginkan
  4. Menentukan modal atau sumber modal
  5. Memilih atau menentukan desain atau kepegawaian
  6. Mengendalikan secara efektif dan efisien bisnis yang sedang dijalankan
  7. Mencari inovasi
  8. Pemasaran dan mempertahankan atau meningkatkan statistik keuntungan

Sedangkan fungsi perhiasan kewirausahaan yaitu :

  1. Mengenali lingkungan sehingga kita bisa mencari peluang usaha
  2. Mengendalikan lingkungan ke arah yang bermanfaat bagi perusahaan
  3. Menjaga lingkungan biar perusahaan tidak merusak lingkungan dan merugikan lingkungan

Sebuah penelitian mengambarkan bahwa dampak bantuan kewirausahaan dalam mendukung ekonomi rakyat yaitu sekitar 85%. Kewirausahaan yang diajarkan kepada masyarakat melalui pembinaan-pembinaan berhasil meningkatkan minat perjuangan rakyat. Dengan demikian, pembelajaran keiwrausahaan dalam perkuliahan diharapkan bisa meningkatkan minat perjuangan mahasiswa guna mengubah taraf hidup mereka dan membuat mereka bisa hidup mandiri. Itulah tujuan kewirausahaan yang ada di perkuliahan.

C. Hambatan dalam  Berwirausaha
Dalam pelaksanaan wirausaha, tentu saja banyak sekali hambatan-hambatan yang mengurungkan minat perjuangan mahasiswa. Salah satu contohnya yaitu modal.

Modal perjuangan yaitu hal yang sangat sensistif alasannya yaitu merupakan bab yang sangat dibutuhkan dalam berwirausaha. Namun, banyak orang yang salah kaprah dan menganggap bahwa modal perjuangan itu hanya berbentuk uang saja. alasannya yaitu yang namanya modal perjuangan itu bisa berupa : kemampuan (nyanyi, menjahit, mengetik di komputer), alat untuk membantu melaksanakan perjuangan (misalnya mesin jahit dan komputer), kemampuan bersosialisasi guna mempromosikan barang dagangan.

Hambatan lainnya dalam berwirausaha lebih kepada pribadi, yaitu sikap percaya diri yang kurang, mental yang kurang kuat, kurang bisa berpikir kreatif, inovatif, dan tanggap, tidak adanya harapan untuk berwirausaha, sikap manja yang berlebihan, sikap yang selalu mengandalkan orang lain.

Untuk itu kita harus mulai mengubah semua sikap di atas dengan mulai menjadi seorang pemipin, minimalnya untuk memimpin diri sendiri dalam berwirausaha. Contoh keterampilan memimpin itu harus mempunyai aspek sikap sebagai berikut :

  1. Memiliki energy jasmaniah dan mental
  2. Kesadaran akan tujuan dan arah
  3. Antusiasme
  4. Keramahan dan kecintaan
  5. Integritas dan penguasaan teknis
  6. Ketegasan dalam mengambil keputusan
  7. Kecerdasan
  8. Kemampuan untuk melaksanakan perjuangan (misanya mengajar)
  9. Kepercayaan

Sehingga terciptalah eksklusif yang berpengaruh dan disiplin guna meningkatkan eksklusif yang siap untuk melaksanakan wirausaha.

Kita bisa mengadopsi sikap nabi dalam berwirausaha. Dan berikut sikap Nabi Muhammad SAW yang patut kita jadikan pola biar perjuangan bisa berjalan baik dan meningkatkan tingkat percaya diri dan keuntungan:

  1. Market survey. Rasulullah sering melaksanakan kunjungan ke negara lain guna melaksanakan riset pasar.
  2. Mind share targetting. Proses pemilihan sasaran dan pencocokan reaksi pasar.
  3. Mind share positioning.
  4. Market share differensiasi.
  5. Marketing mix.

D. Persiapan Berwirausaha
Dalam melaksanakan wirausaha, kita dihentikan melakukannya tanpa persiapan apapun. Karena bisa jadi, perputaran bisnis ini tidak berjalan lancar dan tidak bisa menghadapi kendala. Sehingga bisnis tidak bisa bertahan lama.

Dalam berwirausaha kita harus mempunyai bussiness planning yang cocok yang telah diubahsuaikan dengan riset pasar dan perkembangan perjuangan ke depannya. Bukan hanya itu, kita harus mempersiapkan modal dan berani mengambil resiko.

Business plan dibentuk untuk jangka pendek maupun panjang. business plan merupakan suatu map yang nantinya diikuti oleh pengusaha. Bussiness plan dipakai sebagai planning perjalanan perusahaan. Fungsi dari bussiness plan yaitu :

  1. Kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan,sedang dilaksanakan tetap berjalan pada jalur yang telah direncanakan.
  2. Pedoman yang dipakai dalam mempertajam atau menguatkan rencana-rencana yang diharapkan
  3. Alat untuk mencari dana dari pihak ke tiga.

Kerangka yang dipakai dalam planning perjuangan memuat beberapa poin yaitu :

1. Nama perusahaan
Diusahakan nama perusahaan tidak terlalu panjang, sederhana, gampang dibaca, gampang diingat, yummy dibaca, tak ketinggalan jaman, unik, tidak menyinggung seseorang atau golongan, merupakan pencitraan dari fungsi produk yang dihasilkan, dan bila diekspor namanya tidak sulit dibaca oleh orang luar negeri.

2. Lokasi
Ada dua hal utama yang diperhatikan dalam menentukan lokasi yaitu :

  • Backward linkage. Yaitu lokasi yang dilihat dari sudut sumber daya yang akan digunakan.
  • Forward linkage yaitu lokasi yang dilihat dari sudut pemasaran hasil produksi.

3. Komoditi yang akan diusahakan
Perlu adanya suatu pertimbangan dalam menentukan suatu komoditi yang akan diusahakan yaitu:

  • Membanjirnya suatu ajakan pada jenis hasil perjuangan tertentu.
  • Teridentifikasinya kebutuhan masyarakat terhadap suatu kebutuhan tertentu.
  • Kurangnya tentangan terhadap bidang perjuangan yang ingin digeluti.
  • Adanya kemampuan untuk meyakinkan orang lain untuk bersaing dalam perjuangan bidang yang sama.

4. Konsumen yang dituju
Kita perlu mengadakan analisa atas kebutuhan masyarakat dan jangkauan konsumen. Apakah kita yang akan menjangkau konsumen atau konsumen yang tiba pada kita. Jika kita menentukan option yang pertama maka kita harus membuka suatu pertokoan alasannya yaitu konsumen cenderung belanja ke pertokoan.

5. Pasar yang akan dimasuki
Sebuah perusahaan yang akan memasuki pasar maka akan menempatkan perusahaannya dalam posisi sebagai pemimpin pasar, yakni mempunyai pangsa [asar terbesar dalam produk sejenis. Dan sebagai penantang pasar yang akan selalu menjadi saingan-saingan pemimpin pasar sehingga perlu adanya perjuangan untuk meningkatkan jumlah barang yang terjual dan konstanta barang yang terjual per harinya.

Selain itu juga menjadi perelung pasar dan pengikut pasar. Pengikut pasar berarti perusahaan yang selalu mempunyai taktik untuk mempertahankan konsumen dan mencari konsumen baru. Sedangkan perelung pasar yaitu yang selalu menjadi pemimpin di pasar kecil.

6. Partner yang akan diajak kerjasama
Ada dua macam partnership yaitu :

  • General partnership yaitu semua anggota ikut aktif dalam mengelola bisnis. Bersama-sama bertanggung jawab, termasuk tanggung jawab utang piutang.
  • Limited partnership yaitu ada dua penanggung jawab yaitu penanggung jawab terbatas dan penanggung jawab tak terbatas.

7. Personil yang dipercaya untuk menjalankan perusahaan
Kita harus pintar dalam menilai seseorang bukan hanya dari penampilannya saja. tetapi juga perilakunya. Karena kita wajib mendapat partner yang sanggup dipercaya.

8. Jumlah modal yang diharapkan dan yang tersedia
Sumber modal bisa dari tabungan, pinjaman, atau dari hasil bekerja yang dikumpulkan sedikit demi sedikit. Kebanyakan orang tidak mau berurusan dengan bank terlebih mengenai utang piutang. Karena dikhawatirkan hutang tersebut bisa bertambah dan akibatnya justru membuat gulung tikar usaha. Namun, demi kelancaran, biasanya kebanyakan orang enganmbil resiko ini dan melaksanakan perjanjian utang piutang dengan bank.

Itu alasannya yaitu kesempatan peluang meningkatkan perjuangan yang tidak tiba berkali-kali sedangkan butuh modal yang besar dan menunggu dari hasil tabungan dirasa akan terlalu usang sehingga peluang itu hilang akhirnya.
Namun, bila ada manajemen utang yang baik dan manajemen keuangan yang baik di sebuah perusahaan maka tak akan ada persoalan dengan hutang. Asalkan ada cicilan yang membuat hutang itu tidak semakin membengkak.

9. Peralatan perusahaan yang perlu disediakan
Ada dua hal yang dipertimbangkan dalam penyediaan barang :

  • Ekonomis. Efisiensi dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan dan kemampuan untuk memanfaatkan yang ada sangat dibutuhkan. Intinya, demi menekan pengeluaran dan menghasilkan manfaat bagi sistem keuangan dan pembelanjaan yang hemat. Dan tentu saja tidak mengganggu biaya produksi dan lain-lain.
  • Prestis. Arti dari prestisius yaitu orang yang akan menentukan barang yang mahal dan tahan lama. Artinya, percuma bila demi menekan pengeluaran kita membeli alat-alat perusahaan yang murah dan cepat rusak. Justru itu akan membuat pengeluaran semakin besar alasannya yaitu seringnya pergantian alat.

10. Penyebaran promosi
Usahakan dalam membuat suatu periklanan bagi perusahaan menengah ke bawah jangan memakai media yang akan memakan banyak modal. Misalnya saja iklan di televisi, radio, dan surat kabar. Biaya untuk periklanan di media tersebut bisa memakan biaya sekitar lima ratus ribuan ke atas.

Bentuk-bentuk yang bisa dilakukan sebagai sarana promosi atau iklan yaitu :

  1. Papan reklame
  2. Poster
  3. Katalog buatan sendiri
  4. Spanduk
  5. Internet

Jangan lupa dalam engiklankan produk yang kita buat, kita harus mencantumkan nama perusahaan, nomor yang bisa dihubungi dan jangan lupa alamat. Jika perlu alamat website perusahaan pun perlu dicantumkan.

Sering lakukan iklan melalui internet dan iklankan produk-produk dari perusahaan Anda melalui pesan di jejaring sosial, status atau twit, juga bisa dengan mengundang teman Anda atau siapaun untuk tiba dalam program pembukaan perusahaan dan kenalkan produk Anda pada mereka.

E. Jenis Usaha yang bisa Digeluti oleh Mahasiswa
Banyak sekali perjuangan yang bisa digeluti oleh mahasiswa. Mulai dari bisnis yang bakan tidak mengeluarkan modal, modal kecil, hingga yang mengeluarkan modal besar. namun, yang paling cocok untuk mahasiswa yang masih menjalani pendidikan dan masih minim modal, yang paling cocok yaitu bisnis yang membutuhkan modal yang kecil bahkan tanpa modal.
Selain itu, melihat dari sikap atau eksklusif anak muda jaman sekarang, kebanyakan tidak ingin pekerjaan yang menyita waktu dan ingin dilakukan dengan santai bahkan sambil bermain bila bisa.

Karena dari penelitian tersebut ada beberapa perjuangan yang bisa dilakukan mahasiswa dan tidak menyita waktu serta minim modal. Berikut perjuangan yang bisa dilakukan mahasiswa dengan jangka waktu yang tidak terbatas.

a. Bisnis afiliasi.
Bisnis afiliasi yaitu bisnis yang dilakukan dengan memajang produk atau jasa orang lain. dan bila ada orang yang membeli produk atau jasa tersebut melalui situs Anda, maka Anda akan mendapat komisi. Situs yang menyediakan penjualan afiliasi ini yaitu Amazon Assosiate dan forex.

Potensi yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ini yaitu bila Anda berhasil menjual 4 produk dalam satu ahad yang masing-masing mendapat komisi 50.000 (10% dari harga jual barang yang terjual) maka 4 x 50.000 = 200.000

b. Bisnis pay per click
Bisnis ini bisa dilakukan dengan cara situs Anda dijadikan sebagai media pemajangan iklan oleh perusahaan sekelas google atau lainnya. Bisnis pay per click ini cara kerjanya yaitu Anda akan mendapat bayaran pada setiap iklan yang di klik oleh pengunjung situs Anda. situs yang menyediakan bisnis pay per click yaitu google adsense dan text link ads.

Potensi pendapatan Anda per hari yaitu contohnya setiap hari ada minimal 30 pengunjung yang mengklik iklan di situs Anda dan setiap klik senilai Rp. 300,- maka 30 x 300 = 9000 per hari. bagaimana bila pengunjung situs Anda mencapai ratusan dan mengklik iklan yang terpajang di situs Anda? tentu akan lebih besar potensi Anda untu kemdapatkan penghasilan.
           
Bisnis online bisa Anda lakukan bila situs Anda berada pada rangking pencarian google urutan sepuluh besar dan mempunyai pengunjung yang banyak. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan dengan banyak menulis artikel di blog Anda. sekalian chating di jejaring sosial banyak-banyaklah menulis artikel di situs Anda dengan konten yang bermutu dan ingat jangan copy-paste.

2. Bisnis menulis
Ada tiga bisnis menulis yang bisa Anda lakukan guna mendapat penghasilan perhiasan :
a. Menulis artikel
Menulis artikel untuk situs orang yang sudah populer juga bisa menyebabkan penghasilan perhiasan bagi mahasiswa. Setiap artikel yang dibentuk menurut ketentuan key word (setiap artikel mempunyai key word tersendiri yang membuat artikel itu masuk dalam sistem pencarian google nantinya). Setiap artikel yang dibentuk dengan jumlah kata 350 akan dibayar sebanyak Rp.7500,- sedangkan bagi artikel yang dibentuk dengan jumlah kata 1100 kata maka dibayar sekitar Rp. 25.000,-.

Anda bisa mendapat pekerjaan dalam penulisan artikel ini di Re! Media service di grup jejaring sosial facebook.

b. Menulis buku
Menulis buku yaitu salah satu alternatif peluang perjuangan yang bonafit. Terlebih bayaran untuk menulis buku juga lebih besar. satu naskah buku yang dijual putus tanpa melalui agensi penulisan naskah biasanya dibayar seharga kurang lebih 4,5 juta. Sedang yang melalui agensi akan dibayar sekita kurang lebih 2,5 juta sebagai biaya pengeditan dan pengiriman naskah. Tapi masih bisa dibilang lumayan. Jika penulisan menurut royalty pembayaran akan dilakukan minimal 6 bulan atau 1 tahun sekali. Dengan persentasi royalte sekitar 10% dari harga jual buku.

Penerbit yang bisa dikirimi naskah melalui email yaitu stilletto book, haru, gagas media, bukune, diva publisher, BIP dan masih banyak lagi. alamat email setiap penerbit bisa dicari di google.

c. Menulis script
Menulis script untuk FTV atau seri yaitu salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa sambil menuntut ilmu. Mengenai pola penulisan script atau pembelajaran menulis script bisa didapat melalui internet atau ikut dalam berguru menulis script secara online. Misalnya dari jejaring sosial facebook yaitu grup Nulis Script Yuk!
Bayaran untuk setiap script per episode dalam film seri yaitu sekitar Rp.500.000. satu script sekitar 45 halaman. Sedangkan untuk FTV satu script dibayar sekitar 3-4 jutaan.
Salah satu Alamat PH di Indonesia yang bias dikirimi script yaitu Frame Ritz, Jl Cempaka Putih Tengah 15 No. 28 jakarta Pusat (021) 4222671.

3. Membuka kursus
Membuka kursus juga salah satu alternatif mahasiswa untuk mendapat penghasilan. Membuka kursus kecil-kecilan yang murah biar banyak peminat merupakan salah satu taktik jitu untuk mendapat penghasilan lebih. Misalnya saja, kursus bahasa Inggris dengan tarif Rp. 10.000 / pertemuan.

4. Bisnis Rongsok
Jangan sepelekan bisnis yang satu ini. alasannya yaitu bisnis rongsok ternyata salah satu bisnis yang bonafit ketika ini. memungut sampah plastik yang dianggap tidak berkhasiat kemudian dikumpulkan sesudah itu dijual dan uangnya ditabung sebagai modal untuk membuka perjuangan bisnis rongsok sendiri.

5. Jasa peminjaman buku
Buku-buku yang tersimpan di lemari Anda dihentikan hanya menjadi pajangan. Manfaatkan buku-buku Anda sebagai ladang perjuangan atau bisnis Anda. Anda bisa memulai untuk membuka perpustakaan kecil-kecilan di rumah Anda.

Dan demikianlah bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa sambil kuliah dan tidak menyita banyak waktu mahasiswa. Sambil melaksanakan aktifitas, sambil online di jejaring sosial, dan mengisi waktu luang, mahasiswa sanggup melaksanakan bisnis ini.

BAB III
KESIMPULAN
Di jaman modern kini ini, setiap orang dituntut untuk bisa mandiri, termasuk juga mahasiswa. Persaingan di dunia bisnis semakin meningkat, sedang kebutuhan ekonomi juga semakin meningkat juga, tingkat pengangguran dan taraf kehidupan masyarakat Indonesia harus segera dirubah. Untuk itulah perlu adanya pendidikan yang bisa meningkatkan minat wirausaha mahasiswa demi menunjang kebutuhan dan mengajarkan kemandirian di bidang ekonomi biar pengangguran di Indonesia semakin menurun.

Mahasiswa yaitu salah satu tonggak yang merupakan generasi penerus yang menentukan arah atau nasib Indonesia kelak. Seorang sarjana atau mahasiswa yang notabene sekolah tinggi haruslah bisa sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan bisa membuka perjuangan sendiri. bahkan, harus bisa pula membuka peluang kerja bagi yang lain. biar membantu perekonomian masyarakat lainnya.

Untuk itulah mahasiswa tidak hanya disiapkan dalam bidang akademik saja, tapi juga praktek berwirausaha. Dan dalam kewirausahaan dibahas mengenai beberapa faktor yang dibutuhkan dalam persiapan berwirausaha atau bussiness plan.

Ada beberapa bidang perjuangan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yang notabene masih menjalani perkuliahan dan mempunyai modal yang minimal. Bisnis-bisnis tersebut ialah bisnis online, bisnis menulis, bisnis membuka kursus, dan membuka peminjaman buku di rumah.

DAFTAR PUSTAKA
Yunus dan Wahyudin Nawawi. 2013. Enterpreneurship; Ditinjau dari Pperspektif Empiris, Keilmuan, dan Agama. Majalengka: Unit Penerbitan Universitas Majalengka
Stevenio, Andy. 2007. Peluang Bisnis Tanpa Modal untuk Anak Muda. Jakarta : Hi-Fest Publishing
Priyatno, Duwi. 2009. Panduan Praktis Bisnis Online. Yogyakarta : MediaKom
Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Kewirausahaan, Kiprah Makalah Perihal Kewirausahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel