iklan

Definisi Dan Pengertian Sabjek, Predikat Dan Objek




Definisi Sabjek,Predikat dan Objek
 1.Subjek atau subyek ialah bab klausa yang menandai apa yang dibicarakan oleh pembicara. Bagian klausa yang lain selain subjek ialah predikat. Subjek tidak selalu sama dengan pelaku atau aktor, terutama dalam kalimat pasif. Contoh: "Kamu ditangkap polisi" dan "polisi menangkap kamu" mempunyai pelaku/aktor yang sama, yaitu "polisi" sedangkan subjeknya berbeda: "kamu" dan "polisi".
Definisi sabjek adalah
·         pokok pembicaraan; pokok bahasan;
·         Ling bab klausa yg menandai apa yg dikatakan oleh pembicara; pokok kalimat;
·          pelaku: dl pengkajian itu insan sanggup berperan sbg -- di samping sbg objek pengkajian;
·         Mata pelajaran: bahasa Indonesia merupakan -- pokok di sekolah;
·         Orang, tempat, atau benda yg diamati dl rangka pembuntutan sbg sasaran;
2.Pengertian predikat adalah
  Predikat ialah bab kalimat yang menandai apa yang dikatakan oleh pembicara ihwal subjek. Pada beberapa bahasa, contohnya bahasa-bahasa dalam rumpun bahasa Indo-Eropa, predikat harus mengandung unsur verba. Predikat sanggup diikuti antara lain oleh objek dan adverbia. Kata predikat berasal dari bahasa Latin praedicatum yang artinya ialah "apa yang dibicarakan".
Definisi predikat ialah
seperti halnya dengan subjek, predikat kalimat kebanyakan muncul secara eksplisit. Keberadaan predikat dalam kalimat berfungsi: 
  1. Membentuk kalimat dasar, kalimat tunggal, kalimat luas, kalimat majemuk.
  2. Menjadi unsur penjelas, yaitu memperjelas pikiran atau gagasan yang diungkapkan dan memilih kejelasan makna kalimat.
  3. Menegaskan makna.
  4. Membentuk kesatuan pikiran.
  5. Sebagai sebutan. 
3.Pengertaian  objek
Objek ialah sebuah konsep, abstraksi atau sesuatu yang diberi batasan terang dan dimaksudkan untuk sebuah aplikasi. Sebuah objek ialah sesuatu yang mempunyai keadaan, prilaku, dan identitas. Keadaan dari objek ialah satu dari kondisi yang memungkinkan dimana objek sanggup muncul, dan sanggup secara normal berubah menurut waktu. Keadaan dari objek diimplimentasikan dengan kelompok propertinya (disebut atribut), berisi dari nilai property tersebut, ditambah ketehubungan objek yang mungkin dengan objek lainnya. Perilaku memilih bagaimana sebuah objek beraksi dan bereaksi terhadap ajakan dari objek lainnya. Dipresentasikan dengan kelompok pesan yang direspons oleh objek (operasi yang dilakukan oleh objek).

Definisi objek adalah
1 hal, perkara, atau orang yg menjadi pokok pembicaraan; 2 Kim benda, hal, dsb yg dijadikan target untuk diteliti, diperhatikan, dsb: -- penelitian ini ialah tata kehidupan suku terasing di Riau; 3 Ling nomina yg melengkapi verba transitif dl klausa, msl teh manis dl kalimat Kiki minum teh manis; 4 hal atau benda yg menjadi target perjuangan sambilan: berdagang kain menjadi salah satu -- orang- orang di kota itu; 5 Fis titik atau himpunan yg bertindak sbg sumber cahaya bagi suatu lensa, cermin, atau bagi suatu sistem lensa;

3.Pengertian  keterangan adalah
 Kata keterangan (Adverbia) ialah kata yang member keterangan padda kata sifat, kata kerja, kata benda atau pada kalimat.
Kata keterangan ada yang berupa:
a. Kata dasar, contoh: mungkin, sudah.
b. Kata berimbuhan, contoh: seharusnya, sebenarnya.
c. Kata ulang, contoh: benar-benar, mati-matian, buru-buru.
Definisi  keterangan adalah
v  uraian dsb untuk mengambarkan sesuatu; penjelasan: sebelum bazar dibuka, ketua panitia memperlihatkan tt tujuan diadakannya pameran;
v  sesuatu yg menjadi petunjuk, spt bukti, tanda; segala sesuatu yg sudah diketahui atau yg mengakibatkan tahu; segala alasan: saksi diminta memperlihatkan yg sejujur-jujurnya;
v  Ling kata atau kelompok kata yg mengambarkan (menentukan) kata atau bab kalimat yg lain: tempat, waktu;


Sumber http://lussychandra.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Sabjek, Predikat Dan Objek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel