iklan

√ Cara Mengasah Pisau Dapur Dengan Kerikil Dan Alat Asah Manual

Pisau dapur merupakan salah satu alat dapur yang paling penting. Tanpa pisau, kita tentu tidak akan sanggup memasak ragam hidangan favorit yang biasa kita makan. Tanpa pisau, kita juga akan kesulitan dalam mengolah aneka macam macam materi makanan.


Pisau sendiri mempunyai banyak jenis, mulai dari pisau dapur biasa, pisau untuk mengiris daging, pisau untuk memisahkan daging dari tulang, pisau khusus untuk memotong sayur mayor atau vegetable cleaver, hingga pisau untuk memotong masakan ringan cantik dan roti.


Apapun jenis pisaunya, tentu butuh perawatan yang rutin semoga pisau tersebut tidak kehilangan fungsinya yakni untuk memotong. Salah satu bentuk untuk merawat pisau dapur yakni dengan cara mengasah pisau semoga tetap tajam dan nyaman ketika dipakai untuk memotong.


Mengasah pisau ternyata punya cara tersendiri, lho, yakni dengan memakai cara tradisional dengan kerikil asah dan alat untuk mengasah pisau modern yang bersifat manual. Alat ini telah banyak di jual di pasaran.


Nah, kali ini, Bacaterus akan membagi isu perihal cara mengasah pisau dengan memakai kerikil asah dan alat pengasah manual semoga menjadi lebih tajam dan mempermudah proses memotong materi makanan. Mari simak eksklusif saja pembahasannya di bawah ini, ya.


Cara Mengasah Pisau dengan Batu


Pisau dapur merupakan salah satu alat dapur yang paling penting √ Cara Mengasah Pisau Dapur dengan Batu dan Alat Asah Manual

* sumber: www.seriouseats.com


1. Siapkan Pisau dan Batu Asah


Pertama, kau harus menyiapkan pisau yang akan kau asah, beserta alat untuk mengasahnya yakni kerikil khusus untuk mengasah pisau. Batu tersebut harus mempunyai dua sisi yang berbeda. Sisi satunya kasar, dan yang satunya lagi halus atau tak terlalu kasar.


Jika pisaumu tidak terlalu tumpul, gunakan sisi halus pada kerikil asah. Jika pisaunya sangat tumpul, kau sanggup gunakan sisi kerikil lainnya yang bertekstur kasar.


2. Tempatkan Batu Asah di Atas Meja


Pertama, tempatkan kerikil asah di atas meja atau talenan dengan posisi permukaan kerikil yang bernafsu (jika pisaumu tumpul) dan tempatkan handuk atau lap lembap supaya batunya tidak bergeser.


3. Mulai Asah Pisau


Genggam pisau dengan salah satu dari kedua tanganmu, dan gunakan tangan lainnya untuk memegang ujung dari pisau. Pastikan ujung pisau tak melekat pada kerikil asahan dan berada di tepi batunya dan pastikan juga pisau berada pada sudut 20-22 derajat dari batu. Oh, ya kerikil asahan juga terkadang perlu diberi air. Perhatikan aba-aba kerikil asah semoga kau sanggup mengetahui kapan kerikil harus diberi air, ya.


Pisau dan arah goresannya harus berada di arah yang berlawanan dengan badan kamu. Mulailah mengasah pisau dari satu ujung kerikil ke ujung lainnya dengan cara melengkung, semoga seluruh kepingan pinggir dari pisau terasah. Kamu harus terus mengulangi prosesnya hingga kepingan sisi yang berlawanan dari pisau menjelma kasar.


Goreslah pisau maksimal sebanyak dua belas kali hingga sisi yang kasarnya terlihat. Kamu sanggup memastikan bahwa kepingan pinggir dari pisau sudah bernafsu atau belum, dengan cara menyentuhnya memakai tanganmu. Tapi ingat, kau harus tetap hati-hati ketika menyentuhnya. Lanjutkan mengasah sisi lain dari pinggiran pisau semoga menjadi bernafsu juga.


Jika sudah selesai, kau sanggup memulai untuk mengasah pisau dengan permukaan kerikil yang halus semoga pinggiran pisau yang bernafsu sehabis diasah tadi menghilang dan pisau akan menjadi lebih tajam dari sebelumnya.


Nah, kini kau sanggup mencoba menguji ketajaman pisau kau yang gres diasah dengan menggunakannya untuk memotong sayuran, buah-buahan atau daging bahkan selembar kertas. Namun sebelumnya, cucilah pisau terlebih dahulu hingga bersih.


Cara Mengasah Pisau dengan Alat Pengasah Manual 


Pisau dapur merupakan salah satu alat dapur yang paling penting √ Cara Mengasah Pisau Dapur dengan Batu dan Alat Asah Manual

* sumber: thewirecutter.com


1. Siapkan Alat Pengasah Beserta Pisau


Sebelum mulai mengasah, kau perlu mempersiapkan alat pengasah manual untuk mengasah pisau. Alat pengasah yang kau gunakan boleh yang mempunyai dua atau satu slot untuk mengasah. Jangan lupa siapkan juga pisau yang ingin kau asah dengan alat pengasah ini, ya.


2. Letakkan Pisau di Atas Alat


Pertama, letakkanlah pisau yang akan kau asah dengan kepingan pinggir pisau yang tajam berada di kepingan bawah. Taruh pisau di slot yang paling bernafsu dari kedua slot yang ada pada alat pengasah pisau manual. Pastikan posisi pisau tegak lurus menyerupai ketika kau ingin memotong sesuatu dengan memakai pisau tersebut.


3. Tarik Pisau


Proses selanjutnya, kau harus menarik pisau dari alat, kemudian taruh kembali pisau ke slot paling bernafsu dari alat tadi dengan gerakan horizontal. Tekan hingga pisau menyentuh kepingan bawah hingga ke kepingan atas slotnya. Ulangi proses yang sama dengan cara sedikit menekan pisau hingga menyentuh dasar dari slot kemudian tarik ke atas. Lakukan gerakan ini sebanyak dua hingga tiga kali saja, ya.


4. Gunakan Slot yang Lainnya


Nah, kalau proses pengasahan pisau dengan memakai slot yang pertama sudah selesai, kau sanggup memakai slot kedua yang terdapat pada alat pengasah pisau manual. Ulangi proses menekan pisau hingga ke dasar slot kemudian tarik kembali ke atas, sama menyerupai yang kau lakukan ketika mengasah dengan slot pertama.


5. Cuci Pisau


Tahap terakhir, cucilah pisau yang telah diasah dengan memakai alat pengasah manual tadi. Tunggu hingga kering, atau gunakan lap untuk mengeringkan pisau yang telah dicuci dan pisau sudah sanggup kau gunakan kembali.


Tips Lainnya


Pisau dapur merupakan salah satu alat dapur yang paling penting √ Cara Mengasah Pisau Dapur dengan Batu dan Alat Asah Manual

* sumber: www.sfcooking.com


Menurut thespruceeats, ada beberapa tips yang sanggup dipakai untuk menajamkan pisau di antaranya yakni hindari mengasah pisau berbahan keramik sebab pisau tersebut gampang patah dan rapuh. Kemudian, janganlah percaya dengan mitos bahwa pisau tidak perlu diasah.


Pisau harus tetap diasah sebab kalau tidak, gesekan yang ditimbulkan dari penggunaan pisau secara terus-menerus akan menciptakan pinggiran yang tajam pada pisau menjadi tumpul.


Tips lainnya adalah, gunakan arah yang sama ketika mengasah pisau dan tidak perlu segan untuk mengeluarkan uang semoga sanggup membeli alat pengasah pisau profesional sebagai pengganti dari kerikil asah. Terakhir, rawat dan jagalah pisau dengan baik, taruhlah pisau di dalam laci atau gunakan epilog pada kepingan pinggiran pisau yang tajam untuk menjaganya semoga tetap awet.


Nah, itu ia kedelapan cara mengasah pisau dengan memakai kerikil asah maupun alat asah pisau manual dan juga tips seputar pisau lainnya. Cara dan tips di atas sanggup eksklusif kau terapkan sendiri di rumah.


Oh ya, kau sanggup mendapat alat asah manual maupun kerikil asah dengan mudah. Alat pengasah pisau manual sudah dijual di banyak toko online di Indonesia dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Cukup klik di sini dan beli eksklusif alat asah pisaunya di Bukalapak.


Alat pengasah pisau manual sanggup kau gunakan sebagai alternatif dari kerikil asah kalau kau menginginkan alat yang lebih mudah dan modern. Nah, kalau menurutmu, lebih lezat memakai kerikil asah, atau alat asah manual? Sampaikan pendapat kau di kolom komentar, ya.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Cara Mengasah Pisau Dapur Dengan Kerikil Dan Alat Asah Manual"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel