iklan

6 Langkah Jitu Bisnis Ternak Belibis Secara Intensif

Sebagaimana Anda ketahui, angsa ialah binatang yang sangat gampang untuk diternakkan dan gampang dipelihara. Banyak sekali hasil panen yang sanggup Anda ambil dari hasil melaksanakan bisnis ternak bebek. Ada telur dan daging yang sanggup Anda jual untuk dikonsumsi dan ada juga kotorannya yang sanggup dipakai sebagai pupuk untuk penyubur tanaman.


 angsa ialah binatang yang sangat gampang untuk diternakkan dan gampang dipelihara 6 Langkah Jitu Bisnis Ternak Bebek Secara Intensif
Peberian pakan pada ternak bebek

Penggemar masakan daging angsa dan telur angsa dari hari kehari semakin meningkat. Rasa dagingnya yang yummy dan rasa telur asin angsa yang gurih mengakibatkan kedua hasil dari angsa ini menjadi incaran penggila masakan bebek. Dengan kebutuhan daging angsa dan telur angsa yang terus meningkat maka ini ialah kesempatan bagi Anda untuk menjalankan bisnis ternak angsa yang masih sangat potensial untuk mendatangkan keuntungan.


Pada umumnya bisnis ternak angsa ditujukan untuk angsa petelur. Namun, Anda juga sanggup memakai angsa petelur untuk diambil dagingnya. Daging tersebut sanggup diambil pada angsa jantan dan betina yang telah melewati masa produktifnya dalam menghasilkan telur. Ingin lebih dalam untuk mengetahui wacana seluk beluk angsa petelur? Baca analisisnya di sini.


Anda juga sanggup memulai bisnis ternak angsa ini dengan mengambil potongan pembibitan angsa sebagai fokus usaha.


Sebelum Anda melangkah untuk memulai bisnis ternak bebek, hendaknya Anda harus menyiapkan diri dengan pemahaman wacana cara perkandangan yang benar, pemilihan bibit unggul, pemilihan pakan ternak yang baik serta cara pengolahan dan pemasaran hasil panen beternak bebek. Misal, bagaimana sih cara melaksanakan pemeliharaan terhadap anak bebek, pemeliharaan angsa dara dan pemeliharaan angsa dewasa. Semua itu membutuhkan langkah – langkah yang berbeda biar Anda sanggup menghasilkan panen angsa yang maksimal.


Untuk masa produksi telur yang ideal ialah selama satu tahun. Untuk angsa lokal rata – rata sanggup menghasilkan telur berkisar 200 – 300 butir telur pertahunnya dengan berat telur rata – rata 70 gram. Jika Anda memakai angsa Alabio maka produktivitasnya akan lebih tinggi yaitu diatas 250 butir telur pertahunnya dengan masa produksi mencapai 68 minggu.


Bisnis ternak angsa di Indonesia telah usang dikenal oleh masyarakat. Agar perjuangan Anda sanggup memperlihatkan laba yang optimal, maka bagi peternak diharapkan perhatian khusus tentang  beberapa hal yang menyangkut administrasi pemeliharaan ternak, antara lain:


Seleksi Bibit


Bibit angsa di Indonesia dibagi dalam dua kelompok yaitu angsa lokal dan angsa persilangan. Untuk angsa lokal Anda sanggup memakai jenis:



  • Bebek Tegal. Bebek ini memiliki ciri warna bulunya putih polos hingga coklat kehitaman. Mempunyai warna paruh dan kaki kuning atau hitam.

  • Bebek Mojosari. Jenis angsa ini memiliki warna bulu coklat muda hingga coklat tua. Dengan warna paruh hitam dan warna kaki hitam.

  • Bebek Alabio. Ciri angsa ini ialah memiliki tubuh yang lebih besar kalau dibandingkan dengan angsa tegal.

  • Bebek Asahan.


 angsa ialah binatang yang sangat gampang untuk diternakkan dan gampang dipelihara 6 Langkah Jitu Bisnis Ternak Bebek Secara Intensif
Bibit unggul bisnis ternak bebek

Untuk bibit angsa lainnya, Anda juga sanggup menentukan bisnis ternak angsa peking. Bebek peking ialah jenis angsa pedaging unggulan yang berasal dari China. Tertarik mendalami lebih dalam ternak angsa peking? Klik di sini untuk lebih jelasnya.


Jenis Pakan


Jenis pakan yang sanggup Anda pakai untuk memulai bisnis ternak angsa ialah jagung, dedak, padi, bungkil, kedelai dan bungkil kelapa. Pemberian pakan juga harus Anda perhatikan takarannya, sesuai dengan umur bebek.



  • Umur 1 – 2 ahad diberikan pakan 60gr/ekor/harinya.

  • Umur 3 – 4 ahad diberikan pakan 80gr/ekor/harinya.

  • Umur 5 – 9 minggi diberikan pakan 100gr/ekor/harinya.

  • Umur 10 ahad diberikan pakan 150 – 180gr/ekor/harinya.


Perkandangan


Adapun pembuatan sangkar angsa hendaknya memperhatikan beberapa faktor, antara lain:



  • Tempatkan sangkar bisnis ternak angsa Anda jauh dari keramaian.

  • Letak sangkar harus akrab dengan sumber air.

  • Kandang tidak terlalu akrab dengan pemukiman warga.

  • Usahakan letak sangkar gampang untuk dilakukan pengawasan.


Untuk materi pembuatan sangkar bisnis ternak bebek, Anda sanggup memakai jenis materi yaitu kayu atau bambu untuk rangka kandangnya. Sedangkan untuk atapnya Anda sanggup memakai genteng dan untuk lantai sangkar sanggup memakai pasir atau kapur.


Perhatikan juga daya tampung dalam pembuatan sangkar ternak bebek. Berikut referensi ukuran sangkar dengan daya tampung 100 ekor bebek.



  • Umur 1 hari – 2 ahad ukuran 1 – 2 m

  • Umur 1 – 2 ahad ukuran 2 – 4 m

  • Umur 2 – 4 ahad ukuran 4 – 6 m

  • Umur 4 – 6 ahad ukuran 6 – 8 m

  • Umur 6 – 8 ahad ukuran 8 – 10 m

  • Bebek dara dengan umur 6 bulan 10 ekor/m


Pemeliharaan


Pemeliharaan dalam bisnis ternak angsa sanggup Anda lakukan dengan beberapa cara. Adapun beberapa metode pemeliharaanya ialah sebagai berikut:



  • Cara intensif, yaitu cara pemeliharaan dengan terus menerus mengandangkan angsa menyerupai memelihara ayam ras.

  • Cara ekstensif, yaitu cara pemeliharaan dengan menggembala atau memindah – mindahkan dari satu daerah ke daerah lainnya.

  • Cara semi intensif, yaitu cara pemeliharaan dengan dikandangkan dengan memakai halaman sangkar yang luas dan diberi pagar sebagai pembatasnya.


Gunakanlah perbandingan jantan dan betina 1:10 dan pilihlah ternak itik yang memiliki produktifitas tinggi.


Penanggulangan Penyakit


Berikut beberapa penyakit yang sering menyerang bisnis ternak angsa Anda.



  • Penyakit berak kapur. Penyebab penyakit ini ialah basil Salmonella Pullorum. Tanda dari serangan penyakit ini ialah kotoran angsa berwarna putih dan lengket menyerupai pasta. Untuk pencegahannya, Anda sanggup secara rutin membersihkan sangkar dan memperhatikan kebersihan dalam santunan makanan dan minuman. Jika sudah ada ternak yang terinfeksi segera dipisahkan dari kelompoknya.

  • Penyakit cacing. Penyebab penyakit ini ialah dari beberapa jenis cacing. Tanda dari serangan penyakit cacing pada ternak angsa Anda ialah nafsu makan yang berkurang, kadang disertai dengan mencret, bulu menjadi kusam, kurus dan produksi telur menurun. Untuk pencegahannya sanggup dilakukan dengan rajin membersihkan kandang, kondisi sangkar selalu kering dan tidak lembab, makan dan minum yang diberikan harus diperhatikan kebersihannya. Perhatikan pula sanitasi pada kandang.

  • Penyakit lumpuh. Penyebab penyakit ini ialah angsa kekurangan dari vitamin B. Tanda penyakit lumpuh ialah potongan persendian pada kaki bengkak, jalannya pincang dan lumpuh. Bebek kelihatan mengantuk dan sering mengeluarkan air mata secara berlebihan. Untuk mencegah serangan penyakit lumpuh Anda sanggup memperlihatkan sayuran hijau segar setiap hari.


Pasca Panen


Setelah Anda memanen hasil dari bisnis ternak bebek, maka langkah selanjutnya ialah pasca panen. Adapun beberapa referensi pasca panen ialah sebagai berikut:



  • Telur itik sanggup Anda olah menjadi telur asin, telur pindang dan hasil olahan lainnya.

  • Bebek sanggup diolah menjadi angsa goreng dan angsa panggang. 

  • Bulu angsa sanggup dijadikan kerajinan tangan.

  • Tinja atau kotoran angsa sanggup Anda jadikan pupuk organik.


 angsa ialah binatang yang sangat gampang untuk diternakkan dan gampang dipelihara 6 Langkah Jitu Bisnis Ternak Bebek Secara Intensif
Panen telur pada bisnis ternak bebek

Demikian artikel bisnis ternak angsa ini, kalau Anda ingin mengetahui wacana ternak angsa pedaging lebih lanjut maka silahkan klik di sini untuk artikel lengkapnya. Selamat mencoba dan salam sukses. 


Sumber gambar: ruangbudidaya, teknologinewsviva, olx, sipendik




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Langkah Jitu Bisnis Ternak Belibis Secara Intensif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel