iklan

5 Cara Sempurna Dan Kondusif Dalam Mengolah Ikan Beku

Ikan beku – Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan pastilah tidak terlepas dari materi makanan yang dibekukan. Ditambah lagi dengan gaya hidup masyarakat kota atau masyarakat urban yang lebih banyak menghabiskan waktunya berbelanja di supermarket ketimbang berbelanja ke pasar – pasar tradisional. Terlebih Anda yang masih hidup sendiri pastilah materi – materi makanan beku di rumah dirasa lebih mudah dan lebih menghemat waktu dalam penyajian. 


Salah satu jenis makanan yang sering Anda jumpai dalam bentuk beku ialah ikan. Lalu bagaimana cara mengolah ikan beku semoga tetap segar sesudah di olah? Anda tidak perlu risau, kalau ikan dibekukan dengan memakai teknik yang sempurna maka ikan akan mempunyai ketahanan yang usang kalau dimasukkan ke dalam freezer. Kesegaran, rasa dan teksturnya tidaklah jauh berbeda dengan ketika pertama kali Anda membeli ikan segar. Ikan beku sanggup Anda masak tanpa terlebih dahulu dicairkan. Ada beberapa teknik atau cara yang perlu Anda pahami sebelum menggoreng atau memanggang ikan .


Adapun teknik yang sanggup Anda gunakan ialah sebagai berikut:


Pindahkan Ikan Beku Dari Freezer Ke Chiller


Simpanlah ikan beku ke dalam chiller atau ke bab bawah freezer selama semalam kalau Anda ingin mengolah ikan keesokan harinya. Dengan Anda menyimpan ikan beku pada chiller maka ikan akan mencair secara perlahan – lahan dan ikan akan tetap terjaga dalam suhu yang stabil sehingga rasa dan tekstur ikan akan terjaga dengan baik.


Mencairkan Dengan Menggunakan Air Mengalir


Untuk mencairkan ikan beku Anda sanggup mengaliri ikan di bawah air masbodoh yang mengalir. Usahakan pemikiran air stabil dan tidak terlalu deras. Hal ini akan menciptakan ikan beku cepat mencair. Untuk mengetahui apakah ikan sudah mencair maka Anda sanggup menekan – nekan badan ikan dengan jari. Pastikan bab dalam ikan juga sudah mencair sepenuhnya.


 Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan pastilah tidak terlepas dari materi makanan yang 5 Cara Tepat Dan Aman Dalam Mengolah Ikan Beku
Menggunakan air mengalir

Alternatif lainnya ialah Anda sanggup memasukkan ikan ke dalam kantong plastik rapat. Lalu letakkanlah ikan ke dalam panci air masbodoh dan biarkan ikan tetap dalam kondisi terendam di dalam air masbodoh selama satu jam. Usahakan untuk menghindari penggunaan air panas dalam mencairan ikan beku. Memang penggunaan air panas sanggup mencairkan dengan cepat akan tetapi proses mencair tidak akan merata dan akan merusak bab luar ikan. Bagian luar ikan yang tersiram air panas akan sangat gampang tercemar basil sebelum bab di dalam ikan telah selesai mencair.


Menggunakan Microwafe


Menggunakan microwafe sebagai alat untuk membantu mencairkan ikan beku sangat dianjurkan kalau sesudah mencairkan Anda segera mengolah ikan tersebut. Anda perlu memperhatikan dan sering mengecek ketika mencairkan ikan beku di dalam microwafe. Hal ini dilakukan semoga tekstur ikan dan rasa ikan tidak berubah. Jika disaat melaksanakan pengecekan tekstur ikan sudah terasa lunak namun masih dalam kondisi masbodoh maka pencairan harus segera Anda hentikan.


 Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan pastilah tidak terlepas dari materi makanan yang 5 Cara Tepat Dan Aman Dalam Mengolah Ikan Beku
Mencairkan ikan dalam microwafe

Mengukus Ikan 


Jika Anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mencairkan ikan beku dengan metode – metode sebelumnya maka Anda sanggup melaksanakan dengan mengukus ikan tersebut. Kukus ikan dengan menambahkan 5 cm air kaldu dan kukus ikan secara perlahan – lahan. Keuntungan dari metode kukus ini ialah daging dan rasa ikan tidak akan mengalami perubahan yang signifikan. Ikan akan menjadi enak dan sehat dengan kualitas daging ikan yang lembut.


Memanggang Ikan


Ikan beku sanggup diolah pribadi dengan cara dipanggang. Dimana sebelum dipanggang Anda sudah mengolesi ikan dengan minyak zaitun dan kemudian diletakkan pada pemanggang dengan permukaan yang datar. Pangganglah ikan hingga kondisi dagingnya gampang lepas dan warna tidak lagi keruh. Anda sanggup memakai alumunium foil dengan sebelumnya mengoleskan minyak dan ditambahi bumbu – bumbu kesukaan Anda untuk menambah cita rasa dari ikan beku. Bungkuslah ikan dengan memakai alumunium foil dan panggang ikan memakai pemanggang datar yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Ikan matang ditandai dengan adanya asap yang keluar dari dalam bungkusan alumunium foil. Soal rasa jangan diragukan lagi terlebih Anda sudah menambahkan bumbu diam-diam favorit Anda.  


Yang perlu Anda ingat, hindari melaksanakan untuk menyimpan kembali ikan ke dalam freezer sesudah di cairkan. Karena selain tekstur dagingnya yang telah rusak, hal ini juga dari segi keamanan pangan sangat berbahaya. Alasannya alasannya ialah mikroorganisme dan basil telah berkembang biak pesat pada ikan yang telah dicairkan dan besar kemungkinannya sanggup terjadi keracunan makanan atau alergi bagi yang menyantap hasil olahannya.


Tips terakhir cara mencairkan ikan beku ialah jangan mencoba untuk menekuk ikan pada ketika proses pencairan, alasannya ialah hal itu sanggup menyebabkan ikan gampang terputus dan tidak utuh. Kesalahan kecil saja dalam mengolah ikan beku sanggup menghipnotis kualitas dari ikan yang Anda beli.  


Demikian ragam banyak sekali cara yang sanggup kami berikan dalam mengolah ikan beku. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika Anda sedang mencari alternatif peluang perjuangan olahan ikan laut, Anda sanggup membacanya pada artikel kami berikut ini, klik di sini.


Kisah sukses yang sanggup memperlihatkan ilham ihwal seorang pengusaha yang berhasil terjun dalam bisnis olahan dari ikan sanggup Anda baca di sini


sumber gambar: novagrid, wikihow


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Sempurna Dan Kondusif Dalam Mengolah Ikan Beku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel