iklan

Tips Budidaya Arwana Di Dalam Aquarium Bagi Pemula

Ikan arwana yaitu salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Ikan ini berasal dari Asia Tenggara. Arwana banyak terdapat di Indonesia dan memiliki banyak penggemar. Saking digemarinya, ikan hias air tawar ini memiliki harga jual yang terbilang cukup tinggi. Harga jual ikan arwana dengan kualitas terbaik bisa menyentuh harga 6 – 10 juta rupiah per ekornya. Maka kalau Anda ingin mencoba bisnis ikan hias, budidaya arwana yaitu salah satu bisnis yang bisa Anda coba. Tips membangun bisnis perjuangan ikan hias sanggup Anda baca di sini. Klik di sini


Ikan arwana yaitu salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar Tips Budidaya Arwana Di Dalam Aquarium Bagi Pemula
Benih ikan arwana-infoikan

Apa saja yang diperlukan dalam memulai bisnis budidaya arwana? Berikut langkahnya:


Mempersiapkan Media Budidaya


Langkah pertama yang harus Anda lakukan di dalam budidaya arwana yaitu menyiapkan aquarium sebagai media budidaya. Siapkan juga aneka kelengkapan penunjang bisnis budidaya ikan hias air tawar ini. Untuk langkah awal, Anda bisa menyiapkan 5 buah akuarium dan aneka perlengkapan menyerupai alat untuk mengukur suhu, heater, aerator, filter air dan lampu penerang.


Memilih Jenis Ikan Arwana


Setelah itu, langkah selanjutnya dalam budidaya arwana yaitu menentukan jenis ikan arwana yang akan Anda budidayakan. Untuk jenis ikan arwana yang ada di Indonesia sangatlah beragam. Akan tetapi kalau Anda ingin mendapat laba yang besar, maka Anda bisa menentukan jenis arwana super red untuk dibudidayakan.


Ikan hias jenis arwana super red memiliki harga jual yang tinggi. Untuk ikan remaja super red bisa dihargai 6 juta rupiah. Sedangkan untuk benihnya saja bisa mencapai harga 1 juta rupiah. Peminat dari jenis arwana super red ini terbilang cukup banyak, sehingga Anda tidak akan susah untuk memasarkan hasil budidaya arwana yang sedang Anda lakukan. Akan tetapi kalau Anda tidak bisa untuk membeli bibit arwana super red maka Ada bisa mencoba membudidayakan jenis ikan arwana lainnya.


Mempersiapkan Indukan Arwana


Kualitas indukan arwana yang Anda gunakan sangatlah besar lengan berkuasa terhadap hasil panen atau laba yang akan diperoleh pada budidaya arwana Anda. Apabila Anda memakai indukan arwana dari jenis yang unggul, maka ada kemungkinan budidaya arwana Anda menghasilkan laba yang besar dan begitu pula sebaliknya. Sehingga kami sarankan bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis budidaya arwana ini untuk menentukan indukan dengan kualitas yang terbaik untuk Anda kembang biakkan.


Ciri ikan arwana yang siap untuk Anda gunakan sebagai indukan yaitu ikan yang telah mencapai usia 5 tahun atau lebih. Pisahkan ikan arwana yang akan Anda gunakan sebagai indukan dari ikan lainnya. Hal ini dilakukan alasannya arwana yang siap Anda jadikan indukan tersebut akan diberikan perlakukan khusus. Misalnya perlakukan khusus dalam proteksi pakan.


Untuk membedakan ikan arwana jantan dan ikan arwana betina, Anda bisa melihat bentuk tubuhnya serta bentuk kepalanya. Apabila bentuk kepala dan tubuhnya kecil maka bisa dipastikan bahwa ikan tersebut yaitu ikan arwana betina.


Memilih Waktu Yang Pas Untuk Budidaya Arwana


Setelah Anda memisahkan calon indukan maka langkah yang harus Anda pahami selanjutnya yaitu memperhatikan ikan mana yang telah menemukan pasangannya. Perhatikan secara secama sikap ikan arwana yang ada di dalam aquarium. Apabila terdapat dua ikan yang berlainan ( jantan dan betina ) dan sering berenang bersama maka sanggup dipastikan kalau ikan tersebut telah menemukan pasangannya.


Apabila Anda telah mendapat gelagat ikan arwana menyerupai keterangan di atas, maka segera pindahkan ikan arwana ke dalam aquarium khusus untuk perkembangbiakan. Buatlah aquarium untuk perkembangbiakan ini senyaman mungkin untuk ikan arwana.


Membesarkan Benih Ikan Arwana


Langkah selanjutnya dalam budidaya arwana yaitu membesarkan benih ikan arwana. Benih pada ikan arwana biasanya memiliki ukuran sekitar 1 cm. Untuk membantu perkembangan benih semoga tumbuh dengan maksimal, maka Anda sanggup menunjukkan pakan berupa cacing pita. Setelah benih telah mencapai ukuran kurang lebih 12 cm, maka benih – benih ikan arwana tersebut sudah sanggup Anda pisahkan dengan idukan ikan. Hal ini harus Anda lakukan supaya benih ikan arwana tidak dimakan oleh induknya sendiri di ketika sang induk lapar.


Memelihara Benih Ikan Arwana


Setelah Anda memisahkan benih ikan dari sang induk, maka saatnya Anda memelihara benih ikan dan mengembangbiakkannya sampai mencapai ukuran kurang lebih 24 – 45 cm. Agar ikan arwana menghasilkan warna yang alami dengan baik maka lakukan penjemuran ikan di waktu pagi hari. Sinar matahari pagi bisa membentuk warna alami pada ikan arwana.


Ikan arwana yaitu salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar Tips Budidaya Arwana Di Dalam Aquarium Bagi Pemula
Ikan hias arwana super red-lisaid

Memanen Ikan Arwana


Setelah proses budidaya arwana telah Anda jalankan dengan baik dan benar serta warna ikan yang dihasilkan terlibat baik dan manis maka tentunya ikan arwana sudah siap untuk Anda panen. Untuk menjual hasil panen budidaya arwana Anda, maka carilah warta wacana penyalur atau penyuplai ikan arwana di kota Anda atau di kota – kota sekitar daerah Anda tinggal. Hal ini akan mempermudah Anda dalam memasarkan ikan arwana hias dari hasil panen budidaya arwana Anda. Selain ikan arwana, berikut 5 jenis ikan hias lainnya yang cocok untuk dibisniskan. Klik di sini





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Budidaya Arwana Di Dalam Aquarium Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel