iklan

Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Luar Maupun Dalam

Tanaman binahong bergotong-royong sudah ditemukan semenjak dulu, namun penelitian mengenai manfaat daun binahong ditemukan baru-baru ini. Binahong dimanfaatkan untuk obat luar maupun obat dalam. Anredera cordifolia merupakan tanaman obat potensial mengatasi banyak sekali penyakit. Tanaman ini berasal dari Cina.


Di Indonesia binahong belum banyak dikenal. Pohon binahong tumbuh menjalar dan panjangnya mencapai 5 meter. Batangnya lunak berbentuk silindris. Daunnya tunggal dan mempunyai tangkai pendek, bersusun selang seling dan berbetuk jantung. Daun mempunyai panjang antara 5 – 10 cm dan lebar 3 – 7 cm. Seluruh bab dari tanaman binahong ini sanggup dimanfaatkan.


Manfaat daun binahong sanggup dilihat dari kandungan kimia yang terdapat di dalamnya. Berdasarkan sebuah penelitian, binahong mengandung senyawa aktif flavonoid, terpenoid, dan saponin. Flavonoid ini berperan sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi mikroorganisme berupa basil dan virus. Alkaloid mempunyai acara hipoglikemik. Senyawa terpenoid membantu badan untuk memulihkan sel-sel. Ancordin


Manfaat daun binahong sebagai obat luar


Daun binahong sanggup dimanfaatkan sebagai obat luar maupun obat dalam. Manfaat daun binahong sebagai obat luar ialah sebagai berikut.



  1. Menurunkan panas tinggi pada bayi

    Jika bayi Anda ada yang mengalami panas tinggi, turunkan panasnya dengan mengoleskan daun binahong yang telah ditumbuk halus ke seluruh tubuhnya.

  2. Mengobati memar

    Daun dan batang tanaman binahong ini sanggup dipakai untuk mengobati luka memar akhir pukulan, percikan api, rematik, pegel linu, dan nyeri urat. Caranya dengan menumbuk daun dan batang hingga halus lalu mengoleskannya pada bab yang sakit.

  3. Mengobati sakit gigi

    Umbi binahong atau akarnya, sanggup dipakai untuk mengobati sakit gigi, dengan cara menumbuk halus lalu diperas, ambil airnya dan teteskan pada gigi yang mengalami sakit.

  4. Mempercepat pemulihan kesehatan sehabis operasi

    Sebagai obat luar, Anda sanggup mengoleskan daun binahong pada bab badan akhir operasi. Misalnya akhir melahirkan dan khitan.


Manfaat daun binahong sebagai obat dalam


Setelah membahas manfaat daun binahong untuk obat luar, ada baiknya Anda juga mengetahui manfaat daun binahong sebagai obat dalam.



  1. Menyembuhkan luka bekas operasi, maag, dan tifus

    Untuk menambah stamina, Anda sanggup memakai umbi binahong secukupnya. Kemudian dicuci bersih, direbus, dan disaring airnya. Diminum 2 – 3 kali setiap hari.

  2. Mencegah dan mengatasi kanker

    Daun binahong sanggup dimanfaatkan untuk mengobati kanker. Caranya yaitu dengan mengambil 30 gram daun binahong kering, lalu merebusnya dalam 1 liter air. Didihkan hingga tersisa 600 ml air. Air rebusan tersebut diminum 3 kali sehari, dengan ukuran masing-masing sebanyak 200 ml.

  3. Menyembuhkan disentri dan mencegah stroke, asam urat, dan sakit pinggang

    Untuk penyembuhan disentri dan mencegah penyakit stroke, asam urat, dan sakit pinggang caranya ialah dengan menciptakan ramuan sebagai berikut. Mengambil umbi binahong sebanyak 3 potong, dicuci bersih, direbus dengan 5 gelas air, dan disaring. Hasilnya dimnum 2 – 3 sehari.

  4. Menjaga vitalitas tubuh

    Untuk menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh, gunakan ramuan berikut ini. Merebus umbi binahong dengan 5 gelas air. Kemudian disaring. Jika Anda akan meminumnya, tambahkan telur dan madu.


Manfaat daun binahong yang secara kasatmata telah terbukti di luar negeri belum dimanfaatkan sepenuhnya di Indonesia. Anda yang sudah mengetahui begitu besar manfaat daun binahong dan bab lainnya, mulailah menanam binahong di pekarangan rumah Anda. Gunakan binahong untuk pencegahan dan pengobatang sesuai dengan resep yang benar.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Luar Maupun Dalam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel