iklan

Pengertian Pengurus Koperasi Dan Fungsinya

Salah satu perangkat organisasi koperasi berdasarkan uu no 25 1992 yaitu Pengurus koperasi.Pengurus koperasi ini yaitu orang orang yang bertanggung jawap dalam pengelolaan koperasi.

Pengurus koperasi terdiridari Ketua dan wakil ketua.Sekertaris dan wakilnya serta bendahara koperasi dan wakilnya.Jumlahnya tidak harus 6 tergantung besar kecilnya koperasi yang di miliki.
Salah satu perangkat organisasi koperasi berdasarkan uu no  Pengertian Pengurus Koperasi dan Fungsinya
Pengertian pengurus koperasi 
Pengurus koperasi di dalam memjalankan acara operasional harian di bantu oleh pelaksana harian koperasi yang di pimpin oleh seorang manajer ataupun eksekutif koperasi.Dia membawahi beberapa kepala bab dan sejumlah besar karyawan.


Pengertian pengurus koperasi


Definisi pengurus koperasi yaitu orang yang bertanggung jawab dan memimpin organisasi koperasi serta bertindak atas nama koperasi dan mewakili koperasi dalam berafiliasi dengan pihak luar.Mereka juga berfungsi sebagai lokomotif aktivis koperasi.
Pengurus koperasi yaitu orang-orang yang bekerja di garis depan, mereka yaitu otak dari gerakan koperasi dan merupakan salah satu faktor yang memilih berhasil tidaknya suatu koperasi.
Tugas dan kewajiban pengurus koperasi yaitu memimpin organisasi dan perjuangan koperasi serta mewakilinya di muka dan di luar pengadilan sesuai dengan keputusan-keputusan rapat anggota.
 ( sumber catatan widiyarsih.staff.gunadarma.ac.id )

Fungsi pengurus koperasi

  • Pusat pengambil keputusan tertinggi. Artinya pengurus dalam acara sehari hari koperasi merupakan pengambil keputusan tertinggi sesudah RAT
  • Pemberi nasihat.Pengurus juga berfungsi memperlihatkan nasihat kepada eksekutif ataupun manajer koperasi dalam memilih kebijakan dan langkah koperasi.
  • Pengawas atau orang yang sanggup dipercaya.pengurus juga berfungsi mengawasi kinerja karyawan koperasi.
  • Penjaga berkesinambungannya organisasi.Yang paling penting pengurus yaitu orang yang menjaga dan memelihara keberlangsungan koperasi di dalam menjalankan usahanya biar tidak mengalami kebangkrutan.
  • Simbol.Pengurus juga sebagai simbol adanya suatu koperasi.
Baca juga perangkat organisasi koperasi
Saya rasa cukup sekian pembahasan aku perihal pengertian pengurus koperasi dan fungsi dari pengurus koperasi berdasarkan  Leon Garayon dan Paul O. Mohn dalam bukunya “The Board of Directions of Cooperatives” 

Sumber http://lesruangguru.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Pengurus Koperasi Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel