iklan

Tips Menciptakan Pakan Puyuh Sendiri Dengan Biaya Murah

Pakan puyuh – Burung puyuh ialah salah satu jenis unggas andalan yang sanggup menopang kebutuhan potein hewani masyarakat Indonesia. Pada umumnya telur puyuh dibudidayakan untuk diambil telurnya. Bisa dikatakan ketika ini aneka macam peternak puyuh bermunculan, hal ini dikarenakan produktivitas binatang ternak ini sangatlah tinggi, perawatannya mudah, kebutuhan pasar yang tinggi dan investasi awal dalam beternak puyuh relatif membutuhkan modal yang kecil. Berikut artikel lengkap cara beternak puyuh bagi pemula. Klik di sini


Dalam menghasilkan budidaya puyuh yang berkualitas sepatutnya Anda memperhatikan beberapa hal. Hal tersebut ialah penggunaan bibit puyuh, pakan dan administrasi ternak puyuh yang baik dan benar. Dalam aktivitas ternak puyuh, pakan puyuh ialah komponen terbesar dalam bisnis ini. Pakan puyuh sanggup menghabiskan 70% dari biaya produksi beternak puyuh Anda.


Pakan puyuh yang berkualitas sanggup meningkatkan produksi secara maksimal. Pakan dengan kandungan gizi yang komplit serta dibarengi dengan administrasi yang baik maka akan memunculkan potensi genetika yang terbaik dari bibit yang dipunyai oleh burung puyuh. Sehingga nantinya diperlukan sanggup berproduksi secara maksimal.


Memformulasi Pakan Puyuh Secara Mandiri


Penggunaan pakan puyuh sanggup Anda lakukan dengan dua cara. Yaitu dengan cara memakai pakan pabrikan atau pakan buatan sendiri. Jika Anda sering memakai pakan puyuh pabrikan, maka akan terjadi ketergantungan dari suplai pakan dan akan meningkatkan biaya produksi ternak puyuh Anda. Harga pakan pabrikan tidak pernah stabil di pasaran dan harganya cenderung naik.


Jika Anda ingin menghemat dalam penggunaan pakan puyuh pabrikan, maka Anda sanggup mencampurnya dengan pollard, dedak atau jagung. Pakan pabrikan yang banyak disarankan oleh peternak burung puyuh ialah pakan ayam broiler periode starter. Capurkan pakan ayam broiler dengan dedak dengan perbandingan 1 : 2 atau 1 : 3. Artinya 1 kg pakan broiler dicampur dengan 2 – 3 kg dedak. Untuk dosis jagung dan pollard juga memakai perbandingan di atas.


 Burung puyuh ialah salah satu jenis unggas andalan yang sanggup menopang kebutuhan potein  Tips Membuat Pakan Puyuh Sendiri Dengan Biaya Murah
Campuran formulasi pakan-udjalaksuren

Tambahkan sedikit sumber mineral ( terutama phospor dan kalsium ) pada pakan yang Anda buat. Anda sanggup menambahkan dikalsium phospat, kalsium karbonat, tepung ikan dan kapur dengan dosis sebanyak 2 – 3 %. Penambahan mineral ini berfungsi untuk membentuk kerabang telur terutama pada puyuh yang telah mulai berproduksi. Selain itu Anda juga sanggup menambahkan premiks sebanyak 0,5% semoga produksi puyuh menjadi maksimal.


Cara lain untuk menciptakan pakan sanggup bangun diatas kaki sendiri untuk peternakan puyuh ialah dengan mencampurkan konsentrat protein dengan materi pakan yang menjadi sumber energi bagi puyuh yaitu pollard, dedak dan jagung. Konsentrat protein ialah adonan dari pakan sumber protein yang telah diformulasikan sedemikian rupa. Konsentrat protein pabrik memiliki kandungan protein yang bervariasi yaitu 35 – 45 %. Cara mencapurnya ialah dengan memakai perbandingan 1 : 4, yaitu 1 kg konsentrat protein dicampur dengan 4 kg jagung, pollard atau dedak.


Cara terakhir dalam menciptakan pakan puyuh sendiri ialah dengan menyusun dan menciptakan pakan sendiri. Cermati terlebih dahulu materi – materi pakan yang Anda gunakan. Anda sanggup memakai materi pakan lokal yang banyak tersedia di sekitar lingkungan Anda. Untuk materi pakan sumber energi Anda sanggup memakai jagung, pollard dan dedak. Sedangkan untuk sumber protein Anda sanggup memakai bungkil kelapa, tepung ikan, bungkil sawit, dan bungkil kelapa. Untuk sumber mineral Anda sanggup memakai kapur, dikalsium phospat, kalsium karbonat, tepung kulit kerang, tepung tulang, garam dapur dan premiks.


Hal penting yang perlu Anda ketahui dalam menyusun pakan puyuh sendiri ialah kebutuhan dari nutrisi yang dibutuhkan oleh burung puyuh. Berdasarkan pengalaman para peternak puyuh, puyuh yang sedang berproduksi atau puyuh yang sedang menghasilkan telur membutuhkan protein berangasan sebanyak 17%, energi metabolisme 2700 kkal/kg, kalsium 2,5 – 3,5% dan phospor 0.6 – 1%.


Hal terakhir yang harus Anda perhatikan dalam menciptakan pakan ternak puyuh ialah memperhatikan formula yang dibutuhkan oleh puyuh. Secara garis besar formula pakan puyuh yang biasa dijadikan ransum ialah sebagai berikut:



  • Jagung 30 – 50%

  • Dedak 10 – 15%

  • Bungkil kedelai 15 – 25%

  • Tepung ikan 7 – 10%

  • Bungkil sawit/kelapa 5 – 7%

  • Repeseed meal 5%

  • Minyak sawit 3 – 5%

  • Kapur 2 – 4%

  • DCP 0,5 – 1%

  • Premix 0,5%

  • Lysine dan DL Methionine 0.5%


 Burung puyuh ialah salah satu jenis unggas andalan yang sanggup menopang kebutuhan potein  Tips Membuat Pakan Puyuh Sendiri Dengan Biaya Murah
Ternak puyuh-unggasindonesia

Formula di atas ialah citra berangasan perihal formula pakan puyuh untuk periode produksi. Agar Anda mendapat kuning telur yang elok ( orange ), Anda sanggup menambahkan sedikit tepung daun singkong sebanyak 3 – 5% ke dalam formula yang Anda buat. Sedangkan sebagai sumber probiotik, Anda sanggup menambahkan ragi tempe dengan dosis 1 – 3%. Campurkan ragi tempe pada formula pakan puyuh yang Anda susun. Fungsi ragi tempe ialah sebagai probiotik dan menjaga susukan cerna burung puyuh dari serangan basil jahat.


Demikian cara menciptakan pakan untuk budidaya puyuh. Selamat mencoba tips dari kami dan salam sukses untuk Anda. Jika Anda tertarik untuk terjun ke dalam perjuangan ternak puyuh telur. Berikut ini ialah tips analisis bisnis ternak puyuh petelur skala rumah tangga. Baca di sini


sumber gambar: sentrabudidaya





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menciptakan Pakan Puyuh Sendiri Dengan Biaya Murah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel