iklan

Manfaat Dan Pengertian Dalam Analisis Swot



SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats)
merupakan suatu bentuk analisis yang dipakai dalam administrasi perusahaan atau dalam sebuah organisasi yang sistematis dan sanggup dipakai dalam membantu perjuangan menyusun rencana yang matang guna mencapai tujuan, baik tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek.

merupakan suatu bentuk analisis yang dipakai dalam administrasi perusahaan atau dalam sebua Manfaat dan Pengertian Dalam Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan sebuah bentuk analisis terhadap situasi dan kondisi yang sifatnya deskriptif atau memperlihatkan citra melalui kata kata. Analisa SWOT menempatkan situasi dan kondisi sebagai salah satu faktor masukan dan kemudian dikelompokkan berdasarkan keterkaitannya masing-masing dalam suatu bidang.

Satu hal yang perlu diingat oleh para pemakai analisa SWOT ini ialah bahwa analisa SWOT ini dipakai semata-mata untuk sebuah analisis yang ditujukan untuk memperlihatkan citra situasi yang sedang dihadapi.

Bukan sebagai sebuah alat analisis yang bisa memperlihatkan solusi maupun jalan keluar dari banyak sekali macam permasalahan yang dihadapi.

Penjelasan Lengkap Singkat SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats)
 Seperti telah dikatakan di atas, SWOT merupakan kependekan dari Strength (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opporunities (kesempatan), dan Threats (hambatan). Adapun klarifikasi komponen SWOT akan dibahas selanjutnya dalam paragraf di bawah ini.


S for Strength (Kekuatan) 

Merupakan analisis kekuatan, situasi maupun kondisi yang menjadi kekuatan dari sebuah organisasi atau perusahaan yang ada ketika ini. Setiap perusahaan atau organisasi harus bisa menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan para pesaingnya.

W for Weaknesses (Kelemahan) 

Merupakan analisis kelemahan, situasi maupun kondisi yang menjadi kelemahan dari sebuah organisasi atau perusahaan yang dialami ketika ini. Kelemahan ini dipilih dari kelemahan kelemahan yang menjadi hambatan serius dalam kemajuan sebuah perusahaan maupun suatu organisasi.

O for Opportunities (Kesempatan) 

Analisis peluang, situasi maupun kondisi yang menjadi peluang di luar suatu organisasi atau sebuah perusahaan dan memperlihatkan peluang bagi organisasi atau perusahaan tersebut untuk berkembang di kemudian hari. Carilah peluang dan terobosan yang memungkinkan bagi sebuah perusahaan maupun organisasi semoga tetap bisa bersaing di masa depan dan semakin berkembang ke depannya.

T for Threats (Hambatan) 

Merupakan analisis bahaya dengan cara menganalisis segala macam tantangan dan bahaya yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan maupun organisasi yang terkait dengan beberapa macam faktor, salah satunya ialah lingkungan. Beberapa macam tantangan dan bahaya tersebut tentunya yang dimungkinkan sanggup menyebabkan kemunduran bagi sebuah organisasi maupun perusahaan. Jika bahaya tersebut tidak segera diatasi, maka akan menjadi penghalang untuk kemajuan perusahaan atau organisasi yang dianalisis di masa depan.

Baca juga:(Ciri-ciri dan pengertian variabel

Fungsi Analisis SWOT dalam Perusahaan
merupakan suatu bentuk analisis yang dipakai dalam administrasi perusahaan atau dalam sebua Manfaat dan Pengertian Dalam Analisis SWOT

Dikutip dari pengertianku.net, metode analisis SWOT merupakan metode analisis paling dasar yang memiliki manfaat untuk melihat topik ataupun permasalahan dari 4 sisi yang berbeda. Hasil analisis ini biasanya berupa isyarat maupun rekomendasi guna mempertahankan kekuatan dan menambah laba dari seluruh peluang yang ada sembari meminimalisir atau mengurangi kekurangan dan menghindarkan dari segala macam bahaya yang menghadang. Jika dipakai dengan baik dan benar, maka analisis ini akan membantu perusahaan atau organisasi melihat sisi-sisi yang selama ini tidak terlihat dan terlupakan.

Berdasarkan klarifikasi sebelumnya, maka analisis SWOT ini berkhasiat untuk melaksanakan analisis taktik dalam sebuah perusahaan atau suatu organisasi.

Analisis tersebut memiliki tugas atau dijadikan alat untuk meminimalisir kelemahan yang ada dalam suatu perusahaan atau organisasi dan juga bisa menekan efek bahaya yang timbul dan kelak harus dihadapi oleh sebuah perusahaan atau suatu organisasi yang sedang berkembang.


Sumber:(rocketmanajemen.com)


 

Sumber http://wakmarbgb.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Dan Pengertian Dalam Analisis Swot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel