iklan

Semua Wacana Map Sensor

Beberapa Hal sanggup mempengaruhi kerja PCM/ECU (Powertrain Control Module = Komputer Sistem Injeksi materi bakar) Saat Kondisi MAP Sensor buruk.
Berikut cara gampang menilik kerusakan MAP Sensor dengan multimeter

Gejala Kerusakan MAP Sensor

  1. Lampu "Check Engine" menyala pada dashboard
  2. DTC P0107 : MAP Sensor Circuit tegangan rendah
  3. DTC P0108 : MAP Sensor Circuit Tegangan Tinggi
  4. Idle Kasar
  5. Bau asap knalpot tak sedap (seperti anyir telur busuk)
  6. Gagal dalam uji emisi
  7. Akselerasi buruk
  8. Mesin tidak ada tenaga
  9. Mesin sulit dihidupkan, sanggup hidup tapi harus distart lama
  10. Mesin bergelombang
  11. Bahan bakar boros
  12. Terjadi detonasi/Ledakan pada mesin
Cara Kerja MAP Sensor

Sensor yang membberikan isu beban mesin untuk PCM/ECU ( Komputer ) yakni MAP Sensor. Bagaimana MAP Sensor memperlihatkan info beban mesin? Dengan mengukur jumlah vakum mesin yang tersedia selama beroperasi. Jumlah tekanan vakum bervariasi tergantung pada beban mesin. Berikut spesifikasinya :

A. Saat idle, Vakum manifold lebih tinggi
  • Ketika vakum manifold lebih tinggi, MAP Sensor mengirimkan tegangan lebih tinggi
  • PCM/ECU memakai data input dari MAP Sensor dan Sensor-sensor lainnya untuk mengkalkulasikan data dan mengirim jumlah materi bakar lebih sedikit untuk disemprotkan ke masing-masing silinder
B. Dengan Beban, (Saat percepatan mesin/akselerasi), vakum manifold lebih rendah
  • Ketika vakum manifold lebih rendah, MAP Sensor mengirimkan tegangan ke PCM/ECU ( Komputer ) lebih rendah
  • PCM/ECU memakai data input dari MAP Sensor dan Sensor-sensor lainnya untuk mengkalkulasikan data untuk mengirimkan jumlah materi bakar lebih banyak untuk disemprotkan ke masing-masing silinder
Deskripsi Sirkuit dari MAP Sensor
1. Kabel penyuplai 5V DC (Kabel No. 1)

  • Kabel ini yakni sumber daya MAP sensor
  • 5 Volt akan tersuplai dikala kunci kontak posisi "ON" mesin mati atau dikala kunci konta "ON" mesin hidup
  • PCM /ECU (komputer) akan mengirimkan 5 Volt ke MAP Sensor
2. Kabel Ground/Massa (Kabel No.2)
  • Dikalangan tehnik, sirkuit ini dikenal sebagai rangkaian tumpuan rendah
  • PCM/ECU menyediakan ground/massa secara internal
3. Kabel Sinyal MAP Sensor (Kabel No. 3)
  • Kabel ini mengirimkan sinyal sensor MAP yang dihasilkan ke komputer (PCM/ECU)
MAP Sensor terdiri dari 2 ruangan yang dipisahkan oleh suatu diagfrahma fleksibel. Ruagan tersebut adalalh tumpuan udara (yang sanggup disegel atau dibuang ke udara luar), dan yang satunya yakni ruangan vaccum yang terhubung ke intake manifold pada mesin dengan selang karet atau terkoneksi langsung. MAP sensor sanggup dipasang di spatbor, atau diintake manifold.

Sebuah rangkaian elektronik yang teakanannya sensitif memantau pergerakan diagfrahma dan menghasilkan sinyal tegangan yang sebanding edngan perubahan tekanan. Ini menghasilkan sinyal tegangan analog yang biasanya berkisar dari 1 hingga 5 Volt.

MAP sensor mempunyai konektor 3 kawat : Ground/massa, Sinyal, dan + ECU (Kabel daya). Tegangan Output biasanya meningkat dikala throttle dibuka dan tetes vakum. Sebuah sensor MAP yang membaca 1 atau 2 volt pada idle sanggup membaca 4,5 volt hingga 5 volt pada throttle terbuka lebar. Perubahan output sekitar 0,7 - 1,0 volt untuk setiap 5 inchi Hg perubahan dalam vakum



Pemeriksaan MAP Sensor :

Pertama, pastikan mesin vakum manifold mesin sesuai spesifikasi dikala mesin idle. Jika vakum sangat rendah alasannya kebocoran vakum, waktu pengapian mundur, konventer tersumbat, atau kebocoran EGR (katup EGR tidak menutup dikala idle). Sebuah vakum membaca asupan rendah atau back pressure yang berlebihan dalam sistem pembuangan,terdapat malfungsi pada MAP sensor dan menunjukan ada beban pada mesin. Hal ini sanggup menjadikan kondisi materi bakar kaya, sebuah pembatasan dalam asupan udara (seperti yang terpasang pada filter udara), disisi lain, sanggup menghasilkan lebih tinggi dari pembacaan vakum normal. Hal ini akan menghasilkan indikasi beban rendah dari sensor MAP.

Sebuah Sensor MAP yang baik harus membaca tekanan udara beromatrik ketika kunci dihidupkan sebelum mesin di"Start". Nilai ini sanggup dibaca pada alat scan dan harus dibandingkan dengan tekanan baromatrik yang bekerjsama membaca untuk melihat apakah mereka cocok. Periksa selang vakum sensor untuk menilik kebocoran. Kemudian memakai pompa vakum genggam untuk menilik kebocoran sensor itu sendiri. Sensor harus terus vakum, kebocoran yakni menunjukan sensor minta diganti dengan yang baru. Kerusakan pribadi dari MAP Sensor, hilangnya sinyal sensor alasannya duduk perkara kabel atau snyal sensor yang berada diluar rentang tegangan atau frekuensi yang normal, biasanya ini akan tetapkan aba-aba diagnostik kerusakan (DTC) dan menghidupkan lampu "Check Engine"

Semoga bermanfaat boss, Salam otomotif..!!!


Sumber http://agungwibowo92.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Semua Wacana Map Sensor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel