iklan

Contoh Masalah Kkn - Solusi Dan Permasalahan Dalam Kkn

Masalah dalam kkn, kkn yaitu kependekan dari, rujukan perkara kkn, pendekatan sosial dalam kkn - Masih mengupas perihal Kuliah kerja Nyata atau KKN, kali ini admin pendidikansrg akan membahas perihal permasalahan dan solusi dalam KKN. Sebagaimana yang kita ketahui, KKN atau kuliah kerja faktual merupakan aktivitas tahunan bagi Universitas untuk dilaksanakan para mahasiswa sebagai bentuk dedikasi kepada masyarakat. Namun, dalam pelaksanaan dilapangan begitu banyak hambatan dan permasalahan, oleh alasannya yaitu itu PJV Network akan memperlihatkan pembahasan mengenai Solusi dan permasalahan dalam KKN.

1. Tanggung jawab dalam kelompok

Tanggung jawab dalam kelompok KKN merupakan hal yang rawan terhadap konflik internal, adapun permasalahannya antara lain ; Pembagian tugas, pembagian jadwal piket, serta pembagian aktivitas kerja yang tak sesuai keinginan masing masing anggota. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk melaksanakan briefing atau diskusi supaya anggota kelompok yang lain merasa mempunyai tanggung jawab. Apabila ada anggota kelompok yang lupa akan tanggung jawabnya, cobalah untuk saling mengingatkan. Ada baiknya supaya pembagian jadwal dan lain lain dibentuk pengumuman supaya anggota kelompok dapat melaksanakannya.

2 . Konflik internal.

Konflik ini biasanya terjadi pada ahad awal pelaksanaan KKN, biasanya akan ada ribut antara sesama anggota kelompok KKN. Hal ini masuk akal saja mengingat dalam 1 kelompok KKN mempunyai anggota lebih dari 5 orang, apabila hal ini terjadi, maka cobalah untuk menyelesaikannya secara baik-baik tanpa menyinggung anggota yang lain.

3. Tidak kompaknya anggota kelompok KKN

Pada point ketiga ini juga merupakan hal yang biasanya banyak menimbulkan konflik sesama anggota kelompok, mengingat kekompakkan yaitu hal yang mutlak supaya aktivitas kerja KKN dapat terealisasi dengan baik,maka apabila ada hal yang dirasa membutuhkan kekompakkan usahakanlah untuk melaksanakan rapat rutin dan perbanyaklah kegiatan internal yang dapat menciptakan rasa kompak semakin besar lengan berkuasa dan solid. Tidak kompaknya anggota kelompok KKn biasanya dipengaruhi oleh faktor nomor 2 dan nomor 1 diatas tadi.

4. Terpecahnya anggota kelompok

Ini merupakan tahapan lanjut dari ketidak kompaknya kelompok KKN yaitu adanya group dalam kelompok. Tak dapat dipungkiri bahwa dalam pelaksanaan KKN akan terbentuk kelompok tertentu dalam kelompok yang sudah ada,dengan kata lain akan adanya geng tertentu dalam kelompok KKN . Hal ini sangat berdampak jelek bagi keharmonisan kelompok KKN dan akan menciptakan gambaran jelek dimata masyarakat. Jika sudah terlanjur terjadi, salah satu cara terbaik yaitu dengan tidak membocorkan kekurangan kelompok KKN kalian kepada masyarakat setempat, usahakanlah untuk saling menutupi kekurangan kelompok kalian dengan sebaik mungkin. hal ini akan mempunyai kegunaan supaya kelompok KKN kalian mendapat pandangan yang baik dimata masyarakat terutama pak kades dan pengurus desa lainnya.

5. Penyusunan laporan KKN

Hal terakhir yang rawan menimbulkan kisruh atau ribut antar sesama anggota kelompok KKN yaitu perihal penyusunan laporan KKN. Kenapa hal ini dapat menimbulkan permasalahan ? jawabannya yaitu alasannya yaitu dikala KKN telah selesai, maka dalam hal penyusunan laporan KKN akan dibebankan kepada ketua kelompok KKN. Hal ini perlu didiskusikan lebih lanjut supaya ketua kelompok KKN tidak menggerutu dalam menciptakan laporan KKN tersebut, cobalah untuk menciptakan laporan KKN bersama, jangan hanya membebankan laporan tersebut kepada ketua saja.

Demikianlah pembahasan perihal solusi dan permasalahan dalam KKN, apabila 5 hal diatas sudah terjadi dan sangat sulit untuk diselesaikan lagi maka ingatlah tujuan utama kalian KKN yaitu untuk menambah pergaulan dalam masyarakat serta supaya mendapat nilai A . Tak ada gading yang tak retak,namun meskipun sudah retak usahakan supaya retakan tersebut tidak menyebar ketempat lain.

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Masalah Kkn - Solusi Dan Permasalahan Dalam Kkn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel