iklan

Tips Gampang Cara Menciptakan Gula Merah Dari Tanaman Aren

Cara menciptakan gula merah – Gula merah biasanya dibentuk dari tumbuhan aren. Nira yang dihasilkan tumbuhan aren didapat dari penyadapan tonggol bunga jantan. Jika Anda melaksanakan penyadapan pada bunga tonggol betina maka nira yang dihasilkan tidak memuaskan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Setiap tongkol bunga jantan sanggup Anda sadap selama kurang lebih 3 – 4 bulan hingga tongkolnya habis dan mengering. Budidaya aren lengkap sanggup Anda baca pada artikel berikut ini. Klik di sini


 Gula merah biasanya dibentuk dari tumbuhan aren Tips Praktis Cara Membuat Gula Merah Dari Tanaman Aren
Panen di kebun aren-cara menciptakan gula merah-cumakita

Nira hasil penyadapan awal pada mulanya akan berjumlah sedikit kemudian perlahan jumlahnya akan meningkat. Kemudian hingga pada pertengahan masa sadap nira yang dihasilkan akan stabil dan kesannya jumlahnya akan kembali menyerupai semula. Jika pertumbuhan tumbuhan aren pertumbuhannya baik maka akan tumbuh beberapa tongkol bunga jantan dan bunga betina. Pohon dengan pertumbuhan maksimal tersebut sangat menguntungkan alasannya yakni pada satu pohon sanggup dilakukan penyadapan beberapa tongkol bunga jantan setiap harinya. Sebanyak 4 – 5 liter nira sanggup dihasilkan dari satu tongkol bunga jantan.  


Adapun langkah – langkah dalam penyadapan nira yakni sebagai berikut:



  • Melakukan pencucian tandan. Langkah ini sanggup Anda lakukan jikalau kulit bunga jantan belum pecah. Caranya yakni dengan membersihkan ijuk yang ada disekitaran tandan dan sekaligus membuang dua pelepah daun yang berada di atas dan di bawah bunga tandan. Tujuan dari pencucian ini yakni biar Anda lebih gampang dalam melaksanakan penyadapan.

  • Setelah tandan bersih, kemudian ayun – ayunkan tandan dan pukul – pukul secara berlahan biar nira keluar melalui pembuluh kapiler. Pemukulan dilakukan dengan kayu secara ringan dan jangan hingga tandan terluka. Proses pengayunan dan pemukulan tersebut sanggup Anda lakukan secara berulang – ulang selama kurang lebih tiga ahad dengan rentang waktu dua hari.


Untuk mengetahui apakah bunga jantan yang diberi perlakuan tersebut telah mengeluarkan nira atau belum maka Anda sanggup melukai tandan dan kemudian sanggup diayun kembali biar nira sanggup keluar. Jika torehan telah mengeluarkan nira maka tumbuhan aren sudah siap disadap.


Cara penyadapan yakni dengan memotong tandan bunga sempurna di torehan dengan memakai bendo atau sabit. Setelah tandan dipotong maka letakkan sebuah bambu khusus yang dibentuk untuk menampung nira yang menetes di bawah tandan yang di potong. Agar kondisi bambu kuat, maka ikatlah bambu dengan pangkal tandan dengan kuat.


Penyadapan nira untuk cara menciptakan gula merah sanggup dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Nira yang telah Anda panen semenjak sore sanggup diambil pada pagi hari berikutnya. Setiap pergantian bambu maka tandan daerah keluar nira harus Anda iris biar terusan atau pembuluh kapiler kembali terbuka. Sehingga nira sanggup kembali keluar dengan lancar.


Cara Membuat Gula Merah Dari Aren


Gula merah yakni tambahan yang paling sering dan banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia. Gula merah ini sering juga disebut dengan gula jawa. Gula jawa ini yakni gula yang terbuat dari pohon aren dan memiliki cita rasa yang khas. Warna gula jawa ini cokelat kehitaman dan rasanya menyerupai setengah kelapa dan setengah gula.


Jenis gula merah ini banyak dipakai sebagai materi baku untuk menciptakan kecap manis, dodol, sebagai tambahan minuman dan aneka camilan cantik – kue. Untuk cara menciptakan gula merah dari aren yakni sebagai berikut:



  • Langkah pertama dalam cara menciptakan gula merah yakni mempersiapkan nira yang telah Anda panen. Kemudan saring nira dan selanjutnya masukkan ke dalam panci atau wajan.

  • Masaklah nira dengan memakai suhu yang konstan dan stabil. Untuk idealnya Anda sanggup memakai materi bakar berupa kayu. Menggunakan kayu sebagai materi bakar sanggup menawarkan cita rasa yang khas pada gula merah.

  • Cara menciptakan gula merah selanjutnya yakni memperhatikan waktu pemasakan. Lama waktu pemasakan tergantung pada seberapa banyak nira yang Anda masak. Jika telah memasuki waktu 15 menit sebelum gula masak, maka berikan tambahan 100 cc santan yang dicampur dengan satu sendok makan minyak goreng. Penambahan ini bertujuan biar proses pengentalan gula menjadi lebih cepat.

  • Aduklah gula merah cair sebelum terjadi pengentalan. Pengadukan pada cara menciptakan gula merah harus Anda lakukan dengan cepat dan arahnya memutar. Jika gula telah mengental dan warnanya telah bermetamorfosis kemerahan maka langkah selanjutnya dalam cara menciptakan gula merah yakni menuangkan ke dalam cetakan. Waktu yang diperlukan biar gula merah sanggup menjadi padat yakni sekitar 10 menit.

  • Untuk cetakan, Anda sanggup memakai bambu ataupun bejana dengan ukuran kecil. Akan tetapi jikalau Anda ingin lebih praktis, maka sanggup memakai mesin pencetak gula merah.

  • Setelah gula merah mengeras maka segera keluarkan dari cetakan. Kemudian tempelkan pada gula yang ada ada pada cetakan lainnya biar bentuk yang didapat identik atau sama antara gula yang satu dengan gula lainnya.

  • Agar selama proses penyimpanan gula tidak lengket antara satu dengan lainnya maka diantara gula merah sanggup Anda berikan ganjal berupa daun pisan yang telah bau tanah atau mengering.


 Gula merah biasanya dibentuk dari tumbuhan aren Tips Praktis Cara Membuat Gula Merah Dari Tanaman Aren
Gula merah dari aren-cara menciptakan gula merah-makananseru

Demikian cara menciptakan gula merah mulai dari proses pemanenan nira hingga proses pencetakkan gula. Semoga sanggup bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba terjun ke dalam bisnis gula merah. Terima kasih.


sumber gambar: jualgulamerah





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Gampang Cara Menciptakan Gula Merah Dari Tanaman Aren"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel