iklan

Ciri-Ciri Dan Pengertian Variabel


 penelitian yaitu segala hal dalam bentuk apapun yang ditetapkan oleh seorang peneliti unt Ciri-ciri dan Pengertian Variabel

Pengertian variabel


penelitian yaitu segala hal dalam bentuk apapun yang ditetapkan oleh seorang peneliti untuk ditelaah sehingga isu yang didapat terkait hal tersebut sanggup ditarik sebuah kesimpulan. Dipandang dari sudut teoritis, variabel sanggup diartikan sebagai tanda kelengkapan seseorang, atau sesuatu yang mempunyai variasi antara satu orang dengan lainnya atau satu objek dengan objek lainnya. Dengan adanya variasi itulah yang lalu dinamakan variabel. 


Variabel di dalam penelitian dipastikan oleh sebuah landasan teoritis dan ditentukan oleh sebuah hipotesis penelitian. Dengan begitu, jikalau sebuah landasan teoritis itu berbeda, maka variabelnya pun menjadi beda. Sejumlah variabel yang menjadi objek dalam penelitian ditentukan oleh kecanggihan rancangan penelitiannya. Semakin sederhana suatu rancangan penelitian, maka jumlah variabel yang terlibat akan semakin sedikit. Begitu pun sebaliknya, semakin canggih suatu rancangan penelitian, semakin banyak pula jumlah variabel yang akan terlibat di dalamnya.

Ciri-ciri Variabel Penelitian

Variabel penelitian mempunyai tiga ciri khusus, yaitu mempunyai variasi nilai, membedakan satu objek dengan objek lain, dan sanggup diukur.
 penelitian yaitu segala hal dalam bentuk apapun yang ditetapkan oleh seorang peneliti unt Ciri-ciri dan Pengertian Variabel

Variabel dalam sebuah penelitian mempunyai nilai yang bervariasi alasannya yakni membedakan satu objek dengan objek lain dalam satu populasi. Misalnya saja, populasi yang terdiri dari 40 orang mahasiswa, IP hanya akan menjadi variabel bila terdapat variasi nilai pada populasi tersebut. Jika IP sama, maka IP bukan termasuk dalam konsep variabel dari populasi 40 mahasiswa tersebut.

Objek-objek sanggup menjadi anggota populasi alasannya yakni mempunyai suatu karakteristik yang sama. Meskipun begitu, objek-objek dalam suatu populasi masih sanggup dibedakan satu sama lainnya dalam satu variabel. Contohnya, populasi mahasiswa mempunyai kesamaan karakteristik, yaitu mahasiswa. Lalu, perbedaan dari populasi mahasiswa tersebut yaitu dalam hal usia, agama, jenis kelamin, prestasi, orang tua, bakat, dan lainnya.


Variabel harus sanggup diukur. Variabel itu berbeda dengan konsep alasannya yakni sebuah konsep tidak selamanya sanggup diukur sedangkan variabel itu sanggup diukur. Contohnya, berguru yakni konsep dan hasil berguru yakni variabel. Contoh lainnya yaitu mahasiswa yakni konsep dan jumlah mahasiswa yakni variabel.


Sumber:(rocketmanajemen.com)


 

Sumber http://wakmarbgb.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-Ciri Dan Pengertian Variabel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel