iklan

12 Cara Kondusif Memakai Kartu Kredit

Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang merupakan pengganti uang tunai. Beberapa bank penyedia kartu kredit memang telah menghimbau pemegang kartu kredit untuk memakai PIN ketika melaksanakan transaksi.

Tapi alasannya yakni alasan kepraktisan, pemegang kartu kredit banyak yang tidak memakai PIN ketika melaksanakan transaksi. Hal ini sangat berbahaya bila kartu kredit jatuh ke tangan pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

 merupakan alat pembayaran yang merupakan pengganti  12 Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit
cara kondusif memakai kartu kredit

Berikut ini yakni 12 cara kondusif memakai kartu kredit:

  1. Simpan semua kartu baik kartu kredit, kartu debet dll dan nomor rekening bank Anda di daerah yang paling aman.
  2. Sebelum Anda membuang dokumen keuangan menyerupai struk transaksi atm, bukti transaksi kartu kredit dll, pastikan dokumen keuangan tersebut telah dihancurkan terlebih dahulu semoga tidak sanggup dibaca.
  3. Simpan lembar tagihan Kartu Kredit Anda di daerah yang kondusif dan tidak gampang hilang atau terselip dengan dokumen lainnya.
  4. Pastikan Anda mengambil kembali Kartu Kredit Anda dan bukti pembayaran setiap akibat melaksanakan transaksi di merchant maupun di mesin ATM.
  5. Jika Anda sering melaksanakan transaksi secara online di internet, instal software pengaman atau anti virus yang terpercaya pada komputer Anda, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pembajakan melalui jaringan internet.
  6. Gunakan kata sandi yang tidak gampang diketahui orang lain untuk melindungi data internet banking dan rekening bank Anda. Kata sandi yang paling kondusif yakni kombinasi antara karakter besar, karakter kecil, angka dan karakter khusus.
  7. Saat akan melaksanakan belanja daring, gunakan situs belanja online yang terpercaya. Cara untuk mengetahui reputasi situs belanja online antara lain dengan membaca komentar atau feedback dari pembeli maupun review para blogger yang memakai situs belanja online tersebut.
  8. Saat Anda mendapatkan kartu baru, segera tanda tangani panel di belakang Kartu Kredit gres tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kartu dimanfaatkan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab untuk bertransaksi.
  9. Selalu jaga kerahasiaan nomor kartu kredit Anda, termasuk security number berupa 3 digit angka di belakang kartu.
  10. Cek tagihan, dengan selalu melaksanakan pencocokan antara bukti transaksi dengan billing statement. Jika terdapat transaksi yang mencurigakan, segera lapor kepada Penerbit kartu kredit untuk dilakukan investigasi.
  11. Jangan pernah meminjamkan Kartu Kredit kepada siapapun atau meninggalkan kartu dan bukti transaksi tanpa pengawasan.
  12. Selalu berhati-hati dengan banyak sekali penawaran yang menggiurkan yang biasanya dilakukan melalui telepon dan email.

Originally posted 2016-10-11 11:54:06.


Sumber https://akuntansikeuangan.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Cara Kondusif Memakai Kartu Kredit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel