iklan

(Rpph) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian

Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) merupakan teladan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari. RPPH disusun dan dilaksanakan oleh guru. Format RPPH tidak harus baku, tetapi memuat komponen komponen yang ditetapkan. Komponen RPPH terdiri atas: (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian. Identitas RPPH.

Identitas sebuah RPPH memuat:
  1. Nama Satuan PAUD yaitu nama satuan PAUD yang menyusun RPPH
  2. Semester/bulan/minggu yang keberapa
  3. Hari/tanggal
  4. Tema/Subtema/Sub-subtema diambil dari tema/subtema/sub-subtema yang disusun di kegiatan semester.
  5. Kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran.
Contoh :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK-KANAK KENCANA
Semester/Bulan/Minggu: I/Juli/Minggu ke 4
Hari/Tanggal : Senin,24 Juli 2015
Tema : Diriku
Subtema : Tubuhku
Kelompok : B (usia 5-6 tahun)

Materi :
  1. Materi diambil dari materi yang telah dijabarkan di RPPM.
  2. Materi sejalan dengan tujuan yang telah dituliskan di atasnya.
  3. Materi sanggup dibedakan: 
  • Materi untuk pengembangan perilaku sanggup dituliskan di RPP kemudian masuk ke SOP atau eksklusif dimasukkan menjadi kegiatan rutin dan diterapkan melalui pembiasaan serta diulangulang setiap hari sepanjang tahunnya (ditindaklanjuti dengan dimasukkan ke dalam SOP kegiatan).
  • Materi pengembangan pengetahuan dan keterampilan dikenalkan sesuai dengan RPPH.
Contoh

Materi dalam RPPH subtema tubuhku dalam kegiatan:
  1. Doa sebelum dan setelah belajar
  2. Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, dan cara merawatnya
  3. Mengelompokkan menurut warna (merah, biru, kuning), bentuk dua dimensi (persegi, segi tiga), dan jumlah bilangan (5 -10)
  4. Lagu "Aku Ciptaan Tuhan"

Aku Ciptaan Tuhan
Penggubah: NN

1 1 4 4 4 4 4 3 4 5
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
1 1 5 5 5 5 5 4 5 6
Ja ngan sam pai me li hat yang sa lah
6 6 6# 6# 6# 6 2 6# 6# 6 6 6 5 4
Ka re na Tu han yang Esa te lah men cip ta kan nya
6 6 5 5 5 4 3 2 3 4
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
Mulutmu yang mungil jagalah
Jangan hingga bicara yang salah
Karena Tuhan Yang Esa telah menciptakannya
Mulutmu yang mungil jagalah
Tanganmu yang mungil jagalah
Jangan hingga ke daerah yang salah
Karena Tuhan Yang Esa telah menciptakannya
Kakimu yang mungil jagalah

Materi yang Masuk dalam Pembiasaan
  1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
  2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
  3. Doa sebelum berguru dan mengenal hukum masuk ke dalam SOP pembukaan
  4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah
  5. makan.
Alat dan Bahan
  1. Alat dan materi sangat terkait dengan kegiatan yang akan dikelola guru pada hari itu.
  2. Kegiatan diambil dari beberapa rencana kegiatan yang ada di RPPM.
  3. Kegiatan yang ditetapkan tergantung pada pengelolaan model pendekatan yang dipakai di satuan PAUD tersebut.
  4. Alat dan materi ditata untuk menarik minat berguru anak.
  5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Kegiatan Pembukaan
  1. Kegiatan pembukaan ditujukan untuk membantu membangun minat anak semoga anak siap bermain di kegiatan inti.
  2. Kegiatan pembukaan penting untuk mengenalkan materi pembelajaran.
  3. Kegiatan pembukaan dimanfaatkan guru untuk mengenalkan kegiatan bermain yang sudah disiapkan, hukum bermain, menerapkan pembiasaan-pembiasaan, dan sebagainya.
Contoh :
Contoh Kegiatan Pembukaan di RPPH untuk subtema tubuhku
  1. Bernyanyi "Aku Ciptaan Tuhan"
  2. Doa sebelum belajar
  3. Membacakan buku cerita
  4. Mengenalkan hukum bermain
  5. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terima kasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
Kegiatan Inti
  1. Proses berguru menerapkan pendekatan saintifik, yakni anak mengamati sesuai dengan tema yang dibahas, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.
  2. Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik diterapkan secara lebih fleksibel dan lebih luas. Artinya bisa diterapkan di dalam ruangan, di luar ruangan, memakai sumber berguru yang ada, atau memanfaatkan sumber berguru lingkungan.
  3. Kegiatan Inti memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi membangun pengalaman bermain yang bermakna.
  4. Pada tahap mengomunikasikan ditekankan pada anak memberikan gagasannya melalui aneka macam kegiatan bermain yang disiapkan.
  5. Kegiatan bermain diadaptasi dengan model pembelajaran sentra/area/sudut/ kelompok dengan kegiatan pengaman.
  6. Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan yang berbeda untuk memfasilitasi anak semoga tetap fokus bermain. Pada kegiatan tertentu contohnya memasak, main peran/drama, atau pengenalan sains guru sanggup menyediakan 1 kegiatan saja.
  7. Penguatan mengingat (recalling) merupakan bab dari kegiatan main di Inti. Recalling untuk menguatkan kembali pengalaman bermain dan konsep yang dipelajari anak
Contoh :
Kegiatan Inti untuk RPPH subtema tubuhku Model Sentra Seni
  • Anak diajak untuk mengamati alat dan materi yang disediakan
  • Anak diberi kesempatan untuk bertanya wacana konsep warna dan bentuk yang
  • ada di alat dan bahan.
  • Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang pernah ditemukan anak di
  • dalam kehidupan sehari-hari
  • Anak melaksanakan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
  1. Kegiatan 1: Membuat bingkai foto diri dari lidi.
  2. Kegiatan 2: Membuat boneka foto diri dari tanah liat.
  3. Kegiatan 3: Membuat boneka diri dari shuttlecock.
  4. Kegiatan 4: Membuat kolase (menggunting dan menempel) anggota diri.
  • Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya.
Selama proses pembelajaran, guru sanggup memakai aneka macam metode untuk saling melengkapi. Metode tersebut untuk mendukung pendekatan saintifi k. Beberapa metode pembelajaran yang dianggap sesuai untuk PAUD, antara lain yaitu sebagai berikut.
  1. Bercerita yaitu cara bertutur dan memberikan dongeng secara lisan. Cerita harus diberikan secara menarik. Anak diberi kesempatan untuk bertanya dan memperlihatkan tanggapan. Pendidik sanggup memakai buku sebagai alat bantu bercerita.
  2. Demonstrasi dipakai untuk memperlihatkan atau memeragakan cara untuk membuat atau melaksanakan sesuatu.
  3. Bercakap-cakap sanggup dilakukan dalam bentuk tanya jawab antara anak dengan pendidik atau antara anak dengan anak yang lain.
  4. Pemberian kiprah dilakukan oleh pendidik untuk memberi pengalaman yang kasatmata kepada anak, baik secara individu maupun secara berkelompok.
  5. Sosiodrama/bermain kiprah dilakukan untuk menyebarkan daya khayal/imajinasi, kemampuan berekspresi dan kreativitas anak terhadap tokoh-tokoh yang diperankan atau benda-benda yang ada di sekitar.
  6. Karyawisata yaitu kunjungan secara eksklusif ke objek-objek yang sesuai dengan tema dan materi kegiatan yang sedang dibahas di lingkungan kehidupan anak.
  7. Projek merupakan suatu kiprah yang terdiri atas rangkaian kegiatan yang diberikan oleh pendidik kepada anak, baik secara individu maupun secara berkelompok dengan memakai objek alam sekitar dan kegiatan seharihari sebagai materi pembahasan.
  8. Eksperimen merupakan pertolongan pengalaman kepada anak dengan melaksanakan percobaan secara eksklusif dan mengamati hasilnya.
Kegiatan Penutup
  1. Kegiatan epilog dilakukan di final kegiatan hari tersebut.
  2. Kegiatan epilog berupa transisi dari sekolah ke rumah. Diisi dengan
  3. berbagai kegiatan yang membuat anak rileks.
  4. Di kegiatan epilog sanggup mengulang kembali apa yang dilakukan pada
  5. saat kegiatan pembukaan.
  6. Kegiatan epilog juga sanggup diisi dengan kegiatan rutin untuk memperkuat
  7. sikap yang diharapkan.
  8. Kegiatan epilog dilakukan untuk menarik minat anak berguru esok harinya.
Contoh :
Kegiatan Penutup untuk RPPH subtema tubuhku
  1. Menanyakan perasaan anak selama hari ini
  2. Bernyanyi "Aku Ciptaan Tuhan"
  3. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang
  4. paling disukai
  5. Memberikan kiprah kepada anak untuk dilakukan di rumah, yakni menanyakan
  6. kepada orang tuanya wacana daerah lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong
  7. kelahiran, dst.
  8. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
  9. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
  10. Berdoa setelah belajar

Postingan Terkait :

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "(Rpph) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel