iklan

Perbedaan Tema, Topik, Dan Judul Beserta Pengertian Dan Contohnya

Saat hendak menciptakan sebuah karangan atau ingin mengadakan sebuah acara, kita akan selalu berhadapan dengan pemilihan tema, topik, dan judul. Tema, topik, dan judul merupakan satu kesatuan yang memilih menyerupai apa goresan pena yang akan dibentuk ataupun program yang akan diselenggarakan nantinya.

Karena merupakan satu kesatuan, kadang kali banyak di antara kita yang sulit membedakan ketiganya. Nah, di artikel kali ini kita akan mengulas perbedaan antara tema, topik, dan judul tersebut biar kau yang belum tahu, sanggup mengerti dan tak akan salah lagi dalam mengartikannya.


Perbedaan Tema, Topik, dan Judul

Untuk mengetahui menyerupai apa perbedaan tema, topik, dan judul, kita sanggup mencari deskripsi dari ketiga istilah ini. Saya telah merangkum deskripsinya eksklusif dari Kamus Besar Bahasa Indonesia selaku tumpuan utama kita dalam mencari arti dari sebuah kata.

Saat hendak menciptakan sebuah karangan atau ingin mengadakan sebuah program Perbedaan Tema, Topik, dan Judul beserta Pengertian dan Contohnya

1. Tema

Kata tema berasal dari bahasa Yunani, yaitu "tithenai" yang berarti sesuatu yang telah diuraikan. Adapun dalam KBBI disebutkan bahwa tema yakni pokok pikiran atau dasar dongeng yang dipakai dalam percakapan, karangan, dan lain sebagainya.

Dari kedua pengertian di atas, maka sanggup disimpulkan bahwa tema yakni suatu pokok pikiran yang bersifat umum dan luas, sehingga ia perlu diuraikan lagi. Sifat umum dan luas yang dimiliki tema harus diuraikan kembali dan dipersempit menjadi topik.

2. Topik

Kata topik berasal dari bahasa Yunani, yaitu "topoi" yang berarti inti utama. Adapun dalam KBBI disebutkan bahwa topik yakni pokok pembicaraan dalam ceramah, diskusi, karangan, dan lain sebagainya.

Dari definisi di atas, sanggup disimpulkan bahwa topik yakni inti utama atau pokok pembahasan yang meliputi keseluruhan pembicaraan, gelaran acara, atau isi tulisan. Karena dikatakan sebagai inti utama, maka sudah barang tentu topik mempunyai cakupan yang lebih sempit dibanding tema. Namun, ia sanggup dipersempit lagi ke dalam banyak sekali judul yang berbeda.
Baca Juga : Perbedaan Anekdot dan Humor

3. Judul

Menurut KBBI, judul didefinisikan sebagai suatu nama yang dipakai untuk buku atau potongan dalam buku yang sanggup menyiratkan secara ringkas, isi atau maksud buku atau potongan itu. Bukan hanya itu, judul juga sanggup dipakai untuk menyiratkan isi suatu acara, buku, krangan, drama, dan lain sebagainya. Istilah judul juga kerap disandingkan dengan tajuk.

Dari definisi di atas, sanggup disimpulkan bahwa judul yakni cerminan sekaligus batasan wacana suatu dilema yang diangkat dalam sebuah program atau tulisan. Ia berada paling awal pada sebuah karangan sehingga kerap pula disebut dengan istilah kepala karangan. Hal yang sama juga berlaku pada judul sebuah acara.

Sampai disini, apakah kau sudah mulai memahami menyerupai apa perbedaan tema, topik, dan judul? Jika belum, resapi dengan seksama pola di bawah ini!

Tema : Kebersihan Lingkungan (cakupan lebih luas dari topik)
Topik   : Kebersihan Sekolah (cakupan lebih luas dari judul)
Judul   : Membudayakan “Tertib Piket“ untuk  Kebersihan Sekolah (cakupan sempit)

Dari pola di atas, maka sanggup kita ambil kesimpulan bahwa perbedaan tema, topik, dan judul terletak pada cakupannya. Tema mempunyai cakupan yang paling luas alasannya bersifat umum. Topik dihasilkan dari pemilihan beberapa variabel yang terdapat dalam tema. Sementara judul dihasilkan dari penguraian topik dan penggunaan batasan dari dilema yang akan dibahas.

Nah, semoga klarifikasi mengenai perbedaan tema, topik, dan judul ini tidak menciptakan kau semakin pusing. Karena, kalau kau semakin pusing, niscaya saya akan sangat berduka. Coba resapi pola di atas kalau kau belum memahami dan pastikan kau sanggup benar-benar membedakan mana tema, mana topik, dan mana judul.
Sumber http://danperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Tema, Topik, Dan Judul Beserta Pengertian Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel