iklan

8 Perbedaan Mentega Dan Margarin Yang Ibu Harus Tahu

Memang tak sanggup dipungkiri bila di antara kita masih banyak yang gamang dan menganggap bahwa mentega dan margarin yakni 2 materi pangan yang sama. Ya, anggapan ini tak lain yakni alasannya yakni keduanya mempunyai tekstur, warna, rasa, dan aroma yang hampir sama. Padahal bila ditelisik dan diidentifikasi lebih dalam keduanya ternyata mempunyai beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan mentega dan margarin tersebut? Untuk tahu jawabannya, simaklah uraian berikut ini!

Memang tak sanggup dipungkiri bila di antara kita masih banyak yang gamang dan menganggap ba 8 Perbedaan Mentega dan Margarin yang Ibu Harus Tahu

Perbedaan Mentega dan Margarin

Perbedaan antara mentega dan margarin terletak pada banyak hal. Baik margarin maupun mentega, keduanya dibentuk dari materi yang berbeda. Karena perbedaan materi pembuatan inilah maka kandungan, tekstur, warna, cara penyimpanan, rasa, aroma, dan spesifikasi penggunaan keduanya juga berbeda. Perbedaan-perbedaan tersebut sanggup kita lihat pada tabel berikut.
Perbedaan Margarin Mentega
Bahan Pembuatan Lemak Nabati Lemak Hewani
Kandungan Lemak tak jenuh Lemak jenuh
Tekstur Padat Lembek
Warna Kuning pucat Kuning cerah
Aroma Asam Asin
Rasa Aroma sedap Aroma susu
Cara Penyimpanan Dapat disimpan lama Tidak sanggup disimpan lama
Penggunaan Untuk menumis Untuk menciptakan camilan anggun atau roti

1. Bahan Pembuatan

Perbedaan mentega dan margarin yang pertama terletak pada asal materi pembuatannya. Margarin diproduksi dari lemak nabati (lemak yang berasal dari tumbuhan) menyerupai dari minyak kelapa sawit, minyak jagung dan lain sebagainya. Sementara mentega diproduksi dari lemak hewani (lemak yang berasal dari hewan) menyerupai lemak krim susu dan minyak ikan.

2. Perbedaan Kandungan

Karena dibentuk dari asal materi yang berbeda, mentega dan margarin juga mempunyai kandungan yang berbeda. Margarin mengandung asam lemak tak jenuh menyerupai omega-3 dan omega 6 yang sangat baik untuk kesehatan. Sedangkan mentega mengandung kalori dan lemak jenuh tinggi sehingga tidak baik bila dikonsumsi terlalu banyak, terutama oleh mereka yang punya duduk perkara dengan kadar kolesterol di dalam darah.
Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

3. Perbedaan Tekstur dan Warna

Membedakan mentega dan margarin juga sanggup dilakukan dengan mencicipi teksturnya. Tekstur mentega umumnya lebih lembek sedangkan tekstur margarin kebanyakan lebih padat.

Selain dari teksturnya, perbedaan mentega dan margarin juga sanggup diketahui dari penampilan warna keduanya. Warna margarin umumnya lebih pucat, sementara warna mentega lazimnya cenderung lebih cerah (kuning cerah).

4. Perbedaan Cara Penyimpanan

Margarin umumnya tahan disimpan usang di udara terbuka alasannya yakni tidak gampang meleleh. Sementara mentega bila disimpan di udara terbuka dalam waktu yang usang akan mengalami degradasi mutu. Perubahan warna, tekstur yang semakin lembek, serta aroma tengik akan timbul akhir reaksi oksidasi senyawa mentega dengan udara bebas.

5. Perbedaan Rasa dan Aroma

Rasa dan aroma antara mentega dan margarin juga berbeda. Rasa mentega cenderung lebih asin sementara rasa margarin cenderung lebih asam. Perbedaan rasa keduanya terjadi akhir kandungan kimia materi asal pembuatannya.

Dengan mencium aroma kedunaya, perbedaan mentega dan margarin juga sanggup diketahui. Aroma mentega umumnya lebih sedap, sedangkan aroma margarin cenderung terasa menyerupai aroma susu. Untuk membedakan aroma keduanya, kita perlu memanaskan mereka di atas wajan sehingga sebagian senyawanya terurai ke udara.

6. Perbedaan Penggunaan

Karena spesifikasi asal materi pembuatannya berbeda, maka mentega dan margarin juga mempunyai penggunaan yang berbeda. Mentega lebih cocok dipakai sebagai camilan anggun menyerupai cake dan beberapa jenis kua berair lainnya sedangkan margarin lebih cocok dipakai untuk menumis atau menggoreng makanan. Kendati demikian, untuk menciptakan camilan anggun dengan tekstur yang baik, kombinasi keduanya juga diharapkan dengan komposisi yang berimbang.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara margarin dan mentega yang Anda wajib tahu. Mulai sekarang, saya harap Anda tidak salah lagi ketika menentukan kedua materi tersebut untuk keperluan memasak Anda. Jika banyak sobat Anda yang belum tahu, silakan share artikel ini melalui tombol share Facebook di bawah ini. Semoga bermanfaat. Salam.
Sumber http://danperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Perbedaan Mentega Dan Margarin Yang Ibu Harus Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel