iklan

6 Perbedaan Planet Dan Bintang Dalam Ilmu Astronomi

Saat memandang angkasa di malam hari, kita akan melihat bermacam-macam benda langit yang bercahaya dengan begitu mempesona. Berjuta-juta benda langit yang kita lihat tersebut, dalam ilmu astronomi, secara umum sanggup dibedakan menjadi 2 saja, yaitu planet dan bintang. Planet dan bintang sama-sama memancarkan sinar dan terlihat dari bumi. Akan tetapi sinar antara kedua benda angkasa ini, kalau diamati dengan seksama ternyata mempunyai beberapa perbedaan planet dan bintang ditinjau dari sinar yang dipancarkannya? Simak jawabannya berikut ini!

Perbedaan Planet Dan Bintang

Perbedaan planet dan bintang sebenarnya tidak hanya terletak pada sinar yang dihasilkannya. Perbedaan kedua benda langit ini juga terletak pada gerakan, massa, ukuran, dan beberapa hal lain sebagaimana ditunjukan pada tabel di bawah ini!
 kita akan melihat bermacam-macam benda langit yang bercahaya dengan begitu mempesona 6 Perbedaan Planet Dan Bintang dalam Ilmu Astronomi
Perbedaan Planet Bintang
Sumber cahaya Memantulkan cahaya dari sumber lain Berasal dari intinya
Kenampakan cahaya dari permukaan bumi Terang Redup
Kelipan cahaya Tidak berkelip-kelip Berkelip-kelip
Suhu permukaan Panas pada belahan yang terkena cahaya Sangat panas
Massa dan ukuran Lebih ringan dan lebih kecil Lebih berat dan lebih besar
Gerakan Rotasi dan revolusi Rotasi
Siang dan malam Memiliki periode siang dan malam Tidak mempunyai periode siang dan malam

1. Perbedaan Sumber Cahaya

Meski sama-sama memancarkan cahaya, planet dan bintang ternyata mempunyai sumber cahaya yang berbeda. Cahaya yang dimiliki bintang berasal dari proses pembakaran hidrogen yang terdapat di inti fusinya. Sementara cahaya yang dipancarkan oleh planet berasal dari pantulan cahaya sumber lain. Cahaya planet timbul sebagaimana prosedur munculnya cahaya bulan.

2. Kenampakan Cahaya dari Permukaan Bumi

Jarak bintang yang lebih jauh dibandingkan jarak planet menciptakan cahaya yang hingga ke permukaan bumi terbagi ke dalam babak-babak dengan periode berbeda-beda. Hal ini menimbulkan cahaya bintang yang dilihat dari bumi akan tampak lebih redup dan berkelip-kelip. Sementara cahaya planet akan lebih terang dan tidak berkelip sebab jarak planet dengan permukaan bumi cenderung lebih dekat. Perbedaan planet dan bintang inilah yang sering dijadikan ciri bagi seorang pengamat dalam memilih apakah suatu benda langit tergolong ke dalam planet atau bintang.

3. Perbedaan Massa dan Ukuran

Ditinjau dari massa-nya, planet dan bintang juga berbeda. Perbedaan planet dan bintang dari segi massa juga besar lengan berkuasa terhadap perbedaan ukuran keduanya. Bintang mempunyai massa sekaligus ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan planet. Sebagai gambaran, massa matahari sebagai bintang yang terdekat dengan bumi kalau dibandingkan dengan massa bumi adalah  sekitar 332.946 banding 1.

4. Perbedaan Suhu Permukaan

Karena mempunyai sumber cahaya yang berbeda, maka suhu permukaan antara planet dan bintang juga berbeda. Suhu bintang akan sama dan sangat panas di setiap sisinya, sementara suhu permukaan planet berbeda-beda di setiap sisinya. Sisi yang terkena cahaya pantulan akan sangat tinggi, sedangkan sisi yang tidak terkena cahaya akan sangat rendah.

5. Perbedaan Gerakan

Perbedaan planet dan bintang juga sanggup kita identifikasi dari gerakannya. Planet melaksanakan gerak rotasi dan revolusi secara permanen dengan kecepatan tertentu sehingga kalau diamati dengan teleskop akan terang terlihat ia seolah sedang berjalan, sementara bintang hanya melaksanakan gerak rotasi saja sehingga cenderung terlihat membisu meski diamati dengan seksama.
Baca Juga : Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

6. Perbedaan Ada Tidaknya Siang dan Malam

Karena tidak mempunyai sumber cahaya sendiri, planet umumnya mempunyai periode siang dan malam. Planet bumi misalnya, mempunyai periode siang dan malam masing-masing 12 jam, sementara bintang tidak mengenal siang dan malam. Bintang hanya mengenal siang saja sebab cahaya ada di setiap sisinya jawaban pembakaran fusi yang terjadi sepanjang waktu.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan planet dan bintang yang sanggup kami jelaskan. Semoga sanggup menambah wawasan astronomi Anda. Semoga bermanfaat!
Sumber http://danperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Perbedaan Planet Dan Bintang Dalam Ilmu Astronomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel