iklan

6 Perbedaan Cucak Ijo Jantan Dan Betina Dari Fisiknya

Salah satu burung liar yang ketika ini banyak dipelihara dan dibudayakan para pehobi burung nusantara yaitu burung cucak ijo. Burung kecil berwarna hijau ini sanggup kita temukan dalam banyak sekali jenis, ada cucak ijo Banyuwangi, cucak ijo Kalimantan, cucak ijo Sumatera, cucak ijo mini, dan masih banyak lagi. Secara umum semua jenis burung cucak ijo tersebut mempunyai karakteristik dan cirinya masing-masing. Akan tetapi, pada artikel kali ini kita tidak akan membahas hal tersebut. Di artikel kali ini kita hanya akan mengulas seputar perbedaan cucak ijo jantan dan betina secara umum terutama dari segi fisiknya.

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Mengetahui perbedaan cucak ijo jantan dan betina yaitu hal penting yang harus dimiliki oleh pehobi yang akan membeli burung baru. Burung cucak ijo jantan dikenal punya kualitas kicauan yang lebih baik. Hal ini menciptakan cucak ijo jantan lebih banyak dipilih sehingga harganya menjadi lebih mahal.

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina juga harus diketahui bagi mereka yang pehobi yang akan melaksanakan persilangan atau perkawinan burung.

Salah satu burung liar yang ketika ini banyak dipelihara dan dibudayakan para pehobi burung  6 Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina dari Fisiknya
Untuk mengetahui perbedaan antara cucak ijo jantan dan cucak ijo betina, secara gampang kita sanggup melihat dari bagaimana penampilan fisiknya. Perbedaan keduanya sanggup diidentifikasi mulai dari warna lingkar mata, warna paruh, supit urang, kulit kaki, pupil mata, sampai warna bulu di bab lehernya.

Secara sederhana, kami telah merangkum perbedaan-perbedaan tersebut dalam bentuk tabel sebagaimana berikut.
Perbedaan Cucak Ijo Jantan Cucak Ijo Betina
Warna lingkar mata Kuning pekat dan lebih tegas Warna kuningnya agak memutih dan kusam
Paruh anakan Berwarna cokelat gelap Berwarna putih
Supit urang Keras dengan jarak sisi yang rapat Lembek dengan jarak sisi yang renggang
Kulit kaki sudah menyisik Ada bintik (trotol) hitam Tidak terdapat trotol hitam
Pupil mata Berwarna hitam dan jernih Berwarna coklat
Bagian leher Putih kehijauan Berwarna kuning

1. Perbedaan Lingkar Mata

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina yang pertama sanggup dilihat dari warna lingkar matanya. Lingkar mata pada cucak ijo jantan umumnya lebih kuning dan pekat, sementara kuningnya lingkar mata cucak ijo betina cenderung lebih pudar, memutih, dan terlihat kusam.

2. Perbedaan Warna Paruh

Salah satu cara membedakan cucak ijo jantan dan betina ketika masih anakan sanggup kita lihat dari warna paruhnya. Warna paruh cucak ijo jantan umumnya coklat gelap di bab bawahnya, sementara anakan cucak ijo betina cenderung putih. Perbedaan warna paruh antara kedua jenis kelamin burung ini sanggup Anda lihat pada gambar di bawah ini!

3. Perbedaan Supit Urang

Supit urang yaitu tulang yang terdapat pada bab belakan badan burung atau unggas. Dari bab badan ini, perbedaan cucak ijo jantan dan betina juga sanggup kita identifikasi. Cucak ijo jantan umumnya mempunyai supit urang yang keras dan rapat, sementara cucak ijo betina sebaliknya. Supit urang cucak ijo betina cenderung lembek dan renggang.
Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina
Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

4. Perbedaan Sisik

Jika sudah menyisik, kulit kaki cucak ijo juga sanggup menjadi ciri jenis kelaminnya. Cucak ijo jantan biasanya mempunyai sisik kaki dengan bintik-bintik atau trotol hitam, sementara cucak ijo betina pada sisiknya tidak terdapat trotol hitam.

5. Perbedaan Pupil Mata

Nah, jikalau kita melihat ke bab dalam mata burung cucak ijo, kita akan menemukan bundar gelap pada bola matanya. Lingkar inilah yang disebut dengan pupil. Pupil pada cucak ijo jantan biasanya berwarna hitam jernih, sementara pada betinanya pupil akan terlihat hitam kecoklatan sampai coklat.

6. Perbedaan Bulu Leher

Ciri yang terakhir yang menjadi perbedaan cucak ijo jantan dan betina kita sanggup lihat dari warna bulu leher bab bawahnya. Bulu leher cucak ijo jantan cenderung berwarna putih kehijauan, sementara pada cucak ijo betina buru lehernya cenderung kekuning-kuningan. Untuk mengetahui perbedaan warna bulu pada jenis kelamin cucak ijo, Anda sanggup melihatnya pada gambar di atas.

Nah, itulah sekilas pemaparan kami perihal ciri-ciri dan perbedaan cucak ijo jantan dan betina dari fisiknya. Semoga sehabis mengetahui ciri dan perbedaan tersebut, Anda tidak akan salah pilih lagi ketika membeli cucak ijo gres yang nantinya dipelihara. Semoga bermanfaat!
Sumber http://danperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Perbedaan Cucak Ijo Jantan Dan Betina Dari Fisiknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel