iklan

√ Gigi : Pengertian, Bagian, Jenis, Fungsi Gambarnya Lengkap

√ Gigi : Pengertian, Bagian, Jenis, Fungsi & Gambarnya Lengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Gigi ?? mendengar kata gigi sudah tidak absurd lagi bagi kita. sebab gigi selalu kita gunakan pada dikala makan yang kegunaan nya untuk menggigit, memotong, mengunyah, mencabik, dan menghaluskan yang kita makan. Agar lebih jelasnya lagi disini akan mengulas ihwal pengertian, bagian, jenis, dan fungsi gigi secara lengkap. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut.


 


 mendengar kata gigi sudah tidak absurd lagi bagi kita √ Gigi : Pengertian, Bagian, Jenis, Fungsi  Gambarnya Lengkap


 


 


Pengertian Gigi


Gigi yaitu suatu alat pencernaan mekanik yang terdapat pada rongga cuilan mulut. Gigi ini mempunyai fungsi untuk merobek, memotong dan mengunyah suatu masakan kita makan sebelum masakan tersebut akan masuk ke kerongkongan. Gigi jmempunyai struktur keras yang sehingga memudahkan untuk menjalankan fungsinya.


 




Bagian Bagian Gigi


 


 mendengar kata gigi sudah tidak absurd lagi bagi kita √ Gigi : Pengertian, Bagian, Jenis, Fungsi  Gambarnya Lengkap


 


1. Puncak atau Mahkota Gigi


Puncak atau Mahkota Gigi yaitu suatu cuilan gigi yang terlihat dari luar, pada cuilan ini dilapisi oleh lapisan pelindung yang disebut email gigi.


 


2. Leher Gigi


Leher gigi yaitu suatu cuilan gigi yang telah tertanam oleh gusi, pada cuilan ini terdapat dibawah cuilan mahkota gigi dan diatas cuilan akar gigi.


 


3. Akar Gigi


Akar Gigi yaitu suatu cuilan gigi yang telah tertanam dibawah rahang dan tidak terlihat dari luar, masing-masing pada jenis gigi pada insan mempunyai jumlah akar gigi yang berbeda-beda.


 




Lapisan Gigi


Gigi Mempunyai 4 Lapisan, yaitu :


 mendengar kata gigi sudah tidak absurd lagi bagi kita √ Gigi : Pengertian, Bagian, Jenis, Fungsi  Gambarnya Lengkap


 


1. Email Gigi


Email gigi yaitu suatu lapisan yang melapisi pada cuilan mahkota gigi. Email gigi yaitu suatu cuilan yang sangat keras dikarenakan telah tersusun oleh kasium dengan konsentrasi yang sangat tinggi. Pada cuilan email gigi paling keras terletak pada suatu cuilan mahkota yang mempunyai fungsi sebagai pelindung, dan kemudian semakin ke bawah maka suatu email gigi semakin tipis sehingga karenanya akan hilang ketika memasuki akar gigi.


 


2. Sementum Gigi


Sementum Gigi yaitu suatu cuilan gigi yang melapisi suatu akar gigi. Sementum mempunyai fungsi untuk menghubungkan suatu gigi dengan rahang tempatnya tumbuh. Struktur Sementum tidaklah sekeras email pada mahkota gigi. menyerupai Semen akan semakin tebal seiring bertambahnya usia.


 


3. Tulang Gigi (Dentin)


Tulang Gigi (Dentin) yaitu suatu lapisan gigi yang terdapat pada sehabis lapisan email gigi pada mahkota dan terdapat pada sehabis lapisan sementum pada akar gigi. Dentin mempunyai struktur mirip tulang namun lebih keras, sebab mempunyai konsentrasi kalsium yang lebih tinggi, dan sebab itu sering disebut dengan Tulang Gigi. Dentin yaitu struktur terluas pada gigi sebab melapisi seluruh badan gigi, dari mahkota hingga akar.


 


4. Rongga Gigi (Pulpa)


Rongga Gigi (Pulpa) yaitu suatu jaringan lunak pada tengah gigi yang berbentuk rongga dan terisi oleh suatu pembuluh darah dan pembuluh saraf. Pulpa mempunyai fungsi untuk menawarkan suatu nutrisi pada gigi sebab mempunyai pembuluh darah, dan juga mempunyai fungsi untuk mengidentifikasi apabila terdapat suatu zat absurd dalam gigi sebab mempunyai pembuluh saraf. Pulpa juga berfungsi untuk membentuk suatu lapisan dentin.


 




Jenis-jenis Gigi


 


 mendengar kata gigi sudah tidak absurd lagi bagi kita √ Gigi : Pengertian, Bagian, Jenis, Fungsi  Gambarnya Lengkap


 


1. Gigi Seri


Gigi Seri yaitu jenis gigi yang mempunyai satu akar dan mempunyai fungsi untuk memotong atau mengerat pada makanan. Gigi seri berbentuk tegak dengan mahkota yang horizontal. Manusia cukup umur mempunyai 4 gigi seri, masing-masing pada rahang bawah dan rahang atas terbagi 2.


 


2. Gigi Taring


Gigi Taring yaitu jenis gigi yang mempunyai satu akar dan mempunyai fungsi untuk merobek dan mengoyak pada sebuah makanan. Gigi taring mempunyai bentuk tegak dan agak runcing. Manusia cukup umur mempunyai 4 gigi taring, masing-masing pada rahang bawah dan pada rahang atas yang terbagi 2.


 


3. Gigi Geraham Depan (Premolar)


Gigi Geraham Depan (Premolar) yaitu jenis gigi yang mempunyai 2 akar dan mempunyai fungsi untuk menggiling dan mengunyah pada sebuah makanan. Gigi Premolar mempunyai bentuk rendah dan terdapat beberapa tonjolan pada cuilan mahkotanya. Manusia Dewasa mempunyai 8 Gigi Premolar, masing-masing pada rahang bawah dan pada rahang atas yang terbagi 4.


 


4. Gigi Geraham Belakang (Gigi Molar)


Gigi Geraham Belakang (Gigi Molar) yaitu sebuah jenis gigi yang mempunyai 2 atau 3 akar yang mempunyai fungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan, dan menghaluskan pada sebuah masakan yang kita makan. Gigi Molar mempunyai bentuk yang mirip dengan gigi Premolar diatas. Manusia cukup umur mempunyai 12 gigi Molar permanen. yang Masing – masing pada rahang atas dan rahang bawah yang terbagi menjadi 6.


 


Berdasarkan Usia Gigi Terbagi Menjadi 2 Jenis, Yaitu :


 


1. Gigi Susu


Gigi susu yaitu jenis gigi yang tumbuh pertama kali pada semua manusia, seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia manusia, gigi susu ini akan digantikan dengan gigi permanen. Biasanya jenis gigi susu mulai tumbuh pada usia 6, 7 atau 8 bulan, dan gigi yang pertama tumbuh yaitu jenis gigi seri pada rahang bawah. secara berjalan nya waktu Gigi ini akan tumbuh lengkap ketika insan berusia pada 2,5 – 3 tahun. selanjutnya akan copot satu per satu semenjak pada usia 6 tahun dan mulai digantikan oleh jenis gigi permanen. Gigi susu mempunyai jumlah 20 buah yang terbagi menjadi yaitu 8 Gigi seri, 4 Gigi taring, dan 8 gigi premolar.


 


2. Gigi Permanen


Gigi Permanen yaitu jenis gigi yang tumbuh untuk menggantikan gigi susu dan gigi ini tidak akan copot dengan sendirinya dan juga tidak akan digantikan oleh jenis gigi lain sepanjang kehidupannya. Gigi permanen seluruhnya berjumlah 32 buah, yang terbagi menjadi yaitu 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 Gigi Premolar, dan 12 Gigi Molar.


 


Pada dikala makan insan membutuhkan gigi untuk menggigit, mencabik, memotong, dan menghaluskan masakan semoga masakan tercerna pada pencernaan manusia. Itulah ulasan ihwal √ Gigi : Pengertian, Bagian, Jenis, Fungsi & Gambarnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bagian & Fungsinya Lengkap

Baca Juga :  √ Jantung : Pengertian, Bagian & Fungsinya Terlengkap

Baca Juga :  √ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Mata : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Lengkap

Baca Juga :  √ Lambung : Pengertian, Bagian, Fungsi & Penyakitnya Lengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Gigi : Pengertian, Bagian, Jenis, Fungsi Gambarnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel