iklan

Cara Multitask Di Terminal Linux Dengan Layar

Jika Anda pengguna Linux, Anda harus memulai dengan terminal Linux. Beberapa perintah terminal mungkin populer, yang lain tidak jelas, tetapi dalam banyak kasus, lebih gampang untuk menjalankan perintah melalui jendela terminal daripada melalui GUI.

Tetapi apa yang terjadi jikalau Anda perlu menjalankan beberapa perintah sekaligus? Layar GNU memudahkan terminal melaksanakan banyak kiprah ibarat ini, mari kita mulai menggunakannya.

Apa itu Layar GNU? 
Layar GNU ialah alat untuk terminal Linux yang membagi satu terminal menjadi beberapa. Itu berarti Anda sanggup menjalankan satu perintah, ucapkan unduhan file gambar, sambil beralih untuk menjalankan yang kedua, ibarat systemctl, untuk menyidik S.M.A.R.T. status drive Anda.

Ini memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah independen ibarat ini dalam sesi terpisah yang sanggup Anda hubungkan dan putuskan sesuka hati.

Itu tidak hanya berkhasiat untuk PC Anda sendiri; hampir penting jikalau Anda mengelola server jarak jauh. Jika Anda menjalankan perintah di server melalui SSH, apa yang terjadi jikalau Anda tetapkan sambungan? Perintah mungkin masih berjalan, tetapi Anda tidak akan sanggup dengan gampang memonitor atau berinteraksi dengannya.

Layar menangani problem itu untuk Anda. Anda sanggup menyambung kembali ke sesi Layar jikalau Anda kehilangan koneksi, atau melepaskannya dan membiarkannya berjalan di latar belakang hingga Anda perlu mengaksesnya lagi.

Cara Memasang Layar 
Layar tidak tiba dengan sebagian besar distribusi Linux, tetapi alasannya ialah sudah ada sebelum Linux, ia didukung dengan baik. 

Jika Anda ingin menginstalnya di distro berbasis Ubuntu atau Debian, jalankan yang berikut ini:
sudo apt-get update
sudo apt-get install screen
Demikian pula, jikalau Anda menjalankan Arch, buka jendela shell Anda dan jalankan:
sudo pacman -Syu
sudo pacman -S screen
Jika Anda memakai Fedora, jalankan ini sebagai gantinya:
sudo yum update
sudo yum install screen
Memulai Sesi Layar 
Memulai sesi Layar sederhana. Buka terminal, atau buat koneksi SSH, dan ketik screen. Anda akan melihat jendela pengantar screen; tekan spasi atau tombol enter Anda untuk menutupnya. 

Setelah Anda melakukannya, layar terminal Anda akan kembali normal. Tidak akan ada tanda yang terperinci bahwa Anda menjalankan sesi Layar, tetapi setiap perintah yang Anda jalankan dari titik ini akan berjalan dalam sesi yang kini sanggup Anda lepaskan dan pasang kembali sesuka hati.

Melihat dan Melepaskan Layar 
Anda akan ingin tahu cara menghubungkan dan tetapkan sambungan dari sesi Layar jikalau Anda berencana menggunakannya lagi. Jika Anda sudah berada di sesi Layar, tekan Ctrl + A diikuti dengan aksara d (huruf kecil).

Sesi dan perintah apa pun yang ketika ini berjalan di dalamnya akan terlepas untuk berjalan di latar belakang, siap untuk koneksi kembali nanti. Dengan perkiraan Anda hanya mempunyai satu sesi Screen berjalan, ketik:
screen -r
Ini akan memasang kembali sesi Anda dan memungkinkan Anda untuk melanjutkan. Jika Anda perlu melepas sesi dengan paksa dari jarak jauh, kemudian sambungkan kembali sendiri, ketik:
screen -rd
Anda sanggup menjalankan lebih dari satu sesi Layar. Jika Anda ingin menyambung kembali ke sesi tertentu, Anda harus mengetahui nomor ID proses sesi. screen -ls atau screen -r untuk mencantumkannya. 

Baca Juga Seperti yang ditunjukkan gambar di atas, ketik screen -r diikuti dengan nomor ID awal pada awal setiap sesi. Sebagai contoh:
screen -r 25407
Jika Anda ingin menutup sesi dan membatalkan perintah yang sedang berjalan di dalamnya, sambungkan kembali dan ketik exit.

Perintah Terminal Layar Lainnya untuk Diingat 
Layar mempunyai beberapa trik untuk pengguna yang ingin memanfaatkannya secara maksimal. Berikut ialah beberapa perintah terminal yang paling umum untuk Anda ingat.

Daftar Pintasan Keyboard Layar
Seperti semua kegiatan terminal yang baik, Layar mempunyai pintasan keyboard untuk Anda gunakan. Anda sudah memakai satu, Ctrl + A dan d, untuk melepaskan layar yang ada.

Jika Anda ingin melihat sisanya, cukup ketik Ctrl + A diikuti oleh? untuk memberi Anda daftar yang bisa Anda kerjakan.

Buat dan Tukar Antar Windows dalam Sesi 
Anda tidak perlu beralih di antara sesi untuk menjalankan perintah; Anda juga sanggup beralih antar windows dalam satu sesi. 

Untuk menciptakan jendela gres di sesi Anda, tekan Ctrl + A diikuti oleh c (huruf kecil) untuk menciptakan jendela baru. Jendela pertama Anda mulai dari nomor 0, jendela berikutnya 1, dll.

Tekan Ctrl + A dan kemudian filter melalui angka 0-9. Untuk menciptakan daftar masing-masing, gunakan Ctrl + A dan kemudian w (huruf kecil) untuk melihat daftar sesi dengan ID satu digit.

Buat Sesi Dengan Nama 
ID yang dibentuk secara acak sulit untuk diingat; memberi nama sesi Anda sesi mungkin menciptakan segalanya lebih mudah. Jika Anda ingin memulai sesi dengan nama, ketik:
screen -S examplename
Jika Anda ingin menyambung kembali ke sesi ini dengan nama, ketik:
screen -X examplename
Bagikan Sesi Layar 
Ingin menyebarkan sesi terminal dengan kolega atau teman? Berkat Screen, Anda bisa. Mengetik:
screen -X examplename
Daripada melepaskan siapa pun yang ketika ini terhubung ke sesi ini, Anda cukup bergabung. Pengguna lain akan melihat apa yang Anda ketik dan perintah yang Anda jalankan; Anda juga sanggup menonton pengguna lain jikalau mereka melaksanakan hal yang sama.

Log Output Layar Anda ke File
Anda mungkin perlu mencatat output layar Anda ke file untuk alasan pemeliharaan atau audit. Untuk melakukannya, ketik:
screen -L
Sesi akan dimulai dengan kemampuan untuk login ke file dengan nama screenlog.x (di mana X ialah angka, mulai dari nol) di direktori home Anda. Untuk memulai log dalam suatu sesi, ketik Ctrl + A diikuti oleh H (Shift + h).

Kunci Sesi Layar 
Jika Anda ingin melindungi sesi layar, Anda sanggup mengunci sesi dengan kata sandi Linux yang ada.

Ini menguncinya di jendela terminal Anda ketika ini; ketik kata sandi akun Anda untuk membuka kunci. 

Ketik Ctrl + A diikuti oleh x (huruf kecil) untuk mengunci sesi ketika Anda sedang terhubung.

Baca Juga


Sumber http://bintalahe.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Multitask Di Terminal Linux Dengan Layar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel