Rpp K13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ...........................
Kelas : VII (tujuh)
Semester : 2 (genap)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi : 11. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar : 11.1 Mengidentifikasi ragam jenis musik daerah.
Pada simpulan pelajaran siswa dapat:
§ Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
§ Menyebutkan elemen lagu seperti, irama, nada, tempo dan dinamika lagu.
§ Menjelaskan makna dari lagu jenis musik daerah.
2.Karakter siswa yang dibutuhkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
3. Materi Ajar
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu tempat Jawa Barat “Manuk Dadali” oleh : Sambas
4.Metode Pembelajaran
Model pendekatan Ctl dan life skill
Peretmuan pertama dan kedua.
. a. Kegiatan Pendahuluan
· Tanya jawab banyak sekali hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam aktivitas eksplorasi, guru:
- peserta didik Melakukan tanya jawab ihwal lagu yang sudah diperdengarkan.
- melibatkan akseptor didik mencari gosip yang luas dan dalam ihwal topik/tema bahan yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan berguru dari aneka sumber;
F menggunakan bermacam-macam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara akseptor didik dengan guru, lingkungan, dan sumber berguru lainnya;
F melibatkan akseptor didik secara aktif dalam setiap aktivitas pembelajaran; dan
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam aktivitas elaborasi, guru:
F membiasakan akseptor didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi akseptor didik melalui derma tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara ekspresi maupun tertulis;
F Mendengarkan lagu-lagu Daerah Jambi melalui CD/VCD/kaset/guru.
F Mendiskusikan ihwal elemen musik menyerupai irama, tempo, nada, serta dinamika.
F Memberikan tanggapan langsung secara ekspresi atau tertulis.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi akseptor didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi akseptor didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi akseptor didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik ekspresi maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam aktivitas konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik aktual dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan akseptor didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan klarifikasi terperinci akseptor didik melalui banyak sekali sumber,
F memfasilitasi akseptor didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman berguru yang telah dilakukan,
F memfasilitasi akseptor didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan akseptor didik yang menghadapi kesulitan, dengan memakai bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menuntaskan masalah;
Ø memberi teladan biar akseptor didik sanggup melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi gosip untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada akseptor didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam aktivitas penutup, guru:
F bersama-sama dengan akseptor didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, jadwal pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil berguru akseptor didik;
§ Alat/Sumber Belajar
F Buku “Seni Budaya .
F Lagu tempat “Manuk Dadali”
F VCD, CD, kaset, guru
§ Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan setelah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü mengidentifikasi bermacam-macam lagu dan karya musik dari tokoh tempat setempat Ü Menyebutkan nama alat musik pengiring | Tes Tertulis | Tes uraian | Ü Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya Ü Sebutkan nama alat musik pengiringnya Ü Berikan jawaban ihwal unsur musik yang diperdengarkan Ü Sebutkan nama irama, dinamika, tempo lagu yang diperdengarkan! Ü Sebutkan alat musik yang dipakai dalam lagu yang diperdengarkan! Ü Jelaskan nama pencipta lagu “Manuk Dadali” Ü Ceritakan makna lagu “Manuk Dadali” yang kalian dengarkan! Ü Sebutkan tanda mula pada lagu “Manuk Dadali” |
Format evaluasi
NO | Skor Mentah Perolehan (a) | Skor Mentah Maksimum (b) | Bobot soal skor Butir (c) | Nilai tiap soal |
1 | | 2 | 2 | |
2 | | 2 | 2 | |
3 | | 2 | 2 | |
4 | | 2 | 2 | |
5 | | 2 | 2 | |
| | 10 | 10 | |
Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Mengetahui, Kepala SMP/MTs ........ (Drs.Syahrel,M.Pd) NIP/NIK : ………………… | | Kerinci, ..................... 20... Guru Mapel SBK. ( ALRIZKA HAIRI DILFA) NIP/NIK : 14023077 |
0 Response to "Rpp K13"
Posting Komentar