iklan

Pengertian Paragraf Eksposisi Dan Contohnya

Pengertian paragraf eksposisi dan contohnya - Dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah tentunya kita pernah mendapat bahan perihal paragraf eksposisi beserta dengan referensi paragraf eksposisi. Dan sehabis mendapat bahan biasanya akan ditanyai pertanyaan ibarat ini apa yang dimaksud dengan paragraf eksposisi dan berikan contohnya. Masih ingatkan kau dengan apa yang dimaksud paragraf eksposisi dan contohnya? Seperti apa itu paragraf eksposisi dan contohnya. Jika kau lupa atau malah belum pernah sanggup bahan tersebut. Maka di sinilah kami akan membahas perihal definisi paragraf eksposisi dan contohnya. Berikut ini klarifikasi perihal arti paragraf eksposisi dan contohnya, silahkan kau baca hingga selesai.
Pengertian paragraf eksposisi dan misalnya Pengertian Paragraf Eksposisi dan Contohnya

Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang merupakan sejumlah pengetahuan atau sebuah informasi. Tujuan penulisan paragraf eksposisi yaitu agar pembaca memperoleh informasi serta pengetahuan dengan secara sejelas-jelasnya. Berita-berita yang telah anda baca terdahulu, terdiri dari paragraf-paragraf eksposisi. Selain pada informasi bentuk paragraf eksposisi juga sanggup kau temui dalam sebuah buku resep, laporan ilmiah dan petunjuk penggunaan.

Contoh paragraf eksposisi

Untuk mengetahui lebih terang perihal paragraf eksposisi, simaklah referensi paragraf eksposisi beserta identifikasinya berikut ini.

Sekitar tiga ratusan pelajar SMA/ Sekolah Menengah kejuruan sederjat, berkumpul di alun-alun Kudus, Jalan Jendral Sudirman, Sabtu (11/9). Setelah melakuan banyak sekali persiapan, para pelajar tersebut melaksanakan pawai melewati taman balai jagong wergu wetan, lalu melewati Jalan A. Yani kembali ke alun-alun lagi.

Kelompok pelajar tersebut terbagi menjadi beberapa kelompok.  Yang berada di paling depan para siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melaksanakan banyak sekali koreografi dengan bendera yang dibawanya. Kelompok mayoret tersebut diikuti oleh marching band, lalu disusul oleh sejumlah pelajar yang membawa sebuah papan bertulisan perihal hak-hak yang patut diperoleh seorang remaja. Kelompok pelajar yang berada di bab belakang yakni sekelompok pelajar yang berbaris di dalam selimut sebuah spanduk. Dalam spanduk tersebut bertuliskan petisi berupa tanda tangan sejumlah pelajar SMA/ Sekolah Menengah kejuruan sederajat yang bersekolah di kudus.

Dari kedua paragraf tersebut pada dasarnya yaitu sebuah informasi. Informasi tersebut yaitu berupa sebuah program pelaksanaan karnaval yang diikuti oleh ratusan pelajar. Karena itulah paragraf-paragraf tersebut dikelompokan dalam jenis paragraf eksposisi. Hal itu sesuai dengan karakteristik paragraf eksposisi yang tujuannya untuk memberi informasi atau pengetahuan sejelas-jelasnya kepada para pembaca. Karakteristik lainnya yaitu adanya sebuah fakta. Coba anda perhatikan pada paragraf yag pertama pada referensi tersebut. Setiap kalimat yang ada dalam paragraf tersebut merupakan kalimat yang menawarkan fakta.

Dalam paragraf tersebut yang merupakan kalimat fakta adalah:
  • Sekitar tiga ratusan pelajar SMA/ Sekolah Menengah kejuruan sederjat, berkumpul di alun-alun Kudus, Jalan Jendral Sudirman, Sabtu (11/9).
  • Setelah melakuan banyak sekali persiapan, para pelajar tersebut melaksanakan pawai melewati taman balai jagong wergu wetan, lalu melewati Jalan A. Yani kembali ke alun-alun lagi.

Demikianlah klarifikasi yang sanggup kami berikan perihal pengertian paragraf eksposisi dan contohnya. Semoga klarifikasi yang kami berikan pada blog Pengertian Paragraf deskripsi dan Contohnya.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Paragraf Eksposisi Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel