iklan

Pengertian Pandangan Gres Pokok Dan Pandangan Gres Penjelas

Pengertian inspirasi pokok dan inspirasi penjelas - Sebuah paragraf secara umum terbentuk dari dua unsur yaitu inspirasi pokok dan inspirasi penjelas. Ketika di sekolah dalam pelajaran Bahasa Indonesia mungkin kau pernah menjumpai sebuah pertanyaan “jelaskan pengertian inspirasi pokok dan inspirasi penjelas”. Masih ingatkah kau apakah yang dimaksud dengan inspirasi pokok dan inspirasi penjelas itu? Atau mungkin kau sudah lupa perihal apa yang dimaksud dengan inspirasi pokok dan inspirasi penjelas. Maka dari itulah bagi kau yang sudah lupa perihal apa itu inspirasi pokok dan inspirasi penjelas, di sini kami akan membahas perihal pengertian inspirasi pokok dan penjelas. Silahkan baca penjelasannya hingga final berikut ini.
 Sebuah paragraf secara umum terbentuk dari dua unsur yaitu inspirasi pokok dan inspirasi penjelas Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas

Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas

Pengertian Ide Pokok: Ide Pokok ialah sebuah gagasan yang menjadi dasar dalam pengembangan sebuah paragraf, inspirasi pokok dalam sebuah paragraf sering disebut dengan gagasan utama, gagasan pokok. Pengertian Ide Penjelas: Ide Penjelas ialah sebuah gagasan yang menjelaskan inspirasi pokok. Ide penjelas disebut dengan gagasan penjelas.

Contoh Ide Pokok dan Ide Penjelas

Untuk lebih mengetahui di mana ide pokok dan inspirasi penjelas berada maka berikut ini kami berikan teladan inspirasi pokok dan inspirasi penjelas dalam paragraf.

Semenjak terjadinya peristiwa gempa bumi yang disusul gelombang tsunami di Aceh dan Sumatera utara, seringkali terjadinya peristiwa dijadikan sebagai sarana untuk melaksanakan pemungutan uang kepada masyarakat. Banyak kelompok orang maupun organisasi yang tidak bertanggung jawab meminta pinjaman kepada masyarakat untuk korban becana alam. Mereka beroperasi di pinggir-pinggir jalan, lampu merah bahkan ada yang di bus kota dengan mengatasnamakan Departement Sosial.

Dalam paragraf tersebut yang menjadi inspirasi pokok paragraf yaitu seringkali terjadinya peristiwa tersebut dijadikan sebagai sarana untuk melaksanakan pemungutan uang kepada masyarakat.

Sedangkan inspirasi penjelas dalam paragraf tersebut yaitu:
  • Banyak kelompmok orang maupun organisasi yang tidak bertanggung jawab meminta pinjaman kepada masyarakat untuk korban peristiwa alam.
  • Mereka beroperasi di pinggir-pinggir jalan, lampu merah bahkan ada yang di bus kota dengan mengatasnamakan Departement Sosial.

Itulah klarifikasi yang dapat kami bagikan mengenai pengertian inspirasi pokok dan inspirasi penjelas. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini memperlihatkan manfaat.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Pandangan Gres Pokok Dan Pandangan Gres Penjelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel