iklan

√ 29 Pengertian Nasionalisme Berdasarkan Para Ahli

√ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Nasionalisme.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Nasionalisme? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli Terlengkap √ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli
√ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli


 


1. Ernest Renan


Nasionalisme yakni suatu keinginan untuk bersatu dan bernegara. Dalam hal ini nasionalisme merupakan sebuah keinginan besar untuk sanggup mewujudkan persatuan dalam bernegara.


 


2. Otto Bauar


Nasionalisme merupakan kehendak untuk bersatu dan bernegara.


 


3. L. Stoddard


Nasionalisme ialah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat di mana mereka menyatakan rasa kebangsaan sebagai perasaan mempunyai secara bersama di dalam suatu bangsa.


 


4. Hans Kohn


Nasionalisme yaitu formalisasi (bentuk) dan rasionalisasi dari kesadaran nasional berbangsa dan bernegara sendiri.


 


5. Sydner


Nasionalisme sebagai suatu emosi yang besar lengan berkuasa yang mana emosi ini telah mendominasi pikiran dan menghipnotis tindakan mayoritas rakyat sesudah revolusi Prancis.


Emosi ini muncul sebagai tanggapan terhadap kondisi politik, ekonomi, dan sosial tertentu.


 


6. Smith


Nasionalisme yaitu suatu gerakan ideologis yang dipakai untuk meraih dan memelihara otonomi, kohesi, dan individualitas.


Gerakan ini dilakukan oleh satu kelompok sosial tertentu yang diakui oleh beberapa anggotanya guna membentuk atau memilih satu bangsa atau yang berupa potensi saja.


 


7. Abbe Baurel


Nasionalisme yakni rasa cinta kepada kawasan dan bahasa oleh perseorangan atau sekelompok orang.


 


8. Carlton Hayes



  • Nasionalisme berarti suatu sentimen yang memperlihatkan keadaan pikiran di antara suatu nasionalitas.

  • Nasionalisme merupakan suatu teori, prinsip atau implikasi ideal dalam proses sejarah yang aktual.

  • Nasionalisme berarti menaruh kepedulian terhadap kegiatan-kegiatan politik menyerupai aktivitas partai politik tertentu, penggabungan proses historis dan satu teori politik.

  • Nasionalisme sebagai proses sejarah yang kasatmata yaitu terjadinya proses sejarah terbentuknya nasionalitas sebagai unit-unit politik, pembentukan suku, dan imperium kelembagaan negara nasional modern.


 


9. Hitler


Nasionalisme sebagai suatu perilaku dan semangat rela berkorban untuk melawan bangsa lain demi bangsa sendiri.


 


10. Benedict Anderson


Nasionalisme yakni sebagai suatu komunitas politik yang dibayangkan dan juga diimajinasikan sebagai sesuatu yang terbatas dan juga berdaulat.


 


11. Boyd Shafer



  • Nasionalisme yakni rasa cinta tanah air, ras, bahasa, atau budaya yang sama. Oleh alasannya yakni itu nasionalisme disini mempunyai makna yang sama dengan patriotisme.

  • Nasionalisme merupakan suatu iktikad yang mana menyatakan bahwa bangsanya sendirilah yang paling mayoritas dan tinggi diantara bangsa-bangsa yang lain. Doktrin ini disertai dengan tindakan yang agresif.

  • Nasionalisme yakni iktikad yang mengajarkan kepada suatu individu bahwa mereka hanya hidup untuk bangsa dan bangsa juga hidup demi bangsa itu sendiri.

  • Nasionalisme berarti suatu kebaktian mistis terhadap organisasi sosial yang kabur, atau bahkan sesuatu yang dikodrati sebagai bangsa atau volk yang kesatuannya lebih unggul daripada bagian-bagiannya.

    Nasionalisme merupakan suatu keinginan akan kemerdekaan politik, keselamatan dan prestise.


 


12. John Hutchinson


Nasionalisme sebagai fenomena budaya daripada fenomena politik.


 


13. Green Field dan Chirrot


Nasionalisme merupakan seperangkat gagasan dan sentimen yang membentuk kerangka konseptual wacana identitas nasional yang sering hadir bersama dengan aneka macam identitas lainnya menyerupai agama, suku, okupasi, kelas, gender, dan lain-lain.


 


14. Kedourie


Nasionalisme yakni suatu iktikad yang berpotensi untuk memperlihatkan satu kriteria dalam memilih unit penduduk yang ingin menikmati suatu pemerintahan pribadi bagi dirinya, untuk melegitimasi pelaksanaan kekuasaan dalam negara dan untuk memperlihatkan hak mengorganisasikan suatu masyarakat negara.


 


15. Abdurrachman Surjomiharjo


Nasionalisme sebagai suatu paham kebangsaaan dimana terdapat kesadaran wacana perbedaan asasi antara yang dijajah dan yang menjajah.


 


16. Moerdiono


Nasionalisme merupakan suatu tekad untuk hidup suatu bangsa yang sama di bawah negara yang sama. Hal ini terlepas dari perbedaan ras, etnis, agama, ataupun golongan tertentu saja.


 


17. Sastroadmojo


Nasionalisme merupakan hal yang sangat fundamental alasannya yakni berkaitan dengan perjalanan sejarah bangsa Indonesia.


 


18. Suprayogi


Nasionalime bangsa Indonesia mempunyai perilaku yang positif yaitu mendorong terwujudnya negara Republik Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.


 


19. Arti Luas


Nasionalisme yaitu seseorang yang mempunyai perasaan gembira atau cinta kepada bangsa dan tanah airnya dengan tidak memandang rendah derajat bangsa lain.


 


20. Arti Sempit


Nasionalisme yakni sesorang yang mempunyai perasaan gembira atau cinta kepada bangsa dan tanah airnya secara berlebih-lebihan sehingga memandang rendah derajat bangsa lain.


 


21. Dr. Hertz


Nasionalisme yakni hasrat untuk mencapai kesatuan, hasrat untuk merdeka, hasrat untuk mencapai keaslian dan hasrat untuk mempunyai impian bersama.


 


22. Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )


Nasionalisme yakni paham (ajaran) untuk mengasihi bangsa dan negara sendiri, sifat kenasionalan, makin menjiwai bangsa Indonesia, 2 kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau kasatmata gotong royong mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu.


 


23. Wikipedia


Nasionalisme merupakan salah satu paham yang sanggup membuat dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris nation) dengan sanggup mewujudkan satu konsep identitas bersama.


Untuk sekelompok insan yang mempunyai sebuah tujuan atau impian yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional dan nasionalisme juga rasa ingin untuk sanggup mempertahankan negaranya, baik dari internal maupun eksternal.


 


24. Slamet Mulyana


Nasionalisme yakni manifestasi kesadaran berbangsa dan bernegara atau semangat bernegara.


 


25. Sartono Kartodirdjo


Nasionalisme sebagai fenomena historis timbul sebagai tanggapan terhadap kondisi-kondisi historis, politis, ekonomi, dan sosial tertentu.


 


26. Ir. Soerkano


Nasionalisme yakni pilar kekuatan bangsa-bangsa yang terjajah untuk memperoleh kemerdekaan.


 


27. Prof. Dr. M. Dimyani Hartono. SH


Nasionalisme yakni rasa kecintaan terhadap negaranya yang tidak sanggup dilepaskan dari rasa patriotisme.


 


28. Ernest Gellenervia


Nasionalisme yaitu keseimbangan antara rasa nasional terhadap bangsa dengan kekuatan berpolitik.


 


29. Adolf Henken


Nasionalisme sebagai pandangan yang berpusat pada bangsanya.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 29 Pengertian Nasionalisme Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel