iklan

Pengertian Tektonisme Dan Macam Gerak Tektonisme

Pengertian tektonisme dan macam gerak tektonisme – Dalam tenaga endogen terdapat yang namanya tektonisme. Tahukah kau apa itu tektonisme? Seperti apa itu gerak tektonisme? Bagi teman-teman yang belum tahu wacana apa yang dimaksud tektonisme, maka kau sanggup menyimak klarifikasi wacana definisi dari tektonisme ini. Dengan menyimak klarifikasi wacana arti dari tektonisme ini diperlukan teman-teman sanggup memahami wacana apa yang dimaksud dengan tektonisme. Selain membahas pengertian tektonisme di sindi juga kami jelaskan wacana macam macam tektonisme. Langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian tektonisme dan macam gerak tektonisme Pengertian Tektonisme dan Macam Gerak Tektonisme

Pengertian Tektonisme

Tektonisme atau yang dikenal dengan diastropisme merupakan salah satu bab dari tenaga endogen. Pengertian dari tektonisme yaitu suatu tanda-tanda perubahan atau pergerakan kerak bumi dalam skala yang luas. Yang termasuk dalam tanda-tanda tektonisme yaitu patahan dan lipatan. Menurut teori tektonik lempeng, kerakbumi dikelompokan menjadi beberapa lempeng yang bergerak satu dengan lain, tetapi gerakan tersebut begitu lambat.

Akibat dari gerakan-gerakan tersebut, lempeng-lempeng tersebut sanggup mengalami suatu perubahan-perubahan bentuk, misalkan menjadi lipatan-lipatan atau bergelombang maupun risikonya bab tertentu dari lempeng yang patah. Lipatan sanggup terjadi alasannya yaitu adanya suatu gerakan yang lambat, namun secara terus menerus. Sedangkan patahan sanggup terjadi alasannya yaitu adanya gerakan yang cepat dan secara tiba-tiba.

Macam macam Tektonisme

Jelaskan macam macam tektonisme? Seperti apa macam macam proses tektonisme? Nah berikut ini yaitu macam macam gerak tektonisme dan penjelasannya.
  • Epirogenesa yaitu suatu gerak yang membentuk benua dengan kecepatan gerak yang sangat lambat yang tidak kita sadari.
  • Orogenesa yaitu suatu gerak yang membentuk patahan dan juga lipatan dalam kurun waktu yang begitu cepat dan luas pergerakannya (daerah) lebih sempit dibanding dengan epirogenesa.

Itulah klarifikasi yang sanggup kami berikan wacana pengertian tektonisme dan macam gerak tektonisme. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini sanggup menambah pengetahuan kita.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Tektonisme Dan Macam Gerak Tektonisme"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel