iklan

✔ Mencar Ilmu Php Oop #4 : Metode/Fungsi Set Dan Get Pada Class Php Oop

Belajar pemrograman PHP berorientasi pada objek - Pada sesi ini kita akan akan membahas wacana bagaimana cara menciptakan metode atau fungsi SET() dan GET() didalam sebuah class pada PHP pemrograman berorientasi object.

Pada sesi mencar ilmu PHP OOP sebelumnya kita sudah pernah membahas cara Membuat Metode/Function dan juga cara mendefinisikan Class dan Property pada konsep pemrograman PHP berorientasi pada objek.

Dalam pembuatan project PHP yang sesungguhnya, sumbangan nilai pada property dalam sebuah Class dilakukan sehabis menciptakan object tersebut, namun dalam sesi mencar ilmu sebelumnya kita pribadi memberi nilai pada property yang kita buat:


class belajarphp {     // property     public $x = 10;     public $y = 20;   } 

Dari pola diatas dapat dilihat nilai dari property $x pribadi diberi nilai 10, dan variable $y dengan nilai 20.

Pada sesi ini, nilai property $x dan $y akan kita isi dikala dibutuhkan/memanggil class belajarphp tersebut memakai metode Get dan Set.

Metode Get dan Set sesungguhnya sama saja dengan metode/fungsi biasa yang sudah kita pelajari sebelumnya, Namun dalam konsep pemrograman berorientasi object kita mengenal istilah metode get dan set. Berikut ini pola penerapan metode GET dan SET pada php OOP.
 <?php   // nama class   class belajarphp {     // property     public $x;     // metode set nilai x     public function setNilaiX($nilai){       $this->x =$nilai;     }     // metode get nilai x     public function getNilaiX(){       return $this->x;     }   }   // buat object gres   $jumlah = new belajarphp;   // isi nilai $x   $jumlah->setNilaiX(10);   // tampilkan nilai $x   echo "Nilai variable $x = ". $jumlah->getNilaiX();  ?> 

Jika tidak ada error, maka akan menghasilkan "Nilai variable $x = 10".

Penjelasannya, dikala kita menciptakan object gres dari class belajarphp, kita harus memberi nilai gres terhadap variable/property $x, dan gunakan function getNilaiX() jikalau ingin menampilkan nilai gres variable $x.

Sebagai tambahan, kita juga dapat menciptakan objek gres dari class yang sama dengan nilai yang berbeda tentunya. Misalnya kita punya nialai dari $x yaitu 10, maka saya akan menciptakan objek gres dengan nama $jumlahbaru dari $x dengan nilai 20, lihat pola berikut :
 <?php   // nama class   class belajarphp {     // property     public $x;     // metode set nilai x     public function setNilaiX($nilai){       $this->x =$nilai;     }     // metode get nilai x     public function getNilaiX(){       return $this->x;     }   }   // buat object gres   $jumlah = new belajarphp;   $jumlahBaru = new belajarphp;   // isi nilai $x   $jumlah->setNilaiX(10);   $jumlahBaru->setNilaiX(20);   // tampilkan nilai $x   echo "Nilai variable $x = ". $jumlah->getNilaiX();   echo "<br>";   echo "Nilai Baru variable $x = ". $jumlahBaru->getNilaiX();  ?> 

Jika tidak terjadi error maka akan menghasilkan
 Nilai variable $x = 10 Nilai Baru variable $x = 20 

Kamu juga dapat menciptakan variasi-variasi dengan fungsi yang berbeda-beda. Jika teman-teman ingin mempelajari tutorial mencar ilmu pemrograman PHP berorientasi objek ini silahkan follow sosial media arahan aneh dan silahkan berlangganan melalui email secara gratis supaya kau tidak ketinggalan update tutorialnya.

Thank you and see you next lessons ...

Sumber http://scqq.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Mencar Ilmu Php Oop #4 : Metode/Fungsi Set Dan Get Pada Class Php Oop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel