iklan

√ Pengalaman Internet 4G Lte Smartfren Di Palembang

 maka kali ini saya akan sedikit berbicara mengenai pengalaman memakai layanan  √ Pengalaman Internet 4G LTE Smartfren Di Palembang


Setelah mereview internet 4G LTE Telkomsel maka kali ini saya akan sedikit berbicara mengenai pengalaman memakai layanan 4G LTE Smartfren. Smartfren merupakan operator pertama yang memperlihatkan layanan 4G LTE di kota Palembang oleh alasannya yakni itu tidak heran jikalau coverage atau jangkauan sinyal 4G LTE-nya paling luas dan stabil dibandingkan dengan operator Telkomsel atau XL namun apakah hal tersebut berbanding lurus dengan kecepatan yang akan didapat? Mari kita bedah bersama:


Smartfren 4G LTE Palembang


Untuk sanggup menikmati layanan 4G LTE Smartfren maka hal pertama yang harus kita lakukan yakni membeli device baik handphone atau Mifi yang telah support 4G LTE Smartfren. Dalam kesempatan ini saya mempunyai dua-duanya yakni handphone Andromax Es dan Mifi M2Y yang dibeli di Galeri Smartfren Jakabaring. Namun untuk pembahasan kali ini saya hanya akan memakai Andromax Es sebagai materi percobaan lantaran device ini tertanam nomor bundling paket True Unlimited 75.000 sehingga lebih leluasa dalam melaksanakan ujicoba kecepatan.


Sebagai pengantar bahwa jaringan 4G LTE Smartfren mempunyai 2 frekuensi (band) yakni 850 Mhz (Band 5 FDD) dan 2300 Mhz (Band 40 TDD) yang mana keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing:

















FrekuensiKelebihanKekurangan
850 MhzArea jangkauan lebih luas dan hingga ke pelosok.Kecepatan relatif lebih lambat.
2300 MhzArea jangkauan hanya terpusat di tempat perkotaan saja.Kecepatan yang didapat sangat cepat dan stabil.


Dan untuk gosip bahwa frekuensi Smartfren di seluruh kota Palembang hanyalah grup musik 5 850 Mhz sehingga kecepatan yang didapat relatif lebih lambat jikalau dibandingkan dengan grup musik 40 2300 Mhz. Frekuensi 2300 Mhz ini sendiri biasanya hanya terdapat di sentra kota besar yang dominan berada di Pulau Jawa.


Sebenarnya walaupun frekuensi 4G LTE Smartfren di Palembang hanya 850 Mhz namun kecepatannya tidak sanggup dibilang lambat untuk ukuran 4G LTE. Berikut hasil pengujian via aplikasi Speedtest:




Melihat hasil tersebut, kecepatan maksimal yang didapat hanyalah 22.34 Mbps d0wnl0ad dan 6.85 Mbps upload. Namun pada kenyataannya hasil yang sering didapat kecepatan rata-rata 4G LTE Smartfren di Palembang hanyalah berkisar 15an Mbps saja itupun terkadang fluktuatif naik turun tergantung situasi kondisi. Oleh alasannya yakni itu untuk saya pun telah menciptakan video real time uji kecepatan Smartfren via Youtube:



Hasilnya pun tidak terlalu beda jauh yakni 17.30 Mbps untuk d0wnl0ad. Sebenarnya hasil-hasil test kecepatan diatas kalau mau jujur belum sanggup kita kategorikan sebagai true 4G LTE lantaran intinya kecepatan minimal relatif 4G LTE yakni sekitar upto 25 Mbps bahkan hasil speedtest 3G HSDPA Kartu Halo Telkomsel punya saya pun kecepatannya jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan 4G LTE-nya Smartfren.


Hasil test 3G HSDPA Kartu Halo Telkomsel:


 maka kali ini saya akan sedikit berbicara mengenai pengalaman memakai layanan  √ Pengalaman Internet 4G LTE Smartfren Di Palembang


Perbedaan kecepatan 4G LTE Smartfren dan 3G HSDPA Telkomsel diatas hanyalah sebagai selingan dan kembali ke topik permasalahan bahwa intinya kecepatan 4G LTE Smartfren di kota Palembang belumlah maksimal namun untuk jangkauan atau coverage sinyal 4G-nya Smartfren pantas berbangga diri lantaran mereka mempunyai jangkauan terluas dan hampir seluruh area kota Palembang sanggup menikmati layanan 4G LTE-nya.



Hasil test kecepatan diatas sangat bergantung kepada posisi, waktu dan keadaan sekitar dari pengguna. Hasil berbeda mungkin akan didapat oleh setiap orang.



Sekali lagi perlu diingat bahwa layanan internet 4G LTE apapun operatornya niscaya akan meningkatkan konsumsi data (kuota) internet anda menjadi lebih boros. Bagi yang merasa kuota 2 GB sudah cukup untuk satu bulan sebaiknya berpikir ulang untuk mencari paket yang lebih akomodatif. Saat ini hanya Smartfren yang memperlihatkan paket data Unlimited sehingga konsumen tidak perlu lagi khawatir akan kuota yang terus tersedot. Saya sendiri hingga ketika ini cukup puas memakai paket data True Unlimited 75.000/bulan walaupun ada kecenderungan speed 4G LTE Smartfren semakin lambat setiap hari namun sudah lebih dari cukup untuk mengakomadasi kebutuhan internet kelas berat ibarat saya. 😆



Sumber https://dionbarus.comm

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pengalaman Internet 4G Lte Smartfren Di Palembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel