iklan

Figur Pemimpin Ideal


– Pemimpin merupakan seseorang yang sangat berpengeruh dalam sebuah organisasi. Pemimpin mempunyai kekuasaan terhadap organisasi yang dipimpinnya. Di dalam menentukan seorang pemimpin harus sempurna dan cermat. Pemimpin yang ideal ialah pemimpin yang bisa membawa organisasinya menjadi maju dan sanggup mensejahterakan para bawahannya. Jangan hingga Anda salah menentukan pemimpin, alasannya ialah aka nada banyak kerugian apabila hal itu terjadi.

Berikut ialah beberapa syarat/sifat yang harus dimiliki oleh calon pemimpin Anda. Ada 9 (sembilan) syarat/sifat yang harus ada di dalam diri seorang pemimpin yang ideal, antara lain:
1.      Memiliki ambisi. Seseorang yang tidak mempunyai ambisi terperinci bukan calon seorang pemimpin. Ambisi merupakan suatu motivasi yang diperlukan. Orang tanpa ambisi tidak akan sanggup mencapai hasil yang maksimal.
2.      Sikap terhadap kebijakan. Perlu dipantau apakah ia tegas atau tidak terhadap kebijakan yang ada. Apakah ia lebih kompromis, sehingga tidak sejalan dengan visi organisasi atau ia merupakan orang yang tegas, tetapi mempunyai rasa kasih saying di dalam memimpin.
3.      Sikap terhadap rekan. Bagaimana ia memperlakukan rekannya juga sangat berperan dalam peningkatan kepemimpinannya. Apakah ia menunjukkan penghargaan kalau mereka berhasil, atau teguran kalau mereka melanggar. Apakah mereka mengambil keberhasilan orang untuk kemuliaannya sendiri? Jika demikian halnya, maka perilaku itu bukan cirri seorang pemimpin yang ideal.
4.      Sikap terhadap keluarga. Sikap terhadap keluarga akan menggambarkan sikapnya terhadap organisasinya. Jika ia sangat memperhatikan keluarganya, ia juga akan memperhatikan organisasinya.
5.      Kemampuan memimpin. Kemampuannya dalam memimpin merupakan syarat mutlak. Ia harus berani mengambil risiko, mengatasi tantangan dan bertanggungjawab, serta mempunyai rasa menyayangi terhadap sesamanya.
6.      Sikap pada tuntutan waktu dan energi. Harus tegar terhadap semua tuntutan organisasi dan tidak gampang mengalah dalam setiap keadaan. Ia mempunyai energi ekstra alasannya ialah sebagai pemimpin terkadang tidak sanggup dibatasi waktu dalam keadaan tertentu. Memilih pemimpin yang sehat secara jasmani dan rohani itu sangat dibutuhkan.
7.      Mempunyai pengalaman yang luas. Ia juga sebaiknya mempunyai pengalaman yang luas. Pengalamannya akan memperkaya organisasi, sehingga di dalam mengambil keputusan ia tidak perlu memulai dari nol. Orang yang tidak mempunyai pengalaman biasanya aka nada waktu yang hilang untuk menyesuaikan atau paling tidak harus berguru budaya organisasi untuk beberapa waktu. Wawasan yang dimiliki oleh seorang pemimpin harus luas dan berpandangan positif. Pengalaman ialah guru yang paling baik.
8.      Mempunyai pergaulan yang luas. Untuk menjadi seorang pemimpin dibutuhkan pergaulan yang luas. Hal ini sangat vital alasannya ialah organisasi memerlukan berbagaai susukan untuk pengembangannya. Jika jaringan pergaulannya luas akan sangat memudahkan mengisi kebutuhan organisasinya dan gampang untuk mendapat relasi.
9.      Sikap mau terus belajar. Semua orang berhasil ialah orang yang mau belajar. Di AS, hanya 10 persen penduduknya yang mau membeli dan membaca buku. Itu saja sudah menghasilkan pemimpin yang terkenal. Dari pengalaman terlihat, di Indonesia orang malas membaca, sehingga pemimpin seringkali berjalan sekadarnya sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Kesembilan syarat/sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang ideal ini di sanggup dari buku karangan Leonardus Saiman, Salemba Empat.

Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Figur Pemimpin Ideal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel