iklan

Pengertian Komite Audit


Komite Audit ialah komite yang dibuat oleh dewan komisaris perusahaan tercatat, yang anggotanya diangkat dan diberhentikan oleh dewan komisaris untuk membantu melaksanakan investigasi atau penelitian yang dianggap perlu terhadap pelaksanaan fungsi direksi dalam mengelola perusahaan tercatat.

Keanggotaan komite audit sekurang-kurangnya terdiri dari 3 orang, di mana seorang diantaranya merupakan Komisaris Independen perusahaan tercatat yang sekaligus merangkap sebagai ketua komite audit, sedangkan dua anggota lainnya merupakan pihak eksternal yang independen, dan salah satu diantaranya harus mempunyai kemampuan di bidang akuntansi dan/atau keuangan.
Komite audit bertugas memperlihatkan pendapat professional yang indepanden kepada dewan komisaris serta mengidentifikasi hal-hal yang memerlukan perhatian dewan komisaris, yang meliputi:
a.      Menelaah warta keuangan yang akan dikeluarkan oleh perusahaan ibarat laporan keuangan serta proyeksi dan warta keuangan lainnya.
b.     Menelaah independensi dan objektivitas akuntan publik.
c.      Menelaah kecukupan investigasi yang dilakukan oleh akuntan publik untuk memastikan semua risiko yang penting telah dipertimbangkan.
d.     Menelaah efektivitas pengendalian internal perusahaan.
e.      Menelaah tingkat kepatuhan perusahaan tercatat terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal dan peraturan perundangan lainnya yang bekerjasama dengan kegiatan perusahaan.
f.      Melakukan investigasi terhadap dugaan adanya kesalahan dalam keputusan rapat direksi atau penyimpangan dalam pelaksanaan keputusan rapat direksi. Pemeriksaan tersebut sanggup dilakukan oleh komite audit atau pihak independen yang ditunjuk oleh komite audit atas biaya perusahaan tercatat yang bersangkutan.
Komite audit wajib melaporkan hasil penelaahannya kepada seluruh anggota dewan komisaris selambat-lambatnya 2 hari kerja sesudah laporan itu simpulan dibuat. Komite audit wajib memberikan laporan aktivitasnya kepada dewan komisaris secara berkala, sekurang-kurangnya 1 kali dalam 3 bulan.

Sumber artikel ini dari buku Pasar Modal dan Manajemen Portofolio oleh Mohamad Samsul, Penerbit Erlangga. Belilah buku yang orisinil untuk mendapat ilmu lebih banyak lagi. Terimakasih.

Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Komite Audit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel