iklan

Pengertian Biaya Peluang Berdasarkan Para Ahli


Biaya Peluang (Opportunity Cost) ialah segala sesuatu yang dikorbankan untuk mendapat sesuatu. Setiap kali kita harus menciptakan keputusan atau menentukan suatu tindakan, kita tidak hanya memilih, tetapi juga harus mempertimbangkan biaya peluang. Ada banyak pendapat menganai biaya peluang, diantaranya ialah sebagai berikut.

N. Gregory Mankiw menyampaikan bahwa biaya peluang ialah segala sesuatu yang harus Anda korbankan untuk memperoleh sesuatu.
Robert B. Ekelund, Jr. dan Robert D. Tollison menyampaikan bahwa biaya peluang ialah biaya dari penggunaan sumber daya ekonomi untuk tujuan tertentu, yang diukur dalam ukuran laba yang tidak jadi didapat alasannya ialah tidak menentukan alternatif itu dibandingkan dengan komoditi yang didapat sebagai gantinya alasannya ialah menentukan suatu alternatif.
Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus menyampaikan bahwa keputusan menentukan biaya peluang, alasannya ialah menentukan satu hal dalam dunia kelangkaan berarti menyerahkan sesuatu yang lain. Biaya peluang ialah nilai barang atau jasa yang paling berharga yang hilang.

Sumber Pustaka: Alam S. 2013. Ekonomi. Jakarta: Esis

Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Biaya Peluang Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel