iklan

Alasan Kenapa Burung Dapat Terbang !

"Kenapa burung bisa terbang ?". Pertanyaan menyerupai itu mungkin sering kita dengar. Meski terlihat abnormal dan tidak penting. tentu kebanyakan orang akan menjawab "Karena mereka mempunyai sepasang sayap !" . Memang balasan anda tidak salah, tapi pernahkah anda berfikir perihal klarifikasi dari sudut pandang biologi maupun fisikanya ? Nah berikut kami siapkan artikel nya.

Gambar Elang Terbang
Tidak salah bila kita menjawab "Burung bisa terbang alasannya yaitu burung mempunyai sepasang sayap". Burung memang memakai sepasang sayapnya untuk terbang. Tapi tak semua yang mempunyai sepasang sayap bisa terbang menyerupai ayam, dan angsa. Meski ayam mempunyai sayap tapi ayam tidak bisa terbang bebas menyerupai burung. Ada faktor yang sangat penting yang menciptakan burung bisa terbang. Berikut ini yaitu klarifikasi singkatnya, simak ya !

A. Dilihat dari sudut pandang biologi
Berikut yaitu alasan secara biologis bagaimana burung bisa terbang, 
  1. Sunsunan tulang rangka pada burung sangat ringat bahkan ada burung yang berat tulangnya lebih ringan dibanding kan dengan berat seluruh bulu ditubuhnya. Walaupun tulang rangka burung ini sangat ringan, akan tetapi rangka ini sangat kuat. Inilah salah satu alasan kenapa burung mempunyai kemampuan untuk terbang di udara. Tulan paling besar dan paling berat pada burung yaitu pada bab dada dan bahunya, Hal ini berfungsu untuk menambah kekuatan sayap pada burung.
  2. Burung mempunyai susunan otot yang kuat. Tulang yang berpengaruh tidak ada artinya bila tidak didukung oleh susunan otot yang berpengaruh juga. Otot-otot ini bisa mengontrol sayapnya dengan baik.
B. Dilihat dari sudut pandang fisika
  1. Agar sebuah benda sanggup melayang di udara, tekanan udara yang berada di atas permukaan benda tersebut harus lebih kecil dari pada bab bawah. Nah, kalau kita perhatikan airfoil yang dimiliki oleh burung, kita bisa melihat bahwa tekanan di bab atasnya lebih kecil dibanding di bawahnya. Inilah alasan kenapa burung bisa terbang.
  2.  Faktor lain yang menjelaskan kenapa burung bisa terbang yaitu kecepatan burung itu sendiri. Semakin cepat gerakan si burung maka akan semakin tinggi terbangnya. Dan cara untuk mempercepat gerakannya tentu saja dengan mengepakkan sayapnya lebih cepat.
Nah diatas yaitu keterangan singkat perihal bagaimana burung bisa terbang, akibatnya kita punya balasan yang rasional untuk menjawab pertanyaan kenapa burung bisa terbang. biar bermanfaat




Sumber http://goresan-kecil-chara.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alasan Kenapa Burung Dapat Terbang !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel