iklan

Tips Mendidik Anak

  1. Jika melihat anakmu menangis, jangan buang waktu untuk mendiamkannya. Coba tunjuk burung atau awan di atas langit semoga ia melihatnya, ia akan terdiam. Karena psikologis insan ketika menangis, yaitu menunduk.
  2. Jika ingin anak-anakmu berhenti bermain, jangan berkata: "Ayo, sudah mainnya, stop sekarang!". Tapi katakan kepada mereka: "Mainnya 5 menit lagi yaaa". Kemudian ingatkan kembali: "Dua menit lagi yaaa". Kemudian barulah katakan: "Ayo, waktu main sudah habis". Mereka akan berhenti bermain.
  3. Jika engkau berada di hadapan sekumpulan bawah umur dalam sebuah tempat, yang mereka berisik dan gaduh, dan engkau ingin memperingatkan mereka, maka katakanlah: "Ayoo.. Siapa yang mau mendengar dongeng saya, angkat tangannya..". Salah seorang akan mengangkat tangan, kemudian disusul dengan bawah umur yang lain, dan semuanya akan diam.
  4. Katakan kepada bawah umur menjelang tidur: "Ayo tidur sayang.. besok pagi kan kita sholat subuh", maka perhatian mereka akan selalu ke akhirat. Jangan berkata: "Ayo tidur, besok kan sekolah", alhasil mereka tidak sholat subuh alasannya yaitu perhatiannya yaitu dunia.
  5. Nikmati masa kecil anak-anakmu, alasannya yaitu waktu akan berlalu sangat cepat. Kepolosan dan kekanak-kanakan mereka tidak akan lama, ia akan menjadi kenangan. Bermainlah bersama mereka, tertawalah bersama mereka, becandalah bersama mereka. Jadilah anak kecil ketika bersama mereka, ajarkan mereka dengan cara yang menyenangkan sambil bermain.
  6. Tinggalkan HP sesaat jikalau bisa, dan matikan juga TV. Jika ada sobat yang menelpon, katakan: "Maaf saaay, ketika ini saya sedang sibuk mendampingi anak-anak".Semua ini tidak menyebabkan jatuhnya wibawamu, atau hilangnya kepribadianmu. Orang yang bijaksana tahu bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu dan menguasai pendidikan anak.
Selain itu, jangan lupa berdoa dan bermohon kepada Allah, semoga bawah umur kita menjadi suplemen yang menyenangkan, baik di dunia maupun di akhirat.
Subhanallah...


Semoga yang "like" dan "bagikan" tausiyah ini semua dosanya diampuni Allah, diangkat derajatnya, dikabulkan segala hajatnya dan mendapat pasangan yang sakinah serta anak yang sholeh/sholeha sampai dapat masuk nirwana melalui pintu mana saja yang dikehendaki.
Aamiin ya Rabbal'alamiin

Sumber: Grup Facebook

Sumber http://pustakariyadi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mendidik Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel