iklan

Tips Dan Trik Menghadapi Tes Potensi Akademik

Bagi sebagian orang Tes Potensi Akademik dianggap sebagai hantu yang seram sebab dianggap tes yang paling sulit dalam suatu ujian penerimaan. Namun sesungguhnya jikalau sobat tahu kuncinya (bukan kunci balasan soal maksudnya, haha), sobat akan sangat terbantu dalam menghadapi tes ini. Ada beberapa tips dan trik sederhana sukses menghadapi soal TPA yang perlu sobat ketahui, dan berikut yaitu ulasannya :

 dianggap sebagai hantu yang seram sebab dianggap tes yang paling sulit dalam suatu  Tips dan Trik Menghadapi Tes Potensi Akademik

Tips dan Trik Menghadapi Tes Potensi Akademik

  • Mencari Informasi

    Hal pertama yang harus sobat lakukan dalam 3 bulan sebelum pelaksanaan tes yaitu mencari-cari informasi mengenai organisasi penyelenggara dan karakteristik soal-soal yang akan diujikan. Karakteristik soal TPA BAPPENAS terkadang berbeda dengan soal TPA masuk pascasarjana atau soal TPA untuk kenaikan jabatan. Biasanya masing-masing instansi mempunyai hukum tersendiri untuk soal-soal mana saja yang akan diujikan. Jangan hingga sobat mempelajari mati-matian tes kemampuan lisan namun untuk kenyataannya tes tersebut tidak pernah diujikan dalam beberapa tahun terakhir di instansi yang sobat daftarkan. Jadi, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya dulu sebelum melaksanakan tes. Bisa googling, bertanya pada teman, atau bertanya pada orang instansi terkait.

  • Lakukan Latihan, Latihan, dan Latihan

    Setelah berhasil menemukan informasi perihal karakteristik soal-soal yang akan diujikan, kiprah selanjutnya yaitu berlatih soal-soal TPA sebanyak mungkin. Hal ini akan menciptakan sobat kenal lebih dekat lagi dengan banyak sekali jenis dan model soal. Selain itu, hal yang niscaya lagi yaitu kemampuan sobat akan lebih terasah, mulai dari teknik menganalisa, teknik berhitung, ataupun juga juga teknik memahami soal.

  • Fokus Satu Per Satu

    Soal TPA terdiri dari majemuk model soal, mulai dari tes verbal, tes numerik, tes logika, tes visual, dll. Fokuskan diri sobat ke dalam satu model soal dulu, jikalau sudah menguasai dengan baik gres sobat sanggup pindah ke model soal yang lainnya.

  • Sesuaikan Waktu Dalam Menjawab Soal

    Kesalahan yang paling sering dilakukan kebanyakan orang yaitu melaksanakan latihan soal TPA dengan tidak mematuhi batasan waktu yang ditentukan. Hal ini akan membiasakan sobat untuk bekerja secara lambat dalam menuntaskan soa-soal yang diujikan. Makara dikala sobat mengerjakan tes yang sebenarnya, sobat akan sangat susah untuk mengatur waktu pengerjaan. Oleh sebab itu, dengan jumlah soal yang mencapai ratusan dan waktu yang relatif singkat, biasakan diri sobat untuk berlatih soal dengan waktu yang telah ditentukan biar nantinya terbiasa mengerjakan soal dengan cepat dan tepat.

  • Tes Verbal

    Dalam tes verbal, sobat dituntut mempunyai pembendaharaan kata yang luas. Bisa dilakukan dengan sering-sering membuka kamus KBBI atau kamus pembendaharaan kata yang lainnya ibarat aurus. Jika sobat malas untuk membuka kamus, cara yang lebih simpel untuk menambah kata-kata di dalam otak kita yaitu dengan cara banyak membaca bacaan umum ibarat majalah, koran, ataupun surat kabar lainnya. Disana banyak sekali kata-kata yang mungkin belum pernah sobat jumpai sebelumnya, dan hal ini sekaligus akan mempermudah sobat dalam proses mengingat.

  • Tes Angka

    Pada tes angka TPA, jangan pernah menghafal rumus-rumus matematika yang rumit, sebab hal tersebut hanya akan membebani kerja otak kita saja. Yang perlu dilakukan cukuplah sobat memainkan logika berpikir yang terstruktur. Tentunya hal ini sanggup dilatih dengan cara memperbanyak latihan-latihan soal, dan dengan sendirinya logika berpikir kita akan semakin terasah dan memudahkan dalam pengerjaan soal-soal serupa dengan cepat dan benar.

  • Tes Visual

    Bermain dengan soal bergambar dua dimensi atau tiga dimensi, cara satu-satunya biar sanggup menaklukan soal jenis ini yaitu dengan melatih imajinasi kita. Biasanya soal bergambar ini mempunyai rujukan di tiap-tiap soalnya. Lakukan latihan sesering mungkin biar sobat mengetahui jenis-jenis rujukan apa saja yang paling sering digunakan.

  • Hilangkan Rasa Penasaran

    Satu lagi kesalahan fatal yang sering dilakukan dikala tes ujian berlangsung dan ini sangat ancaman sobat. Banyak orang mempunyai rasa ingin tau terhadap salah satu soal tertentu dalam tes. Yang paling sering dijumpai yaitu pada soal-soal jenis numerik atau angka. Rasa ingin tau boleh sobat miliki hanya pada dikala LATIHAN SAJA, namun pada dikala tes ujian berlangsung hilangkan hal itu dari diri sobat. Rasa ingin tau terhadap suatu soal akan menguras banyak waktu dan tenaga untuk berfikir, belum lagi jikalau soal tersebut tidak berhasil dipecahkan. Pastinya hal ini akan menciptakan sobat menjadi emosi bahkan putus asa sehingga soal-soal lain terbengkalai. Perlu diingat kembali bahwa setiap butir soal TPA mempunyai bobot nilai yang sama, jadi jangan pernah membuang-buang waktu untuk menuruti rasa ingin tau sobat.

  • Kondisikan Tubuh dan Pikiran Dalam Keadaan Prima

    Saat mengerjakan soal-soal TPA, baik itu dikala masih latihan ataupun dikala ujian berlangsung, biasakan diri untuk mengkondisikan tubuh dan pikiran dalam keadaan prima. Hindari keadaan stres, tegang, panik, tertekan dan ubahlah menjadi kondisi yang santai, tenang, serta percaya diri. Jika sobat dalam keadaan tegang cobalah untuk sedikit rileks dengan cara menghirup udara dalam-dalam dan mengeluarkan secara pelan-pelan. Jika perlu sobat sanggup meminum satu gelas air putih untuk menciptakan tubuh sobat menjadi segar. Hal ini penting dilakukan sebab dikala dalam kondisi tegang kerja otak akan cepat menguras energi, dan biasanya dikala energi mulai menipis rasa panik mulai muncul. Ceroboh dan terburu-buru sudah niscaya dilakukan dikala rasa panik ini datang, dan alhasil sobat akan gampang terkecoh dengan balasan yang sekilas nampak benar.

    Hal lain lagi yang perlu sobat perhatikan yaitu jikalau besok yaitu hari dimana tes ujian berlangsung, maka kondisikan tubuh sobat pada malam harinya untuk istirahat total. Hindari memaksakan berlatih soal-soal sebab akan menciptakan sobat lelah dan capek. Dan jangan pernah lupa, sebelum mengerjakan tes ujian jangan biarkan perut sobat dalam keadaan kosong dan kehausan. Tetapi, jangan pula makan secara berlebihan sebab sanggup menjadikan rasa kantuk.

  • Jangan Lupakan Doa

    Selain niat dan usaha, kekuatan doa sangatlah penting peranannya. Mintalah doa ke orang-orang terdekat disekeliling sobat biar selalu diberikan semangat dan kekuatan dalam mengerjakan soal-soal TPA. Sugestikan diri sendiri bahwa sobat bisa mengerjakan soal TPA dengan mudah, cepat, dan tepat.

Tips dan trik menghadapi Tes Potensi Akademik di atas sangat lah penting untuk diketahui. Semoga sehabis membaca artikel ini sobat sanggup lebih baik lagi dalam mempersiapkan ujiannya mendatang. Tetap semangat dan selamat mencoba, good luck.

Sumber http://soaltpaku.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Dan Trik Menghadapi Tes Potensi Akademik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel