iklan

√ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik Yang Wajib Ditonton

Film bergenre musical, memang terkesan segmented. Tidak semua menyukainya. Adegan demi adegan terpotong oleh lagu, musik dan dansa. Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan. Dan yang lebih dahsyatnya lagi, lebih banyak didominasi film jenis ini mempunyai durasi yang tidak mengecewakan panjang. Minimal 2 jam, bahkan bisa lebih.


Tetapi, ada sensasi tersendiri yang membedakan film musical ini dengan film bergenre lainnya. Kita akan dibawa hanyut dengan mudahnya oleh lagu yang menggambarkan perasaan sang karakter. Saat bahagia atau sedih, lantunan lagu dan musik yang ditampilkan menjadi poin penting dalam film yang lebih banyak didominasi terinspirasi oleh drama musical Broadway ini.


Berikut ini kami pilihkan 10 film musical terbaik yang tidak hanya menampilkan kualitas yang anggun tetapi juga terkenal dan banyak dikenang oleh para penontonnya. Dan pastinya, lagu-lagu yang ditampilkan sangat memorable bagi siapa pun yang pernah menyaksikannya.


10 Film Musikal Hollywood Terbaik


1. Mary Poppins [1964]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Bisa dibilang, film produksi Walt Disney Pictures ini ialah yang mengangkat genre musical menjadi terkenal di mata publik, sehabis sebelumnya banyak film musical yang diangkat dari pentas teater Broadway. Mengadaptasi dari buku berseri karya P.L. Travers, film ini menggabungkan antara live-action dengan animasi khas Disney.


Di ajang Academy Awards, film ini dinominasikan di 13 kategori dan berhasil membawa pulang Oscar dari kategori Best Actress untuk Julie Andrews, Best Film Editing, Best Original Music Score, Best Visual Effects, dan Best Original Song, “Chim Chim Cher-ee”, karya The Sherman Brothers. Maka tidak heran kalau film ini telah masuk ke kategori klasik ketika ini.


2. The Sound of Music [1965]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Julie Andrews kembali bersinar di film yang merupakan pembiasaan dari pentas teater musical Broadway yang diangkat dari memoir The Story of the Trapp Family Singers karya Maria von Trapp yang mengisahkan pengalamannya di Salzburg pada masa perang di tahun 1938. Pesan film ini, musik menjadi penyelamat dan penyemangat hidup keluarga Trapp di era perang tersebut.


Film klasik ini, selain sebagai salah satu film terlaris dunia, juga berhasil meraih 5 Oscar dari 10 kategori nominasi, yaitu Best Picture, Best Director untuk Robert Wise, Best Music, Best Sound Mixing dan Best Film Editing. Meski tidak berhasil meraih Oscar, Julie Andrews kembali masuk nominasi Best Actress selama dua tahun berturut-turut.


3. Grease [1978]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Film musical romantis ini diperankan oleh pasangan John Travolta dan Olivia Newton-John. John Travolta ialah pemain film yang bernyanyi di film ini dan Olivia Newton-John ialah penyanyi yang berakting di film ini. Hebatnya, mereka berhasil memaksimalkan potensi mereka dalam bernyanyi dan berakting, sehingga film ini menjadi terkenal di masa itu dan melambungkan karir mereka masing-masing.


Meski hanya masuk di satu kategori sebagai nominasi saja, yaitu di Best Original Song untuk “Hopelessly Devoted to You” yang dilantunkan oleh Olivia Newton-John, tetapi hampir semua lagu di film ini sangat memorable, salah satunya ialah “You’re the One That I Want” yang berhasil memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100.


Walhasil, film ini menjadi banyak ilham bagi film-film musical lainnya, salah satunya ialah Kuch Kuch Hota Hai [1998] yang mempunyai kesamaan dalam salah satu adegannya. Dalam soundtrack-nya, sang legenda Frankie Valli membawakan lagu yang diproduseri oleh Bee Gees berjudul “Grease” yang juga menjadi lagu No.1 di Billboard Hot 100.


4. Moulin Rouge! [2001]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Film karya Baz Luhrmann ini membangkitkan kembali genre film yang sempat mengalami mati suri selama hampir dua dekade. Dibintangi oleh Ewan McGregor dan Nicole Kidman, film ini mengambil setting di Montmartre Quarter di Paris, Perancis. Filmnya sendiri dipenuhi oleh lagu-lagu hits yang digubah kembali dalam bentuk yang lebih unik.


Salah satu lagu soundtrack-nya, “Lady Marmalade” yang dilantunkan oleh Christina Aguilera dan rekan-rekannya menjadi No.1 hits di Billboard Hot 100 yang turut membantu popularitas film yang berhasil meraih dua Oscar dari 8 nominasi, yaitu Best Costume Design dan Best Art Direction.


5. Chicago [2002]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Menyusul kesuksesan Moulin Rouge! [2001], sutradara Rob Marshall terinspirasi untuk mengangkat pentas musical Broadway terkenal ke layar lebar. Dibintangi oleh trio Catherine Zeta-Jones, Renee Zellweger, dan Richard Gere, film ini menyuguhkan film dalam nuansa teatrikal yang kental tetapi sangat menghibur.


Meski dasar ceritanya berlatar belakang perihal kriminal, jalan dongeng kemudian semakin seru dengan menanjaknya popularitas para terdakwa perempuan ini. Disinilah mereka bersaing demi meraih popularitas dari media. Ketiga pemeran utama ini bernyanyi dan berdansa tanpa memakai dubbing atau pemeran pengganti. Benar-benar sebuah totalitas maksimal.


Film ini pun kemudian masuk radar Oscar dan berhasil meraih 6 Oscar dari 13 kategorinya, salah satunya ialah Best Picture, dimana film ini menjadi film musical pertama yang berhasil memenangi kategori tersebut di era modern sehabis terakhir kali Oliver! [1968] meraihnya hampir 4 dekade sebelumnya.


6. Across the Universe [2007]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Bagi fans The Beatles, film musical ini wajib ditonton. Kenapa? Karena film ini menampilkan 34 lagu milik The Beatles dalam alur dongeng yang menarik meski cenderung surealis dan kelam. Kita pastinya akan diajak berdendang bersama dalam potongan-potongan adegan diantara penggalan-penggalan obrolan yang beraroma politik dan kemanusiaan.


Evan Rachel Wood dan Jim Sturgess didapuk sebagai pemeran utama yang bisa membawa lagu-lagu The Beatles dalam nuansa yang berbeda tetapi tidak kehilangan esensi dari liriknya sendiri. Mereka seakan-akan menciptakan lagu-lagu tersebut hidup dalam diri mereka. Selain itu, banyak juga artis terkenal yang tampil sebagai cameo, menyerupai Bono dan Salma Hayek.


7. Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street [2007]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Siapa yang menyangka kalau Johnny Depp bisa juga bernyanyi dalam sebuah film musical? Di film karya Tim Burton ini, Depp berperan sebagai tokoh utama, Sweeney Todd, seorang pencukur rambut yang membunuh banyak pelanggannya dan bekerja sama dengan partner-in-crime, Mrs. Lovett, untuk menghilangkan jejak sikap kriminal mereka.


Film ini memang terkesan kelam, dengan jalan dongeng yang bisa dibilang sadis meski juga diselipkan beberapa humor yang cukup menyentil, tetapi lewat perannya, Johnny Depp berhasil masuk nominasi Oscar di kategori Best Actor. Segala kritikan tajam yang mengarah kepada film ini di awal perilisannya, ditepis dengan baik lewat raihan penghargaan yang berlimpah.


8. Les Miserables [2012]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Film ini ialah sebuah film yang murni bergenre musical dibandingkan dengan film-film musical lainnya. Karena hampir semua obrolan diubah dalam bentuk lantunan lagu yang sesuai adegan demi adegan yang ditampilkan dalam film yang mengambil setting di Paris pada era 1800an ini. Semua pemeran di film ini melantunkan obrolan mereka dengan sangat baik selayaknya penyanyi opera profesional.


Hugh Jackman, Russell Crowe, dan Amanda Seyfried menjadi tokoh-tokoh utama dalam film yang berdurasi cukup panjang ini. Tetapi yang berhasil mencuri perhatian ialah Anne Hathaway, yang berhasil meraih banyak penghargaan atas kiprahnya sebagai Fantine, seorang perempuan pekerja pabrik yang sengsara. Rintihannya sangat menyentuh hati begitu ia mendendangkan lagu “I Dreamed a Dream” yang sangat sendu.


9. La La Land [2016]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Mayoritas kritikus film dan para moviegoers menasbihkan film ini sebagai film musical terbaik masa ini. Hal ini tidak terlalu berlebihan, mengingat kualitas film ini jauh di atas rata-rata film musical lainnya. Dari musik dan lagunya yang sangat catchy, chemistry Ryan Gosling dan Emma Stone yang sangat klop, jalan dongeng yang menarik, dan cinematography yang indah serta dinamis.


Sudah pasti, film karya Damien Chazelle ini, selain sukses secara kualitas, tetapi juga secara komersialitas. Total $445 juta diraih dari bujet produksi yang hanya sebesar $30 juta. Di ajang Academy Awards, film ini Berjaya dengan dinominasikan di 13 kategori, menjadi salah satu film dengan nominasi terbanyak, dan berhasil meraih 6 Oscar diantaranya.


10. Beauty and the Beast [2017]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Salah satu film live-action dari karya terbaik animasi Disney ini menampilkan akting memikat dari Emma Watson dan Dan Stevens. Jalan ceritanya tidak diubah sama sekali dari versi aslinya, hanya terdapat beberapa penambahan biar terkesan lebih kekinian. Bahkan semua lagu-lagu yang dilantunkan dalam versi animasinya, kembali ditampilkan dengan nuansa yang lebih fresh.


Film yang bertabur bintang ini bisa mendorong semua potensi yang dimiliki oleh para pemerannya dan juga seluruh elemen filmnya. Penonton akan dibawa hanyut dengan obrolan demi obrolan dan lagu demi lagu yang ditampilkan dengan sangat baik oleh para pemerannya, terutama Emma Watson. Maka kemudian, film ini menjadi film musical dengan pendapatan tertinggi ketika ini.


Film Musikal Terbaik Lainnya


Sudah menonton semua film di atas tapi masih ingin menonton film musikal? Tenang saja, Bacaterus akan menunjukkan rekomendasi film musikal terbaik lainnya yang wajib Anda tonton. Berikut daftar lengkapnya:


11. The Greatest Showman [2017]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Berbicara mengenai film musikal terbaik, kita niscaya tidak akan melewatkan The Greatest Showman. Film yang tayang di penghujung tahun 2017 ini menunjukkan banyak kejutan bagi penontonnya. Bahkan, Hugh Jackman yang kental dengan image Wolverine atau Logan berhasil memerankan P.T. Barnum, seorang laki-laki yang membangun perjuangan sirkusnya mulai dari nol.


Sepanjang film kita akan disuguhkan dengan soundtrack yang easy listening dan menciptakan kita ikut bernyanyi. Aksi-aksi teatrikal dari anggota sirkus milik P.T. Barnum juga menambah daya tarik dari film ini. Di film The Greatest Showman, Anda bisa menyaksikan Hugh Jackman dan Zac Efron bernyanyi dan menari.


12. Pitch Perfect 1, 2, dan 3 [2012, 2015, dan 2017]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Pitch Perfect ialah sebuah film musikal yang mengusung pemain film dan aktris muda, sehingga sebagian besar penonton film ini ialah remaja. Fokus film ini ada pada sebuah grup akapela perempuan berjulukan The Barden Bellas. Grup akapela ini terdiri dari beberapa cukup umur perempuan yang berada dalam sebuah universitas yang sama. Nama-nama aktris muda berbakat mengisi tugas menjadi anggota The Bellas, menyerupai Anna Kendrick, Rebel Wilson, dan Hailee Steinfeld.


Perjalanan The Bellas untuk bisa menjadi grup akapela perempuan terbaik tidak mudah. Mereka harus menghadapi persaingan dengan grup akapela pria, The Treblemakers. Kemudian, intrik juga terjadi antar anggota The Bellas. Bahkan, ada juga beberapa anggota The Bellas yang terlibat affair dengan anggota The Trebelemakers.


Pitch Perfect ialah sebuah film musikal dengan alur dongeng yang ringan. Di film ini juga banyak meng-cover lagu-lagu modern yang kekinian sehingga film ini jauh dari kata membosankan.


13. Mamma Mia [2008]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Setiap film drama musikal tentu mempunyai jalan dongeng tersendiri, tak terkecuali Mamma Mia. Film yang rilis pada tahun 2008 ini disutradarai oleh Phyllida Loyd. Nama-nama pemain film dan aktris terkenal di Hollywood turut membintangi film banyak mengadaptasi lagu-lagu ABBA ini, menyerupai Meryl Streep, Amanda Seyfried, Pierce Brosnan, Collin Firth, dan Stellan Skarsgård.


Film ini menceritakan perihal kisah seorang gadis berjulukan Sophie yang dibesarkan oleh ibunya. Sejak kecil Sophie tidak pernah tahu siapa ayahnya. Beberapa hari sebelum pernikahannya, Sophie menemukan buku harian milik sang ibu. Dari buku harian tersebut Sophie mengetahui bahwa sebelum mengandung dirinya, sang ibu pernah menjalin hubungan dengan ketiga pria.


Sophie berinisiatif untuk mengundang ketiga laki-laki yang pernah menjalin hubungan dengan ibunya ke pesta pernikahannya. Namun, sang ibu murka dan mengusir ketiga laki-laki tersebut. Sophie berusaha menahan para laki-laki itu untuk tetap hadir di pernikahannya. Celakanya, ketiga laki-laki itu sama-sama merasa bahwa mereka ialah Ayah Sophie dan ingin menjadi wali di ijab kabul Sophie.


14. Dreamgirls [2006]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Sekali lagi Beyonce Knowles menandakan bahwa dirinya bukan hanya seorang diva dunia, tetapi juga seorang aktris yang berbakat. Dreamgirls bukan debut pertama Beyonce sebagai aktris alasannya ialah sebelumnya ia sudah membintangi beberapa film. Namun, film musikal ini menandakan bahwa Beyonce layak mendapat tugas utama dalam sebuah film.


Dreamgirls mengisahkan perihal ketiga orang sahabat yang mempunyai harapan untuk sukses dalam dunia musik sebagai penyanyi terkenal. Usaha mereka ternyata membuahkan hasil ketika seorang produser mau mengorbitkan mereka. Sayangnya, kesuksesan mereka juga diwarnai dengan intrik salah satu anggota yang ternyata menjalin cinta dengan produser tersebut.


15. Into the Woods [2014]


 Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan √ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton


Seharusnya Into the Woods bisa menjadi film yang sukses. Sayangnya, film keluaran Disney ini tidak begitu sukses di pasaran. Padahal, dari segi dongeng film fantasi musikal ini terbilang sangat unik. Di film ini Anda sanggup melihat beberapa tokoh dari negeri dongeng, menyerupai Rapunzel, Red Riding Hood, Jack dan Pohon Kacang, hingga Cinderella.


Film ini menceritakan perihal sepasang suami istri pembuat roti yang mendambakan kehadiran buah hati. Akan tetapi, mereka dikutuk oleh penyihir jahat biar tidak bisa mempunyai anak. Untuk mematahkan kutukan tersebut sepasang suami istri ini harus mencari elemen-elemen yang diinginkan si penyihir.


Elemen-elemen tersebut menyerupai jubah semerah darah milik gadis di dongeng Red Riding Hood, rambut sekuning jagung menyerupai milik Rapunzel, sepatu semurni emas menyerupai milik Cinderella, dan sapi seputih susu. Namun, semua itu tidak akan gampang alasannya ialah mereka harus menghadapi raksasa dalam dongeng Jack dan Pohon Kacang.


Dengan menonton film-film di atas, kita akan dibawa menikmati banyak sekali genre musik yang disuguhkan di dalamnya. Tidak hanya opera saja, tetapi juga ada jazz, pop, rock n’ roll dan disco. Makara kita dijamin tidak akan bosan untuk mengulang kembali lagu-lagunya, yang mungkin saja bisa menjadi soundtrack kehidupan kita dalam segala suasana.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 10 Film Musikal Hollywood Terbaik Yang Wajib Ditonton"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel