iklan

√ Tutorial Cara Memasang Tabung Gas Yang Simpel Dan Aman

Tabung gas merupakan “jantung” bagi kompor gas Anda. Tanpa adanya tabung gas, kompor tidak akan sanggup menyala dan digunakan untuk memasak. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk membeli kompor gas, sebaiknya Anda juga mempelajari cara memasang tabung gas yang aman.


Pemasangan tabung gas dimulai dari pemasangan selang ke regulator. Tanpa menggunakan regulator, gas dari dalam tabung tidak sanggup tersalurkan menjadi materi bakar kompor.


Sayangnya, para kaum hawa sering mengalami kesulitan dikala harus memasang tabung gas dari langkah pemasangan regulatornya. Oleh lantaran itu, Bacaterus akan memperlihatkan panduan cara memasang tabung gas yang mudah dan aman.


Cara Memasang Selang ke Regulator


 kompor tidak akan sanggup menyala dan digunakan untuk memasak √ Tutorial Cara Memasang Tabung Gas yang Mudah dan Aman

* sumber: www.djangkarubumi.com


Sebelum memulai cara memasang tabung gas ke kompor, Anda harus lebih dulu mempelajari cara memasang selang ke regulator. Selang khusus inilah yang nantinya akan menyalurkan gas ke kompor biar Anda sanggup menggunakan kompor untuk banyak sekali keperluan. Nah, pribadi saja simak langkah-langkah memasang selang untuk menghubungkan kompor dengan regulator berikut ini:



  1. Masukkan ujung selang ke dalam pipa gas yang letaknya berada di belakang kompor

  2. Pasang clamp ke ujung selang yang sudah terpasang dengan pipa belahan belakang kompor. Kemudian rapatkan clamp dengan menggunakan obeng untuk memastikan bahwa sabungan antara selang dengan kompor tidak gampang terputus

  3. Selanjutnya, pasang ujung selang lainnya ke regulator yang sudah Anda siapkan. Setelah berhasil memasukkan selang ke regulator, putar clamp untuk mengencangkan biar sambungan selang dan kompor gas tidak gampang terputus

  4. Putar atau tekan pemantik kopor untuk memastikan apakah api sudah menyala dengan baik melalui kompor tersebut


Cara Memasang Tabung Gas pada Kompor


 kompor tidak akan sanggup menyala dan digunakan untuk memasak √ Tutorial Cara Memasang Tabung Gas yang Mudah dan Aman

* sumber: coba999.wordpress.com


Yang satu ini ialah cara yang paling penting, yakni memasang tabung gas untuk dihubungkan pada kompor. Setelah mengetahui cara memasang selang ke regulator, sekarang saatnya kita membahas cara pemasangan tabung gas pada kompor. Berikut ialah langkah-langkah untuk memasang tabung gas pada kompor:



  1. Buka segel plastik yang menutupi tabung gas baru. Pada umunya, segel plastik ini menjamin keaslian tabung gas yang Anda beli

  2. Pasang rubber seal di dalam tabung gas lantaran karet berbentuk cincin ini berfungsi untuk menstabilkan fatwa gas dari tabung ke kompor

  3. Letakkan regulator pada lubang atas tabung dengan posisi tabung harus tegak lurus ke bawah

  4. Setelah itu, kunci regulator dengan memutar 180 derajat ke kanan. Kunci ini memastikan biar kompor tidak mengalami kebocoran gas sehingga Anda tidak perlu khawatir dikala menggunakannya

  5. Saat memasang regulator akan terdengar sedikit suara gas. Akan tetapi, jikalau suara gas keluar tetap terdengar maka sebaiknya Anda menyidik kompor gas dan tabung LPG yang digunakan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan

  6. Apabila proses pemasangan tabung gas pada kompor sudah selesai, coba nyalakan pemantik kompor dengan api sedang


Tips Sebelum Memasang Tabung Gas


 kompor tidak akan sanggup menyala dan digunakan untuk memasak √ Tutorial Cara Memasang Tabung Gas yang Mudah dan Aman

* sumber: kuantum-relativistik.blogspot.co.id


Tabung gas memang mempunyai risiko kebocoran hingga mengakibatkan kebakaran. Akan tetapi, jikalau cara memasang tabung gas sudah betul, risiko kebocoran juga sangat kecil. Jadi, Anda tak perlu khawatir ketika harus menggunakan tabung gas untuk kompor Anda. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang tabung gas:



  • Beli Tabung Gas di Toko yang Terpercaya


Dewasa ini, sangat gampang untuk menemukan kawasan penjualan tabung gas, mulai dari SPBU, minimarket, hingga warung kelontong. Temukan toko yang terpercaya untuk membeli tabung gas lantaran beberapa toko melaksanakan kecurangan dengan menjual tabung yang isinya sudah berkurang seperempat hingga separuh.



  • Cek Kebocoran Pada Tabung Gas


Setelah membeli tabung gas, Anda harus menyidik terlebih dahulu apakah tabung tersebut layak digunakan dan tidak mengalami kebocoran. Cara mengecek kebocoran tabung gas ini sangat mudah, Anda hanya perlu melumuri leher tabung dengan air sabun pencuci piring.


Jika terdapat gelembung-gelembung sabun, tabung tersebut bocor dan segera tukarkan ke kawasan Anda membeli. Untuk melaksanakan tes ini Anda tidak perlu membuka segel tabung gas.



  • Selang dan Tabung Tidak Berada di Dekat Api


Pastikan selang dan tabung gas tidak berada terlalu bersahabat dengan kompor. Selang yang menghubungkan kompor dengan tabung gas sangat rentan bila terkena api. Jadi, sebaiknya beri jarak antara selang dan tabung dengan kompor gas.



  • Gunakan Regulator SNI


Kompor yang berkualitas dan tabung gas yang masih bersegel tidak akan kondusif jikalau tidak didukung dengan merk regulator yang bagus dan berlabel SNI. Regulator juga mempunyai efek yang besar untuk mengurangi risiko kebocoran gas. Pilih regulator SNI demi menjamin keamanan Anda dikala menggunakan kompor gas.


Cara Menyimpan Tabung Gas


 kompor tidak akan sanggup menyala dan digunakan untuk memasak √ Tutorial Cara Memasang Tabung Gas yang Mudah dan Aman


Setiap rumah tangga rata-rata mempunyai 2 buah tabung gas, yang satu sedang digunakan dan yang lainnya untuk persediaan. Untuk menyimpan persediaan tabung gas ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:



  • Simpan tabung gas dalam keadaan berdiri. Jangan menyimpan tabung dalam keadaan terbalik atau tidur

  • Jangan menyimpan tabung gas di kawasan yang terpapar sinar matahari secara langsung

  • Letakkan tabung di kawasan yang sejuk dan kering. Jangan meletakkan di kawasan yang lembab atau lembap lantaran sanggup mengakibatkan korosi

  • Hindari tabung dari segala jenis sumber api atau listrik


Hal yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Kebocoran Gas


 kompor tidak akan sanggup menyala dan digunakan untuk memasak √ Tutorial Cara Memasang Tabung Gas yang Mudah dan Aman

* sumber: hargamaterialbahanbangunan.blogspot.co.id


Meskipun Anda sudah melaksanakan cara memasang tabung gas yang benar dan menggunakan kompor secara hati-hati, tapi risiko kebocoran gas memang tak sanggup diprediksi. Lakukan hal-hal berikut ini dikala terjadi kebocoran gas untuk mencegah tabung meledak dan kebakaran:



  1. Segera matikan pemantik api kompor ketika Anda mencium wangi gas di sekitar. Singkatnya, Anda harus mematikan bahwa kompor sudah dalam keadaan mati

  2. Setelah mematikan kompor, lepas regulator dari kompor biar tabung gas tidak terhubung dengan sumber api. Cara melepas tabung gas ialah putar regulator hingga sanggup ditarik, kemudian tarik regulator biar terlepas dari tabung gas

  3. Bawa tabung ke ruang terbuka, contohnya halaman rumah dan hindari sumber api atau listri bertegangan tinggi

  4. Jika terjadi kebakaran, segera ambil air untuk menyiram api tersebut. Anda juga sanggup menggunakan alat pemadam kebakaran jenis CO2 dan Dry Powder Chemical


Pada awal sosialisasi penggantian minyak tanah ke tabung gas banyak orang yang mengalami kebocoran gas hingga mengakibatkan kebakaran. Faktanya, hal tersebut tidak disebabkan oleh tabung gas, melainkan kesalahan insan alias human error. Banyak masyarakat yang kurang memahami cara penggunaan tabung gas yang benar dan tidak memasang regulator secara rapat.


Dewasa ini, kasus kebocoran gas memang sudah berkurang dibanding masa transisi dari minyak tanah ke gas. Baik tabung gas LPG 3 KG maupun 12 KG sama amannya untuk keperluan rumah tangga. Asalkan Anda sudah memahami cara memasang tabung gas yang benar, percayalah risiko kebocoran gas pun jadi lebih kecil.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Tutorial Cara Memasang Tabung Gas Yang Simpel Dan Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel